Skip to main content

27 Tempat Wisata Terbaik di Penang

Dikenal sebagai kota tujuan berobat, Penang ternyata memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi, baik indoor maupun outdoor. Ada banyak pilihan kegiatan yang dapat dipilih untuk mendukung proses pemulihan pasien, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, atraksi, seni, dan budaya. Berikut ini tempat wisata menarik di Penang yang telah Medisata rangkum:

Tim Medisata langsung berkunjung ke Penang untuk lihat kondisi di sana. Berikut vlog singkatnya:

Anyway, berikut ini tempat wisata menarik di Penang yang telah Medisata rangkum:

  1. The Habitat


    Tak banyak yang tahu bahwa Penang memiliki hutan hujan tropis yang usianya sekitar 130 juta tahun, yaitu di The Habitat. Berlokasi di Penang Hills atau biasa disebut Bukit Bendera membuat tempat ini jadi favorit penikmat alam. Untuk mencapai kesana dengan cara menaiki kereta dengan jalur menanjak.

    Salah satu hal yang ikonik yaitu adanya Curtis Crest Tree Top Walk, sebuah jembatan yang melingkar dan menyerupai track roller coaster. Di sini kita bisa melihat sunset dan pemandangan Penang dari ketinggian.

  2. Penang Hill atau Bukit Bendera

    Daya tarik dari tempat yang konon jadi ikon wisata di Penang ini adalah pemandangan alamnya yang masih segar. Untuk menuju puncak bukit, turis bisa menggunakan Penang Hill Railway semacam kereta gantung dengan tarif RM 30 untuk dewasa dan anak-anak RM 15. Hanya dengan perjalanan naik selama 5 menit, kita sudah bisa menikmati indahnya alam Penang dari atas.

  3. Penang Street Art


    Penang memiliki banyak sudut kreatif di pusat kotanya, salah satunya adalah kawasan Street Art. Merespon berbagai dinding tua, seorang seniman asal Lithuania menyulapnya menjadi lebih hidup dengan mural. Antrian yang panjang untuk bergiliran foto jadi penghias jalanan setiap harinya.

    Salah satu spot yang jadi favorit foto adalah "Little Girl on a Bicycle". Mural ini menggambarkan dua anak perempuan berboncengan, dan tepat di dinding itu diletakkan sepeda jengki (Yankee) jadul, sehingga seolah-olah mereka mengendarai sepeda. Jika dilihat sekilas, lukisan ini nampak hidup, karena warnanya menyatu dengan dinding dan lingkungan sekitar, serta ukuran sesuai dengan anak seusianya.

  4. Kek Lo Si Temple


    Kek Lo Si Temple merupakan kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, kuil ini pun dijadikan tempat wisata sehingga pengunjung non-Buddha dapat masuk ke dalamnya.

    Berbagai ornamen bangunan tradisional dan tanaman khas negeri Tirai Bambu mengisi berbagai sudut kompleks kuil ini. Jadi bila berfoto di sini seolah-olah sedang berada di Tiongkok. Hal yang menarik di sini adalah Pagoda dan juga patung Dewi Kwan Im setinggi 31,2 meter yang berada di puncaknya.

  5. China House


    Di sini kita diajak untuk bertualang menjelajahi cafe yang merupakan terpanjang di Penang. Dari pintu depan sampai ke belakang jaraknya sekitar 120 meter. Di dalamnya pengunjung tak hanya menikmati makanan, tapi juga menikmati interior rumah warga Tionghoa pada jaman dahulu. Otentik namun fotogenik.

    Meskipun begitu, tak seperti namanya, sebagian besar makanan dan minuman di sini yang disajikan adalah makanan western.

  6. Entopia


    Memiliki taman kupu-kupu terbesar se-Asia Tenggara membuat Penang berbangga. Setidaknya terdapat lebih 15.000 dari 50 spesies kupu-kupu yang berterbangan bebas di area indoor ini. Adanya hutan buatan, sungai, dan air terjun di dalamnya menambah indah konsep negeri dongeng ini.

    Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan takjub bila mendapatkan pengalaman baru melepaskan kupu-kupu yang baru saja bermetamorfosis.

