Skip to main content

The Top Penang - Pilihan Atraksi Menarik


The Top Penang yang terletak di ketinggian 249 meter berbagai kegiatan, mulai dari menikmati keindahan kota Georgetown secara menyeluruh, berjalan di "langit" di Rainbow Skywalk, mengunjungi Jurassic Research Center, hingga menguji nyali di The Gravityz.


The Top Penang terletak di bangunan tertinggi di seluruh kota, yaitu Komtar Tower. Gedung atau menara ini tampak mencolok dibanding dengan gedung-gedung lain di sekelilingnya. Banyak para traveler yang penasaran ada apa saja sih di dalamnya? Yuk, mari kita telusuri.

Sejak dibuka tahun 2016, The Top Penang selalu berinovasi dalam memberikan hiburan dan jadi daya tarik utama bila berkunjung ke Penang. Berada di pusat kota membuat lokasi ini sangat mudah dicapai, bisa menggunakan Rapid Bus, Grab Car, bahkan jalan kaki bila penginapannya cukup dekat.


Untuk menaiki gedung ini bisa membeli tiketnya secara online ataupun on the spot. Ada beberapa pilihan atraksi seperti Jurassic Research Center, 7D Discovery Motion Theater, Tech Dome Penang, Ocean Explorer, Penang Boutique Aquarium, The Gravityz, dan yang paling populer adalah Rainbow Skywalk.

Memasuki liftnya, pengunjung akan dibuat deg-degan karena akan dibawa ke tingkat paling atas. Selama sekitar 90 detik, agar tidak bosan di dalam lift diputarkan video tentang Penang.

Setelah itu sampailah di lantai 65 yaitu Observatory Deck. Di sini merupakan ruangan luas yang bisa melihat pemandangan namun masih dibatasi oleh kaca. Setelah itu lanjut naik ke lantai 68, dan inilah puncak tertinggi dari Komtar Tower. Di sini kita bisa bebas melihat pemandangan Penang sejauh 360 derajat tanpa harus terhalang pembatas kaca dan ruangan.


Waktu yang terbaik menikmati suasana di The Top adalah sore hari menjelang senja. Karena kita akan menyaksikan terbenamnya matahari di garis cakrawala dan juga lampu-lampu kota dinyalakan pertanda peralihan gelap. Apabila punya pasangan dan budget lebih cobalah mengajak pasanganmu untuk makan malam romantis di sini, ada paketannya sekitar RM 198.

Rainbow Skywalk


Kaca transparan itu membuat kita seolah melayang jauh di atas tanah.

Untuk melintasi Rainbow Skywalk diwajibkan untuk melepaskan sepatu atau sandal. Sebagai gantinya petugas akan memberikan pembungkus kaki khusus.

Banyak sekali pengunjung yang takut saat melintas, bahkan sampai merayap karena ketinggiannya. Tapi tak perlu khawatir, kaca di sini sangat aman sekali karena telah diuji ketahanannya.

The Gravityz


Bagi penyuka ketinggian sepertinya wajib mengikuti atraksi lain untuk menaklukkan rasa takut. The Gravityz adalah platform untuk menaikkan mu di ketinggian dengan cara yang berbeda dan berbahaya.

Jadi pengunjung akan menelusuri jalur ekstrim berupa jalan setapak kecil di luar gedung ini tanpa ada pembatas kaca lagi. Berbahaya namun aman, karena aktivitas ini dilengkapi tali, helm, body harness, dan juga didampingi petugas yang berpengalaman.

Setidaknya ada 5 jalur lintasan, salah satu yang menarik adalah lintasan flying fox. Meskipun pendek tapi lumayan memacu jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.

Oh iya, atraksi ini tidak disarankan bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung. Maka dari itu sebelum memulai diwajibkan mengisi form terlebih dahulu. Selain itu, jika cuaca buruk, petugas akan menghentikan segera, untuk mengantisipasi bahaya yang lain.

Jam Operasional

Selama masa pandemi ini manajemen The Top memberlakukan jam operasional yang baru dengan menutup beberapa atraksi dan membatasi jumlah pengunjung.

Indoor Theme Park
Jumat - Minggu: 12.00 - 20.00
Tutup hari Senin dan Kamis

Rainbow Skywalk & Top View Restaurant
Rabu & Kamis: 15.00 - 22.00
Jumat - Minggu: 12.00 - 22.00
Tutup hari Senin dan Selasa
Kunjungan terakhir observatory deck pukul 20.30

Tiket

Rainbow Skywalk & Observatory Deck: RM 68 (dewasa), RM 48 (anak & lansia)
The Top Boutique Aquarium: RM 38 (dewasa), RM 33 (anak & lansia)
Penang State & Durian King Gallery: RM 30 (dewasa), RM 20 (anak & lansia)
Jurassic Research Center: RM 58 (dewasa), RM 48 (anak & lansia)
Magic Mirror Maze: RM 20 (dewasa), RM 10 (anak & lansia)
Zombie Outbreak: RM 23 (dewasa), RM 18 (anak & lansia)
Dino Gym: RM 5 (dewasa), RM 40 (anak & lansia).
Paket Dinner: RM 198
Paket 3 atraksi: RM 75 (Jurassic Research Center, The Rainbow Skywalk, The Top Boutique Aquarium, Observatory Deck)

Dyno Gym diperuntukan anak usia 1-12 tahun
Kategori anak adalah individu dari 90 cm - 12 tahun
Anak di bawah 90 cm gratis masuk kecuali wahana Dino Gym

Di The Top melayani pembelian tiket on the spot maupun online. Bagi yang ingin mendapatkan harga diskon, cobalah beli melalui beberapa aplikasi travel Indonesia karena selisihnya lumayan.

Rute menuju ke sana

Berhubung lokasinya berada di pusat kota membuat lokasi ini mudah dicapai. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tower ini bisa dicapai menggunakan Rapid Bus, Grab Car, taksi, maupun jalan kaki.

Ditulis pada 17 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 15 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Benteng A Famosa Melaka
Benteng A Famosa Melaka

Bekas pangkalan tentara Portugis 5 abad lampau, Benteng A Famosa Melaka kini menjadi salah satu tempat wisata menarik

China House Penang
China House Penang

Menempati bangunan tua ala kawasan heritage George Town, China House menebarkan pesona bagi para pelancong untuk nongkrong di tempat ini. Apa saja yg ditawarkan?

Penang National Park
Penang National Park

Taman Nasional Penang merupakan taman nasional terkecil di dunia dengan fasilitas lengkap: hutan, pantai, sungai, bukit, danau, dan mercusuar. Gimana mungkin?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.