Skip to main content

Pengobatan Lipoma di Penang

icon

Lipoma adalah suatu tumor jinak yang terbentuk dari jaringan lemak. Benjolan lipoma dapat muncul pada bagian tubuh mana pun. Namun, tumor ini paling sering muncul pada leher, kepala, bahu, dan punggung.

Lipoma umumnya terbentuk di lapisan subkutan (lapisan di bawah kulit). Pertumbuhannya cenderung lambat, ukurannya jarang melebihi 5 cm, dan konsistensinya terasa lunak. Lipoma yang ditekan dengan jari dapat sedikit bergeser dari tempatnya.

Lipoma bukan merupakan suatu kanker. Sebagian besar lipoma tidak menimbulkan gejala mengganggu dan tidak memiliki dampak kesehatan yang buruk. Namun, beberapa orang ingin menghilangkan lipoma karena merasa penampilannya terganggu.

Dokter juga mungkin menyarankan operasi bila lipoma terus membesar hingga melebihi 5 cm, menekan persarafan, menimbulkan nyeri, atau menunjukkan tanda-tanda yang dicurigai sebagai liposarkoma (kanker ganas jaringan lemak).


Untuk mengobati lipoma, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Operasi eksisi

Pro: Pada prosedur ini, dokter akan membuat suatu irisan pada permukaan lipoma untuk mengeluarkan kapsul pembungkus lipoma beserta jaringan lemak di dalamnya.

Prosedur ini hanya memerlukan waktu singkat, dapat dilakukan hanya dengan pembiusan lokal jika lipoma berukuran kecil, dan biasanya efektif untuk mencegah kambuhnya lipoma. Lipoma yang kecil dikeluarkan melalui irisan yang berukuran kecil pula sehingga tidak memerlukan jahitan.

Selengkapnya

Con: Beberapa kasus lipoma yang berukuran lebih besar mungkin membutuhkan pembiusan yang lebih luas dan membutuhkan jahitan. Selain itu, meskipun memiliki resiko yang rendah, operasi eksisi lipoma tetap memiliki resiko umum seperti resiko infeksi, perdarahan, cedera pembuluh darah, memar, selulitis, dan terbentuknya bekas luka operasi.

Lama proses pemulihan: Seusai menjalani eksisi lipoma, pasien biasanya dapat langsung meninggalkan rumah sakit di hari yang sama dan tidak memerlukan rawat inap. Namun, beberapa pasien mungkin disarankan untuk menjalani rawat inap selama satu malam tergantung pada kondisi lipomanya.

Sedot lemak

Pro: Pada prosedur liposuction (sedot lemak), dokter akan membuat suatu irisan kecil pada kulit untuk memasukkan alat penyedot lemak. Liposuction biasanya dilakukan untuk mengatasi lipoma di wajah. Hal ini dikarenakan irisan liposuction berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan operasi eksisi sehingga bekas lukanya pun lebih minimal.

Dokter dapat memposisikan irisan liposuction sedemikian rupa agar bekas luka yang dihasilkan sangat samar di antara garis alami kulit.

Selengkapnya

Con: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa prosedur liposuction memiliki angka kekambuhan lipoma yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan operasi eksisi. Hal ini dikarenakan pada operasi eksisi, kapsul lipoma dan seluruh jaringan lemak di dalamnya benar-benar diangkat secara total.

Liposuction juga tetap memiliki beberapa resiko seperti infeksi, perubahan warna kulit, dan sensasi baal di area liposuction.

Lama proses pemulihan: Seusai menjalani liposuction, pasien biasanya dapat langsung meninggalkan rumah sakit di hari yang sama dan tidak memerlukan rawat inap.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter bedah umum dan bedah plastik.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan lipoma di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus lipoma.

Ditulis pada tanggal 12 Mei 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Hernia
Hernia

Hernia terjadi ketika organ dalam tubuh menekan dan menonjol keluar dari tempat yang seharusnya.

Tiroid
Tiroid

Kelenjar tiroid adalah sebuah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher, tepatnya di bawah jakun.

Parkinson
Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan gangguan saraf akibat penuaan (neurodegeneratif) yang menyerang gerakan atau kontrol terhadap gerakan termasuk bicara.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan lipoma di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.