  7. Gurney Drive


  8. Berwisata ke Penang tak lengkap rasanya bila tak wisata kuliner mencicipi street food ataupun makanan lokal. Gurney Drive adalah surga kuliner lokal itu. Berada di pinggir pantai menambah suasana syahdu sore menjelang malam. Ada banyak macam makanan unik, mulai dari makanan santan ala Melayu, India, Arab, hingga Chinese Food yang jadi incaran para pelancong. Meskipun harganya murah, rasanya pun tak kalah dengan yang ada di restoran besar.

  9. Penang Toys Museum


    Mainan memang identik dengan anak-anak. Namun bila orang dewasa diajak ke museum mainan, mereka secara tak sadar akan kembali menjadi anak-anak. Di museum ini menyimpan lebih dari 100.000 koleksi mainan dari berbagai negara, dan semuanya memiliki lisensi asli. Mulai dari miniatur hingga seukuran manusia dewasa. Bagi para kolektor mainan, di sinilah tempat yang tepat untuk nostalgia.

  10. The Top Penang


    Memiliki ketinggian "hanya" 248,7 meter, membuat gedung atau menara ini tampak mencolok dibanding dengan gedung-gedung lain di sekelilingnya. Inilah ikonnya Penang, jadi wisatawan wajib merasakan berada di puncaknya. Rasakan sensasi merinding ketika menginjakkan kaki di jembatan kaca Rainbow Skywalk.

    Bila dirasa kurang menantang, cobalah The Gravityz yaitu sebuah aktivitas menelusuri jalur ekstrim berupa jalan setapak kecil di luar gedung tanpa pembatas apapun. Meskipun berbahaya, aktivitas ini telah dilengkapi dengan perlengkapan standar keamanan.

  11. Armenian Street


    Terletak di salah satu gang kecil di Georgetown, Armenian Street yang juga disebut Lebuh Armenian ini begitu tersohor karena keunikan dan keindahannya, khususnya untuk berburu mural. Selain mural, turis dapat juga berkunjung ke museum Batik, berdoa di kuil Choo Chay Keong, atau mencicipi street food.

    Waktu terbaik untuk mengambil foto-foto mural tersebut yaitu datang pagi hari karena masih belum banyak pengunjung dan sinar matahari juga belum terlalu terik. Tempat favorit turis di sini adalah mural Little Girl on Bicycle karya Ernest Zacharevic.

  12. Botanical Garden Penang


    Botanical Garden Penang atau yang dikenal juga dengan taman air terjun karena di dalamnya terdapat keindahan air terjun bertingkat. Tempat wisata di Penang ini dibangun pada tahun 1884 oleh Inggris yang digunakan sebagai pusat riset untuk mempelajari mengenai berbagai tanaman komersial dari penjuru dunia.

    Di taman ini kamu akan merasakan ketenangan dan kedamaian jauh dari hiruk pikuk suasana kota sekaligus menambah wawasan dengan mengunjungi konservasi tumbuhan yang ada di dalamnya. Di area sekitar taman terdapat jalan setapak yang terlihat banyak tanaman seperti Palem Pinang, kebanggaan dari negara bagian Malaysia ini.

  13. Chew Jetty Penang


    Chew Jetty Penang atau lebih tepatnya Pelabuhan Jetty termasuk salah satu kawasan di Penang yang layak untuk dikunjungi. Meskipun bukan dikelola secara khusus sebagai objek wisata, pelabuhan ini bisa dijadikan sebagai tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu sore kamu sambil menikmati pemandangan laut yang tenang.

    Chew Jetty Penang ini termasuk ke dalam bagian Bersama George Town yang diakui oleh UNESCO sebagai World Heritage Site di tahun 2008 silam. Pelabuhan ini dulunya merupakan tempat pengungsian bagi beberapa kaum etnis Cina. Para penduduk yang tinggal di area pelabuhan ini dulunya merupakan nelayan, dan kini diubah menjadi kampung wisata seiring semakin sulitnya ikan untuk ditangkap.

  14. Penang Peranakan Mansion


    Pinang Peranakan Mansion merupakan rumah orang kaya peranakan yang kini dijadikan sebagai tempat wisata. Dibangun di akhir abad 19 oleh seorang Kapitan Cina bernama Chung Keng Wee, bangunan ini saat itu difungsikan sebagai tempat tinggal sekaligus kantor. Ada banyak hal yang dapat dipelajari saat berkeliling di rumah 2 lantai ini.

  15. Penang War Museum


    Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah, Penang War Museum akan sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Penang ini memiliki sejarah yang cukup kelam, maka tak heran jika suasana area wisata ini cukup bikin bulu kuduk berdiri.

