Skip to main content

Penang Botanic Garden: Wisata Gratis nan Menyehatkan


Botanical Garden Penang yang berdiri pada tahun 1884 menjadi rumah lebih dari 10.000 spesies tanaman. Taman seluas 29 Ha ini dapat dikunjungi semua wisatawan, termasuk wisatawan asing, secara gratis. Kerap disebut juga sebagai Waterfall Garden, taman ini juga menjadi habitat untuk beberapa jenis hewan, seperti: kera, monyet, lutong, trenggiling, kura-kura, dll.

Berwisata ke taman ini dapat menjadi pilihan bagi medical tourist, untuk bersatu dengan alam dan menghirup udara segar. Setelah puas menjelajah taman luas ini, kamu bisa menuju langsung Penang Hill karena letaknya yang berdekatan.

Berkunjung ke Surganya Tanaman

Botanical Garden Penang ini juga dikenal dengan sebutan Waterfall Garden atau Taman Air Terjun. Alasan disebut demikian karena di dekat tamannya terdapat aliran air terjun sekaligus jalan air terjun (waterfall road) di Georgetown di Pulau Penang.


Kebun ini sudah ada sejak tahun 1884 yang sebelumnya merupakan situs tambang tua. Pembangunan pertamanya diawasi langsung oleh tentara kolonial Inggris Charles Curtis.

Serunya lagi, wisata disini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis. Kebanyakan orang Indonesia suka nih sama yang gratisan hehe.. tapi kenapa tidak, ya kan!

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Botanical Garden?

Meskipun gratis, Botanical Garden Penang memiliki area yang luas dengan kegiatan-kegiatan seru di dalamnya. Luas dari taman wisata ini sebesar 29 hektar sehingga kamu bisa puas menjelajahi berbagai jenis tumbuhan dan beberapa bunga langka yang ditempatkan di rumah kaca.

Bagi para pecinta tanaman tentu Botanical Garden Penang ini jadi surga untuk melihat beragam bunga dan jika beruntung kamu bisa melihat bunga yang sedang bermekaran serta menghirup baunya yang wangi. Kamu bisa melihat tanaman anggrek yang sangat cantik di dalam orchidarium.



Selain melihat-lihat tanaman, apa lagi nih yang dieksplor disini? Taman ini juga bisa digunakan untuk sarana olahraga yang sangat menyegarkan karena jauh dari polusi. Jadi, kebayang kan betapa sejuknya berada disini. Sudah asri, indah, bersih, sejuk pula, nikmat mana lagi yang kau dustakan kawan.

"Aduh malas nih kalau harus jalan kaki menyusuri taman yang luas banget, ada gak sih sepeda atau apa gitu biar gak capek?" Buat kamu pecinta rebahan tak perlu diberi fasilitas menyenangkan yakni dengan menaiki kereta mini atau disebut juga kereta Funicular. Kalau dicontohkan seperti kereta kelinci yang ada di Indonesia, kereta mini bisa kamu gunakan untuk melihat-lihat lokasi Botanical Garden Penang dari atas dalam kereta. Sekali naik harganya sekitar RM 30 untuk dewasa dan anak-anak RM 15. Sayangnya, kereta ini tidak bisa menjangkau seluruh lokasi taman karena kontur tanahnya yang bergelombang.



Keindahan alam taman Botanical Garden Penang makin lengkap dengan kehadiran satwa di sekitar, seperti monyet-monyet yang seringkali terlihat berkeliaran di taman ini. Para pengunjung diingatkan untuk tidak diperbolehkan pemerintah setempat untuk memberi makan monyet-monyet tersebut. Jika ketahuan siap-siap harus membayar denda sekitar RM 500.



Jangan Lupa Mampir ke Penang Hill

Belum merasa puas jalan-jalan di Botanical Garden Penang? Yuk, mampir melihat pemandangan menakjubkan lainnya dari atas bukit. Tidak jauh dari taman ini ada lokasi wisata lainnya bernama Penang Hill atau Bukit Bendera.

Nah, dengan kereta mini tadi kamu bisa menaikinya dari Botanical Garden Penang hingga langsung ke puncak bukit ini. Sebenarnya bukit tidak terlalu tinggi, namun dari sini kamu bisa melihat kota Penang dari atas hingga pulau yang ada di seberangnya.


Baik Botanical Garden Penang maupun Penang Hill tidak hanya memberikan pemandangan yang menarik mata saja. Kedua tempat wisata ini dikelola dengan matang oleh pemerintah Malaysia untuk menyediakan wisata yang nyaman dan aman, terutama bagi anak-anak dan lansia, serta orang-orang yang habis berobat.



Berbagai destinasi wisata di Penang dibuat ramah stroller dan kursi roda. Misalnya saja di The Habitat di Penang Hill terdapat jalur khusus dan jembatan gantung yang diaspal sedemikian rupa untuk memudahkan pengunjung yang membawa stroller ataupun kursi roda. Dengan begitu perjalanan wisatawan yang menggunakan kursi roda dari Botanical Garden Penang ke Penang Hill bisa menelusurinya dengan nyaman dan aman.

Cara Menuju ke Botanical Garden

Untuk pergi ke Botanical Garden Penang cukup mudah. Jika kamu menginap di sekitar Komtar bisa menggunakan bus Rapid Penang nomor 10 dengan tarif RM 1,38 - RM 3,51 sekali jalan sekitar 30 menit.

Alternatif lainnya bisa menggunakan taksi yang tarifnya RM 20,50 - RM 24,9 selama kira-kira 8 menit hingga sampai ke Botanical Garden Penang. Tarif tersebut flat ke berbagai wilayah di lain Penang. Kamu juga bisa dapatkan voucher gratis taksi di konter-konter bandara.

Tapi hati-hati, terkadang para sopir taksi ini suka menentukan tarif perjalanan suka-suka mereka. Bisa saja oknum sopir nakal tersebut menaikkan tarif sampai RM 50.

Bagi yang ingin menggunakan bus juga bisa, keberangkatannya setiap 25 - 30 menit. Naik bus Rapid Penang menuju ke George Town dengan tarif RM 2,70 sekitar satu jam perjalanan. Jika kamu memiliki Rapid Penang Tourist Passport, kamu bisa mendapatkan akses perjalanan tak terbatas selama seminggu dengan cukup membayar RM 30.

Dari semua mode transportasi yang sudah disebutkan, paling simpel pergi menggunakan Grab. Selain tak perlu menunggu terlalu lama, kamu bisa langsung ke tempat tujuan tanpa harus berbagi dengan penumpang lainnya. Dari Georgetown ke Botanical Garden Penang ratenya sekitar RM 5 - 15.

Jadi, saran terbaik untuk mode transportasi selama berlibur di Penang adalah Grab. Selain lebih cepat dan efisien, tarifnya pun terjangkau dan lebih private.

Ditulis pada 30 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Benteng A Famosa Melaka
Benteng A Famosa Melaka

Bekas pangkalan tentara Portugis 5 abad lampau, Benteng A Famosa Melaka kini menjadi salah satu tempat wisata menarik

Chew Jetty Penang
Chew Jetty Penang

Kampung nelayan berusia lebih dari 2 abad dan masih aktif ini masuk dalam daftar UNESCO World Heritage. Yuk berwisata ke masa lalu di sini.

Char Koay Teow Penang
Char Koay Teow Penang

Char Koay Teow di Penang jadi satu dari sekian banyak makanan yang wajib untuk dicoba kelezatannya. Apa rahasia kenikmatannya?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.