Skip to main content

Kelezatan Menakjubkan Dari Seporsi Chicken Rice Ball Melaka


Chicken rice ball merupakan kuliner wajib yang mesti dicicipi saat berkunjung ke Melaka. Hidangan ini biasanya terdiri dari setengah potong ayam utuh yang dimasak menggunakan bawang putih, jeroan ayam, dan nasi yang dibentuk bola-bola sebagai pelengkap. Jika ingin potongan ayam atau bola-bola nasi tambahan, sampaikan pada pelayan saat memesan.

Konon katanya bola-bola nasi ayam ini cocok dijadikan menu sarapan. Mendengar hal itu, rasa antusias untuk mencoba semakin menggebu. Tapi masalahnya, saya belum tahu nih tempat makan mana yang menyajikan chicken rice ball paling enak.

Hari pertama tiba, keputusan terbaik adalah random saja berjalan kemana kaki akan melangkah membawa ke tempat makan yang menjual chicken rice ball. Kemudian sampailah di Jalan Lorong Hang Jebat dan menemukan spot makan yang menjual bola-bola nasi ayam, yaitu KinMen Restaurant.

Ngomong-ngomong soal kuliner yang akan disantap segera ini, chicken rice ball sendiri adalah hidangan setengah potong ayam utuh yang dimasak menggunakan bawang putih, jeroan ayam, dan nasi yang dibentuk bola-bola sebagai pelengkap.

Setelah mencari informasi di internet mengenai apa sih sajian kuliner chicken rice ball Melaka ini, dan akhirnya makanan pun datang. Dari penyajiannya lengkap seperti yang dikatakan di internet. Ada potongan ayam di piring yang sedikit berkuah, bola-bola nasi, serta saus untuk cocolannya.

Karena ini pertama kalinya mencoba Chicken Rice Ball Melaka, mulut tak bisa berkata kalau ini "beneran enaaakkk" seperti yang orang-orang bilang. Terlebih bola-bola nasinya yang bentuk bulatannya begitu sempurna, tidak ambyar sama sekali dan pulen seperti ketan.

Porsi daging ayamnya sepiring penuh, empuk, dan gurih. Setengah ekor daging ayam ini harganya sekitar RM 18. Meski terlihat berminyak tapi ini enak!

Perburuan Chicken Rice Ball Masih Berlanjut

Saking enaknya dan kelezatannya yang tak terlupakan, hari kedua diputuskan untuk mencari lagi kuliner Chicken Rice Ball Melaka. Kali ini dengan penuh persiapan, tempat makan selanjutnya yang akan didatangi adalah "Kedai Kopi Chung Wah". Kedai ini katanya terkenal banget dan direkomendasikan oleh warga lokal juga.

Kuliner di Melaka ini sudah terkenal sejak abad ke-15. Orang-orang dari Asia hingga Eropa, telah datang dalam jumlah besar untuk mengunjungi kota Melaka. Walaupun sebenarnya Cina membawa banyak pengaruh untuk makanan lokal.

Perlu diketahui bahwa Nasi Ayam Hainan bukanlah makanan Peranakan, tetapi tak dipungkiri bahwa itu sesuatu yang dibawa oleh orang Cina ke Asia Tenggara. Meskipun nasi ayam berasal Hainan, Melaka (termasuk Malaysia secara keseluruhan) merupakan rumah bagi berbagai makanan lain yang layak untuk didatangi dan dicoba.

Chicken rice ball atau bola nasi Hainan bisa dibilang merupakan sajian kuliner yang unik untuk makan nasi. Bola nasi ini mungkin jadi pertama kali yang saya lihat, walaupun di Indonesia saya pernah melihat burger nasi tapi makanan yang satu ini rasanya punya perbedaan tersendiri.

Rasa penasaran menghinggapi bagaimana mereka bisa menahan bentuk bolanya dengan cukup baik. Dari warnanya memang seperti warna nasi putih yang biasa ada di rumah. Bahkan ketika melihat dan memakannya, mengundang untuk berasumsi bahwa ini dibuat dari beras ketan.

Ternyata tidak! Ini benar-benar nasi putih yang dimasak dengan menggoreng bawang putih sebagai lapisan dasarnya dan diberi sedikit garam. Rempah ini yang nantinya dipakai untuk membuat bola nasi. Menariknya di Kedai Kopi Chung Wah ini memasaknya masih menggunakan arang di beberapa proses, baik itu untuk memasak nasi hingga merebus dan memasak ayamnya.


Bola nasi ini sangat sempurna dipadukan dengan ayam bumbu kuahnya. Kemudian untuk sausnya juga cukup enak yang berbahan dasar cuka, dan bawang putih yang cukup menyengat tapi masih bisa dinikmati. Rasa sausnya yang pedas makin terasa enak berpadu dengan bola nasi serta ayamnya.

Menurut sejarahnya, sajian kuliner ini pertama kali dibuat oleh keluarga Hainan yang ingin piknik ke daerah perbukitan. Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga akan selalu menyenangkan dan lebih baik jika ada makanan. Nah, bola-bola nasi ini jadi makanan ringan dalam perjalanan yang sempurna.

