Skip to main content

China House: Surganya Kue di Penang


China House merupakan cafe terpanjang di Penang yang menawarkan hidangan klasik dan kontemporer di 1 tempat. Selain disuguhi aneka ragam kudapan, pengunjung dapat juga berfoto di 20 titik yang instagrammable. Tidak sedikit pula calon pengantin yang melakukan foto pre-wedding di tempat ini.

Seperti yang kita tahu, Penang memang tak bisa dipisahkan dari budaya Tionghoa yang melekat sejak lama. Keberadaan multi etnis turut menyemarakkan keharmonisan dan mempengaruhi budaya populer hingga saat ini. Aktivitas ngopi bukan hanya sebagai kebutuhan tapi juga jadi gaya hidup saat ini, terutama masyarakat perkotaan. Di Penang sendiri telah menjamur berbagai macam kedai kopi, mulai dari yang tradisional juga modern. Namun ada yang unik merupakan perpaduan dari keduanya, yaitu China House.

Menempati bangunan tua ala kawasan heritage George Town, China House ternyata menebarkan pesona bagi para pelancong untuk nongkrong di tempat ini, sejak tahun 2011. Tak hanya kedai kopi, tempat ini juga terdapat restoran, perpustakaan, dan galeri seni. Sebuah perpaduan yang memanjakan aktivitas anak muda.

Bisa dibilang gedung China House ini merupakan cafe terpanjang di Penang. Dari pintu masuk menuju lorong paling ujung membutuhkan waktu lebih dari 7 menit jalan kaki. Belum lagi saat kondisi sedang ramai, akan lebih dari 7 menit, karena gedung ini merupakan tembusan dari Lebuh Pantai ke Lebuh Victoria yang panjangnya mencapai 120 meter. Jadi ada 2 pintu masuk, kita bisa memilih dari mana untuk menelusurinya.


Memasuki China House mengajak kita bertualang menyusuri labirin untuk mendapatkan makanan yang spesial. Bagaimana tidak, tiap areanya terdapat konsep makanan yang berbeda, mulai dari Kopi-C yang menyediakan sarapan ala Australia seperti salad, sandwich, chicken mushroom, milkshake, dan wine. Beralih ke area sebelahnya terdapat BTB "Bon Ton Bistro" yang menyajikan makan malam khas Malaysia, Western, dan juga Timur Tengah.

Berjalan ke area tengah dengan nuansa yang lebih hangat ada meja memanjang yang di atasnya terdapat 30 jenis kue yang disajikan setiap harinya. Oh iya, bagi yang muslim harap menanyakan pegawainya terlebih dahulu sebelum menyantap kue ini, karena ada yang versi non-halal (mengandung rum/alkohol). Banyak wisatawan Indonesia yang merekomendasikan tempat ini dan mengklaim bahwa China House adalah surganya kue seantero Penang. Bahkan rasanya nikmat sampai ke ubun-ubun.


Dari area kue, kita akan melewati perpustakaan. Di sini sambil menunggu makanan matang bisa sambil membaca buku, ada banyak pilihannya seperti seni, desain, arsitektur, filosofi, novel, dan puisi. Cukup berat memang, tapi sepertinya keluar dari resto ini kita akan dapat ilmu atau pemahaman baru. Di sebelah area ini terdapat area wine dan 14 chairs untuk yang berkelompok.

Nah, lanjut dari situ kita akan menjumpai halaman luar yang di sampingnya terdapat kolam renang kecil. Di Penang udaranya memang panas, maka dari itu pihak resto menyediakan tempat outdoor untuk berenang sambil menyantap makanan. Tempat ini juga merupakan peralihan menuju kantin yang menandai ujung dari perjalanan lorong China House ini.



Apa yang membedakan kantin dengan area lainnya?


Siang hari mereka menyediakan Bento Box, gabungan antara Western dengan masakan Asia yang cocok untuk dibawa pulang atau sebagai bekal. Sedangkan malam harinya menyediakan menu makanan yang lebih nyaman. Selain itu yang spesial lainnya adanya pertunjukan musik dan komedi saat malam hari, hal ini menambah ramai suasana tiap akhir pekan. Terlebih lagi Lonely Planet memberi rating yang bagus untuk pertunjukan musik di sini. Jadi memang sudah sewajarnya China House jika masuk ke dalam bucket list jika berwisata ke Penang.


Fakta tentang China House

  • Memiliki 20 spot foto menarik di dalamnya.
  • Milkshake yang paling banyak dipesan adalah Gula Melaka dan Almond.
  • Di sini terdapat cermin besar yang tingginya 244 x 165 cm, lebih tinggi daripada pebasket Yao Ming yang tingginya 229 cm.
  • Pada akhir pekan malam hari, China House bisa menjual 456 potong kue.
  • Memiliki 10 pembuat kue, mereka selalu mencoba membuat resep baru setiap hari.

China House

153 & 155 Beach Street
183B Victoria Street
10300 George Town, Penang
Malaysia.
Opening Hours : 9am - midnight (daily)
Coordinates: 5.41489 N, 100.33907 E


Sumber foto :  Majalah Otten Coffee

Ditulis pada 5 Okt 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Melaka River
Melaka River

Berwisata di sungai, kira-kira apa menariknya? Jangan salah, di tepi Melaka River dibangun berbagai fasilitas: bendungan, bangunan artistik, jembatan, hingga trotoar sungai.

Queensbay Mall Penang
Queensbay Mall Penang

Queensbay Mall yang terletak di Bayan Lepas, dekat bandara Penang, cocok untuk berbelanja sambil cuci mata. Apa saja keistimewaan mal ini?

St Paul's Church Melaka
St Paul's Church Melaka

Dibangun tahun 1521, St Paul's Church merupakan gereja tertua, tidak hanya di Malaysia tetapi juga di Asia Tenggara. Cari tau kenapa puing-puing ini menarik bagi pelancong.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.