Skip to main content

Penang Times Square


Penang Times Square merupakan kompleks hunian, kantor, dan mall yang direncanakan dibangun dalam 5 tahap. Turis kesini untuk mengunjungi mallnya yang terdiri dari 4 lantai dan sekitar 170 toko. Food court tersedia di lantai 1 dan berisi lebih dari 20 restoran kecil.

Berada di pusat kota yang hanya 650 meter dari Komtar Tower membuat tempat ini mudah diakses.


Sunshine City adalah departement store terbesar di sini, luasnya mencakup lantai 3 dan 4, untuk mencapai lantai itu bisa diakses melalui eskalator luar dan bubble lift yang indah. Mirip seperti beberapa mall di Jakarta, Penang Time Square ini pada bagian atasnya terdapat gedung tinggi yang fungsinya sebagai hunian atau apartemen.

Sekilas mundur ke masa lalu, dahulunya area Penang Time Square adalah tempat peleburan timah. Setelah terjadi penurunan produksi, akhirnya pada tahun 2005 dibuatlah proyek Penang Time Square yang direncanakan dibangun dalam 5 tahap. Saat tulisan ini dibuat, pembangunan tahap 1 dan 2 telah selesai.


Pada tahap pertama telah dibangun Birch The Plaza, di dalamnya terdapat pusat perbelanjaan dan juga perkantoran. Di dalam mallnya pun terdapat restoran, butik, salon, toko elektronik, dan nightclub. Di area situ juga terdapat gedung Birch House yang  berdesain arsitektur era 1900-an. Nama Birch House sendiri diambil dari nama Sir Ernest Woodford Birch, seorang residen Inggris yang terlibat dalam pembangunan industri peleburan di Penang.

Tahap kedua dibangun M Mall O2O yang dibuka pada tahun 2016. Di dalamnya terdapat berbagai atraksi, salah satu yang jadi favorit adalah Museum Lilin yang menampilkan tokoh-tokoh terkenal dan berbagai artwork dengan tema jalanan di setiap lantainya. Sebenarnya jalur Penang Time Square rencananya akan dibangun monorel. Tapi sayangnya proyeknya terhenti karena masalah keuangan dan politik, sehingga tidak diteruskan.

Kabar Menyedihkan

Selama pandemi Covid 19 diadakan pembatasan pengunjung. Meskipun hunian di bagian atasnya terisi, tapi tidak dengan mallnya. Banyak toko yang tutup sehingga membuat mall jadi sangat sepi.

Beberapa diantaranya telah tutup permanen karena mengalami kerugian. Ada beberapa alternatif mall lain terdekat jika ingin berbelanja seperti Komtar Shopping Mall, Prangin Mall, Gama, dan 1st Avenue.

Penginapan Terdekat

Menginap di pusat kota yang dekat landmark adalah salah satu opsi yang bagus, karena jika ingin pergi ke berbagai destinasi lainnya bisa dengan mudah mendapatkan transportasi. Selain itu banyak dan mudah ditemukannya berbagai fasilitas penunjang keperluan sehari-hari. Penginapan tersebut adalah:

  • Summer Tree Hotel
  • Hotel Sentral Georgetown
  • The Wembley
  • Sunway Hotel
  • The Wave
  • Old Penang Hotel

Jam operasional

10.00 - 22.00

Alamat

144, Jalan Dato Keramat, 10150 George Town, Pulau Pinang

Ditulis pada 25 Jul 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 15 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Kuil Kek Lo Si
Kuil Kek Lo Si

Kek Lo Si memiliki magnet menarik bagi pengunjung dari berbagai latar belakang agama, khususnya karena kuil Buddha terbesar di Malaysia.

27 Tempat Wisata Terbaik di Penang
27 Tempat Wisata Terbaik di Penang

Penang memiliki banyak tempat wisata, baik indoor maupun outdoor, mulai dari museum, taman, kuil, mall dll. Cek 27 tempat wisata terbaik di sini.

Benteng A Famosa Melaka
Benteng A Famosa Melaka

Bekas pangkalan tentara Portugis 5 abad lampau, Benteng A Famosa Melaka kini menjadi salah satu tempat wisata menarik

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.