Kedai Kopi Chung Wah berlokasi di seberang jembatan yang dipenuhi bunga, di sudut jalan yang menghadap ke Jonker Street. Namun, untuk bisa mencicipi chicken rice ball disini harus rela mengantri karena banyak sekali yang ingin menikmati kuliner di kedai yang terkenal ini.

Rekomendasi Tempat Makan Chicken Rice Ball Melaka

Restoran yang menyediakan hidangan khas ini mudah dijumpai, termasuk saat menjelajah Jonker Street.

Jika ditanya rekomendasi tempat makan Chicken Rice Ball Melaka terbaik, mungkin salah duanya adalah "KinMen Restaurant" dan "Kedai Kopi Chung Wah". Namun, untuk rekomendasi lainnya dari beberapa riset online dan rekomendasi dari warga lokal, ada beberapa tempat yang juga tak kalah enaknya. Diantaranya adalah:

  1. Chicken Rice Ball Famosa


  2. Famosa Chicken Rice Ball dulunya merupakan tempat makan bakso ayam di Jonker Street. Sayangnya, karena persaingan makin ketat mereka kehilangan daya tariknya. Namun, satu hal yang membuat restoran ini bertahan adalah ayam kukusnya yang sedikit berminyak dan bola nasi yang diukir dengan indah. Seporsi ayam disini lebih berminyak daripada chicken rice ball yang ada di Melaka, tapi justru memberi lebih kaya rasa.


    Lokasi: 21, Jalan Hang Tuah 2, Taman Bukit Terendak, 76300 Sungai Udang, Melaka, Malaysia, 75200, Alor Gajah, Melaka.

    Harga: RM 10-40

    Jam operasional: 09.00-16.00 (Senin-Kamis), 09.00-22.00 (Jumat-Minggu)

  3. Chicken Rice Ball Hoe Kee


  4. Hoe Kee juga termasuk restoran paling terkenal di Melaka yang menyajikan kuliner Chicken Rice Ball Melaka. Restoran ini selalu ramai dikunjungi turis luar maupun penduduk lokal. Apa yang unik dari nasi ayam disini yaitu ayamnya dilumuri kecap, sehingga menawarkan daging yang empuk dan gurih. Sangat pas dimakan bersama bola nasi yang harum dan enak.


    Lokasi: 468, Jalan Hang Jebat, 75200 , Melaka

    Harga: RM 10

    Jam operasional: 09.00-16.00 (buka setiap hari)

  5. Chicken Rice Ee Ji Ban


  6. Ee Ji Ban termasuk salah satu dari sedikit tempat yang menjual nasi ayam halal. Bagi yang muslim ingin mencicipi kelezatan Chicken Rice Ball Melaka tanpa mengurangi keotentikan rasanya, restoran ini pilihan tepat. Selain itu disini juga tersedia lauk nabati favorit warga lokal, seperti kalian dan kangkong belacan. Restoran ini cukup ramai dikunjungi turis dan penduduk setempat, jadi harap bersabar menunggu.


    Lokasi: 275, Jalan Melaka Raya 3, Taman Melaka Raya, 75000 , Melaka

    Harga: RM 8

    Jam operasional: 10.00-21.30 (buka setiap hari)

  7. Chicken Rice Ball Huang Chang

  8. Jauh di dalam Jonker Street tersimpan sebuah hidden gem yang otentik yaitu Chicken Rice Ball Huang Chang. Bola nasi ayam disini salah satu yang terbaik di Melaka. Disini bola nasinya terlihat lebih lembut, lebih kecil, dan rasa jahe yang kuat. Teksturnya pun padat dan tidak mudah hancur, sangat nikmat untuk disantap. Lalu ayam kukus buatan mereka sangat juicy, dan lembut, yang dilumuri kecap dengan takaran pas. Apalagi porsinya cukup besar.


    Lokasi: BB-376, Taman Melaka Baru, Batu Berendam , 75350 , Melaka

    Harga: RM 8-16

    Jam operasional: 07.15-15.00 (buka setiap hari)


Jangan lupakan pendamping makan chicken rice ball yang asik, salah satunya yaitu es kacang. Setelah makan yang berminyak dan gurih, pulihkan dengan yang segar-segar. Silahkan pilih menu es kacang di restoran atau kedai yang dikunjungi. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal, rata-rata sekitar RM 3-6 saja.

Ditulis pada 10 Nov 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 26 Nov 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Bandara Penang
Bandara Penang

Bandara Penang merupakan tempat yang pasti dikunjungi saat pergi berobat ke sini. Apa saja yang bisa dilakukan saat menunggu waktu boarding tiba?

Snake Temple Penang
Snake Temple Penang

Banyak wisatawan mengunjungi Snake Temple Penang meski ular identik dengan binatang mematikan. Cari tau alasannya di sini.

Kuil Kek Lo Si
Kuil Kek Lo Si

Kek Lo Si memiliki magnet menarik bagi pengunjung dari berbagai latar belakang agama, khususnya karena kuil Buddha terbesar di Malaysia.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.