    Suasana yang menyeramkan sekaligus memiliki muatan sejarah yang panjang, museum ini dinobatkan sebagai salah satu tempat paling berhantu di Asia oleh Majalah National Geographic.

  16. Queensbay Mall


    Queensbay Mall jadi opsi menarik untuk dikunjungi, terutama bagi kamu yang tidak punya waktu banyak untuk berlibur dan kebetulan sedang singgah di Bandara Internasional Penang. Dari bandar udara menuju mall hanya sekitar 20 menit.

    Mall ini menawarkan berbagai produk-produk pilihan terbaik, mulai dari keperluan sehari-hari hingga aneka busana ada dari berbagai brand semua ada disini.  Tak hanya puas memanjakan mata dan berbelanja saja, Queensbay masih punya ragam wisata kuliner yang lezat untuk disantap di lantai food court.

  17. Snake Eye Temple Penang


    Tempat wisata di Penang ini menghadirkan sesuatu yang tidak biasa, yakni sebuah kuil yang juga tempat tinggal bagi beberapa ular berbisa. Wah, serem banget ini sih! Tapi tenang, ular-ular disini sudah jinak dan ditempatkan pada beberapa area kok.

    Snake Eye Temple Penang ini termasuk dalam destinasi wisata favorit di kalangan wisatawan. Awalnya kuil ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada dewa Cheng Chooi Chor Soo atau yang paling dikenal dengan sebutan Chor Soo Kong. Beliau ini seorang biksu yang dipuja karena berhasil mendatangkan hujan untuk mengakhiri kemarau panjang di Provinsi Fujian setelah melakukan doa.

  18. 3D Trick Art


    Mendengar kata Museum 3D rasa-rasanya kita sudah cukup familiar. Di Indonesia museum macam itu sudah ada di Bandung dan Jogjakarta. Tapi, bagaimana dengan Museum 3D Art di Penang, Malaysia?

    Museum 3D Trick Art Penang merupakan rumah bagi 40 karya seni untuk berfoto, baik perorangan maupun berkelompok. Sedikit berbeda dengan museum 3D umumnya, dua tema yang ada (All About Penang Life dan Modern Classic) menonjolkan kekayaan budaya khas Malaysia.

  19. Fort Cornwallis


    Fort Cornwallis merupakan salah satu tempat wisata di Penang tertua, wajib untuk kamu kunjungi sekaligus berwisata sejarah. Pada awal masa pendiriannya, tempat ini jadi benteng pertahanan milik pemerintah Inggris. Namun, yang cukup aneh dari tempat ini yaitu meskipun didirikan sebagai benteng pertahanan, pada kenyataannya benteng ini tidak pernah diserang musuh dan malah dijadikan pusat administrasi pemerintah.

    Sampai saat ini, struktur bangunannya masih dipertahankan. Sekarang benteng ini dialih fungsikan sebagai taman wisata. Ada beberapa benda-benda peninggalan tentara Inggris yang bisa dilihat disini, seperti lampu kuno, mercusuar, hingga beberapa meriam yang berbaris rapi menghadap laut.

  20. Little India


    Warga Melayu, Tionghoa, dan India saling berdampingan dan hidup harmonis sejak dahulu di Penang. Hal ini dibuktikan dengan adanya Little India yang merupakan suatu kawasan di Georgetown yang isinya berbagai macam hal tentang India.

    Ada banyak hal menarik di sini, mulai dari makanan, perhiasan, dan pakaian khas India tersedia di sini. Oh iya, datanglah saat perayaan Diwali, karena suasananya sangat meriah sekali, terutama di kuil Sri Mariamman. Bagi pecinta film Bollywood, tempat ini wajib dikunjungi.

  21. Penang State Museum


    Bangunan yang sekilas mirip Buckingham Palace di Inggris ini juga memiliki galeri seni. Semua aktivitas seni rupa di Penang terpusat di sini, jadi sangat cocok sekali bagi pecinta sejarah, budaya, dan seni.

    Di sini kita akan kembali ke masa lalu untuk mengetahui sejarah seluk beluk pendirian Penang beserta berbagai peninggalan artefaknya.

  22. Wonderfood Museum


    Di Wonderfood Museum, pengunjung dijamin akan dibuat lapar namun bahagia. Bagaimana tidak, di sini berisi tentang sejarah makanan, lengkap dengan replikanya yang bentuk dan teksturnya menyerupai asli. Salah satu yang menarik adalah ukuran mangkuknya yang super besar.

