Skip to main content

Penyakit A-Z

  • icon

    Undescended Testicle

    Undescended testicle adalah kondisi di mana buah pelir tidak turun dari rongga perut seperti semestinya atau turun secara tidak sempurna. Akibatnya, salah satu atau kedua skrotum akan teraba tidak memiliki testis di dalamnya. Metode utama untuk memperbaiki posisi testis adalah dengan pembedahan. Pembedahan biasanya disarankan untuk dilakukan sebelum bayi menginjak usia 1 tahun.

    Baca lengkap >>

  • icon

    Kelenjar Getah Bening

    Limfadenopati atau yang dikenal dengan pembesaran kelenjar getah bening adalah penyakit yang menyerang dari kelenjar limfe yang merupakan salah satu dari pertahanan sistem imun. Kelenjar limfe atau Getah bening dapat ditemukan di semua area tubuh.

    Baca lengkap >>

  • icon

    Varikokel

    Pada kasus varikokel, vena di dalam skrotum mengalami gangguan katup sehingga darah di dalam vena tersebut tidak dapat mengalir kembali ke arah jantung. Varikokel umumnya tidak menimbulkan gejala mengganggu. Namun, varikokel dapat tampak sebagai pembesaran salah satu buah pelir (testis) atau timbulnya urat-urat seperti cacing pada buah pelir. Selain itu, varikokel juga dapat menyebabkan nyeri di testis dan gangguan kesuburan.

    Baca lengkap >>

  • icon

    Diabetes

    Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering dialami pada berbagai kelompok usia. Penyakit yang sering dikenal dengan istilah kencing manis ini ditandai dengan meningkatkatnya kadar gula di dalam darah. Bila jumlah glukosa (gula darah) berlebihan akan mengganggu kerja berbagai organ terutama pada pankreas dan ginjal.

    Baca lengkap >>

  • icon

    Maag

    Maag atau sering dikenal dengan Gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung. Penyebab tersering yang menyebabkan peradangan adalah adanya infeksi bakteri (Helicobacter pylori) yang menyebabkan radang pada dinding lambung. Penyebab lainnya adalah penggunaan obat anti nyeri dan minum alkohol yang berakibat iritasi.

    Baca lengkap >>