Skip to main content

Entopia Penang: Taman Kupu-kupu Terbesar di Asia Tenggara


Entopia Penang adalah taman kupu-kupu terbesar Asia Tenggara. Ada sekitar 15.000 ekor kupu-kupu dari 50 spesies. Tak hanya kupu-kupu, di sini ada juga 150 spesies fauna lain dan 200 spesies flora di dalam ruangan yang dibuat seolah-olah berada di luar.

Tidak heran, selain sebagai tempat wisata, Entopia juga kerap digunakan sebagai tujuan penelitian oleh berbagai mahasiswa dari negara-negara lain.

Bagaimana rasanya bila kita yang bertamu ke "rumah" kupu-kupu yang terbesar di Asia Tenggara?

Nama Entopia sendiri berasal dari dua kata yaitu Entomologi dan Utopia. Entomologi adalah cabang ilmu yang mengkaji dan meneliti serangga, sedangkan Utopia menggambarkan suatu dunia khayalan ibarat berada di surga. Jadi, di sini bagaikan berada di surganya kupu-kupu.


Baru memasuki ruangannya saja, para pengunjung akan dibuat terpana karena disambut berbagai kupu-kupu yang terbang ke sana kemari. Tak hanya itu, pihak pengelola ternyata mengadakan sesi perkenalan fase hidup kupu-kupu mulai dari ulat hingga metamorfosis. Di sini para pengunjung diperkenankan mengambil tabung kecil yang berisi kupu-kupu untuk dirilis

Bentang alam di sini memang ajaib, Entopia berhasil menghadirkan taman, hutan, air terjun, dan sungai buatan yang mirip dengan aslinya ke dalam ruangan. Perpaduan cahaya alami dan buatan menambah dramatis di tiap sudutnya yang fotogenik.


Semua kupu-kupu di sini adalah hasil penangkaran, jadi meskipun siklus hidupnya hanya 2 minggu, di ruangan ini tetap ada banyak kupu-kupu yang berterbangan. Di Entopia ini terdapat 2 bagian area yaitu Natureland (Taman Hidup Terbuka) yang merupakan tempat kupu-kupu terbang bebas, dan Cocoon (Pusat Penemuan Tertutup), yaitu ruang pameran mengenai dunia serangga yang berupa lorong dan ruangan unik.

Di dalam Cocoon kita diajak untuk menyaksikan proses fase hidup kupu-kupu dalam bentuk visual menarik. Selain itu ada juga video interaktif tentang pengamatan berbagai suara serangga. Tapi ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu belajar mengolah kepompong ulat sutera hingga menghasilkan benang untuk cenderamata. Woww, keren banget.


Bagi yang tidak sempat mengikuti pelatihan tersebut, bisa juga mengadopsi kepompong. Jadi di sini disediakan paket menarik berupa 2 kepompong beserta petunjuk dan perlengkapannya untuk dibawa pulang. Cocok sekali buat fotografer/videografer yang ingin membuat timelapse proses metamorfosis kupu-kupu.


Di akhir perjalanan pengunjung akan melihat sejarah Entopia yang ternyata sudah berdiri sejak 1986. Secara keseluruhan, Entopia memanjakan mata yang ingin melihat keindahan alami tanpa harus bersusah payah ke hutan aslinya. Anak-anak pun pasti akan senang bisa berlarian mengeksplorasi di sini dengan aman. So, tertarik jadi "tamunya" di rumah kupu-kupu?

Rute Menuju Entopia

Dari George Town naiklah Rapid Bus 102 atau 102, lalu turunlah di halte Escape Theme Park. Dari situ berjalan kaki sejauh 100 meter. Bila ingin lebih praktis naiklah Grab Car.

Tiket Entopia

  1. Dewasa (13 tahun ke atas) RM 69
  2. Anak (4-12 tahun)  RM 49
  3. Lansia (60 tahun ke atas) RM 49

Pro

Belilah tiket menggunakan aplikasi dari Indonesia seperti Traveloka atau Tiket.com karena biasanya ada harga khusus yang selisihnya sangat lumayan. Restoran di sini sudah mendapatkan sertifikat halal, jadi bagi yang muslim tidak usah khawatir.

Con

Apabila mendapatkan voucher makan dan minum di Tapastree resto yang berada di kawasan Natureland, cek lagi term & conditionnya. Biasanya ada minimum order agar bisa memakai voucher tersebut dan harganya pun masih tergolong mahal.

Jam Operasional

Entopia bisa dikunjungi mulai pukul 09.00 - 18.00, dan masuk terakhir pada pukul 17.00. Namun sayangnya saat ini sedang tutup sementara hingga 31 Desember 2021.

Alamat

No. 830, Jalan Teluk Bahang, Teluk Bahang, 11050 Tanjung Bungah, Pulau Pinang, Malaysia.

Ditulis pada 2 Okt 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 6 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Penang Toys Museum
Penang Toys Museum

Penang Toy Museum menyimpan lebih dari 100 ribu boneka, action figure, kereta, dan berbagai collectible item lainnya yang langka. Cek lengkap di sini.

Penang State Museum and Art Gallery
Penang State Museum and Art Gallery

Museum seni di Penang yang dibuka pada 1962 ini menampilkan banyak koleksi bersejarah nan menarik, mulai dari foto, peta, grafik, dll.

The Habitat Penang
The Habitat Penang

Trekking identik dengan fisik yang kuat, tapi berbeda di The Habitat di mana tersedia kereta kabel untuk menanjak, asik bukan?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.