Skip to main content

Penang Toy Museum: Museum Mainan Terbesar di Dunia

Penang Toy Museum memiliki lebih dari 100.000 koleksi mainan berupa boneka, action figure, kereta, dan berbagai collectible item lainnya yang langka dan banyak dicari kolektor. Semuanya itu adalah mainan resmi yang memiliki lisensi.

Dengan kuantitas koleksi yang luar biasa, tidak heran jika museum ini dikenal juga sebagai museum mainan terbesar di dunia. Meskipun mainan identik dengan anak-anak, museum ini layak dikunjungi oleh orang dewasa, khususnya untuk bernostalgia.


Berjalan masuk melalui pintu depan seolah-olah kembali ke masa kecil dan melihat koleksi lama. Ruangan ini dibagi menjadi beberapa tema seperti The Chamber of Horrors (khusus untuk dewasa), Chamber of Monsters, Chamber of Fantasy, Chamber of Comic Book Heroes, Cave of Dinosaurs, Fields of Combat, Hall of Virtual Reality, Hall of Rock Legends, Hall of Celebrities, Hall of Cartoons, Hall of Beauties (untuk pecinta Barbie) dan koleksi Star Wars.


Mengadaptasi desain interior ala Mesir Kuno membuat museum ini menjadi penuh misteri yang belum terpecahkan. Mainan-mainan di sini seolah memiliki nyawa yang bisa tiba-tiba hidup untuk berinteraksi seperti di film Night at The Museum. Hal itu didukung dengan adanya teknologi penggerak. Jadi ketika kita melewati area tertentu akan timbul efek suara unik dan gerakan yang menyerupai suara tokoh-tokoh kartun dalam mainan.

Sejarah Berdirinya


Penang Toys Museum ini didirikan oleh Loh Lean Cheng karena terinspirasi dari London Toy and Model Museum. Ia mulai mengoleksi mulai dari boneka Popeye yang ia beli tahun 1973 dan terus berkembang hingga kini. Mainan yang paling mahal di museum ini adalah robot Gundam yang tingginya 1,8 meter dari Jepang yang harganya RM 9000.

Rute Menuju Penang Toys Museum

Berlokasi di Jalan Teluk Bahang yang masih area kota, kita bisa naik Rapid Bus 101 atau Grab Car.

Tiket dan Jam Operasional

Tiket yang dikenakan sebesar RM 25. Ini termasuk mahal dengan pengalaman dan display yang ditampilkan. Selain itu tidak tersedia pembelian tiket online dari aplikasi Indonesia, sehingga tidak mendapatkan harga khusus.

Jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 09.00-18.00 dan buka setiap hari. Bagi yang membawa kendaraan dan kamera tidak dikenakan biaya tambahan.

Pro

Bagi yang menyukai mainan, mungkin ini bisa jadi salah satu referensi.

Cons

Dengan display yang disajikan, mulai dari rak, tata cahaya, interior, ini tidak lebih dari sekadar "toko mainan", kurang interaktif. Selain itu juga kerap ditemukan beberapa bagian tempat yang terlihat kotor dan kurang terawat.

Tempatnya memang kurang instagramable, tapi cobalah untuk mengeksplorasi foto di sini.
Bila ingin memotret janganlah menggunakan lampu flash, karena cahayanya akan memantul bagian kaca atau akriliknya, sehingga merusak keindahan foto.

Lokasi

1370, MK2, Teluk Bahang, 11050 Penang. Sebelah Eok Hua School.

Ditulis pada 23 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 13 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Little India Penang
Little India Penang

Ingin berkunjung ke India? Tak perlu terbang jauh-jauh, cukup sisihkan waktu sejenak saat berada di Penang untuk menjelajah kawasan Little India.

Char Koay Teow Penang
Char Koay Teow Penang

Char Koay Teow di Penang jadi satu dari sekian banyak makanan yang wajib untuk dicoba kelezatannya. Apa rahasia kenikmatannya?

Penang War Museum
Penang War Museum

Berkunjung ke museum Penang War di Batu Maung sangat cocok bagi pecinta sejarah. Museum ini sedikit 'angker' karena diatur mirip dengan kondisi saat masa perang dunia kedua.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.