    Beberapa display di sini sengaja dibuat untuk memanjakan "kolektor" foto feed instagram. Tak hanya itu, berbagai keterangan nama dan alamat tempat makan yang unik di Penang juga disertakan di sini sebagai referensi.

    Pada akhir perjalanan, museum ini mengajak pengunjungnya untuk prihatin atas fenomena makanan yang masih terjadi di bumi ini.

  23. Gurney Plaza

    Area Gurney Drive tak hanya soal street food saja. Biasanya setelah kenyang dan menikmati suasana pinggir pantai, para wisatawan beralih menuju Gurney Plaza untuk berbelanja. Lokasinya pun sangat dekat, cukup berjalan kaki melalui trotoar dengan waktu tempuh 4 menit. Mall terbesar ke-2 di Penang ini memiliki banyak toko dengan brand-brand terkenal.

  24. Avatar Secret Garden


    Penang tak hanya berhasil menciptakan taman fantasi berbentuk taman kupu-kupu, tapi juga berhasil menghadirkan taman / hutan fantasi seperti di film Avatar garapan sutradara legendaris, James Cameron. Suasana hutan gelap yang memancarkan cahaya warna-warni dari balik dedaunan dan membuat garis khayal membuat lebih dramatis.

    Lokasinya yang berada di pinggir pantai bisa jadi pelengkap ketika sore tiba sambil menunggu matahari terbenam pertanda peralihan malam - di mana waktu terbaik untuk mengunjungi taman rahasia ini adalah di malam hari.

  25. The Upside Down Museum


    Museum dengan konsep dunia terbalik memang sudah ada di beberapa kota di Indonesia. Namun yang membedakan dengan yang di Penang adalah menggunakan replika desain interior rumah keluarga Tionghoa pada jaman dahulu.

    Selain itu juga di sini mereka berhasil "memindahkan" beberapa tempat ikonik di Penang, salah satunya adalah kawasan Street Art. Bagaimana rasanya berada di kawasan itu dalam posisi terbalik? Di sinilah jawabannya.

  26. Penang Times Square


    Berlokasi di tengah kota dan dekat  dari Komtar Tower membuat kawasan ini jadi salah satu tujuan utama berbelanja, terutama bagi yang menginap di hotel area Georgetown.

  27. TeddyVille Museum


    Museum ini menyimpan koleksi lebih spesifik lagi yaitu Teddy Bear. Boneka beruang favorit anak seluruh dunia itu menjelma jadi berbagai tokoh yang merepresentasikan Penang di museum ini. Berbagai diorama tentang aktivitas masyarakat Penang dan sejarah pembentukan Penang berhasil disampaikan dengan baik oleh para Teddy Bear. Ukurannya pun beragam, mulai dari miniatur hingga seukuran orang dewasa.

    Di akhir perjalanan tour museum ini, pengunjung diajak untuk membuat Teddy Bear versinya sendiri. Bebas untuk membuat langsing, gemuk, tinggi ataupun pendek.

  28. Penang National Park


    Meskipun dikenal sebagai Taman Nasional terkecil di dunia, Penang National Park memiliki berbagai keunikan, salah satunya berbagai hewan endemik dan juga danau Meromiktik. Danau ini memiliki dua lapisan air, pada lapisan atas adalah air tawar, sedangkan lapisan bawahnya adalah air asin dari pantai. Meskipun begitu keduanya tidak tercampur dan terlihat perbedaannya secara visual.

    Tak hanya itu, petualangan mengamati penyu yang sedang bertelur di pantai jadi pengalaman menarik di sini.

Ditulis pada 12 Okt 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 11 Jul 2022.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Penang National Park
Penang National Park

Taman Nasional Penang merupakan taman nasional terkecil di dunia dengan fasilitas lengkap: hutan, pantai, sungai, bukit, danau, dan mercusuar. Gimana mungkin?

Avatar Secret Garden
Avatar Secret Garden

Menikmati keindahan taman di malam hari dapat dilakukan di Avatar Secret Garden. Cari tau apa aja yang ada di sini.

Wonderland Melaka
Wonderland Melaka

Berkunjung ke Wonderland Theme Park & Resort adalah cara terbaik untuk menghibur anak-anak sekaligus 'mendinginkan' diri dari teriknya matahari di Melaka.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.