Skip to main content

Prosedur Liposuction di Penang

Arti Pro Con
icon

Definisi

Liposuction atau sedot lemak adalah prosedur medis untuk memperbaiki bentuk tubuh. Di bawah jaringan kulit setiap orang, terdapat sel-sel lemak yang berfungsi untuk menyimpan energi dan menjaga suhu badan. Namun, volume sel-sel lemak ini dapat terus meningkat karena gaya hidup yang kurang baik dan membentuk lapisan tebal yang mengganggu penampilan.

Liposuction dapat mengatasi masalah ini. Lapisan lemak berlebih pada berbagai bagian tubuh seperti perut, paha, lengan, pinggul, pantat, dan leher dapat dibuang dengan prosedur liposuction.

Ada beberapa variasi teknik liposuction. Namun, secara umum prosedur ini dilakukan oleh dokter dengan cara memasukan sebuah tabung kecil (cannula) ke lapisan di bawah kulit.

Cannula ini kemudian dihubungkan dengan sebuah alat penyedot yang akan menghisap sel-sel lemak keluar dari tubuh. Prosedur ini dapat dilakukan dengan pembiusan lokal mau pun total, tergantung pada bagian tubuh yang akan ditangani dan luas area yang akan disedot lemaknya.

Sebelum menentukan apakah seseorang cocok untuk menjalani prosedur liposuction, dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu.

Dokter juga mungkin menyarankan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan darah di laboratorium atau pemeriksaan radiologi untuk memastikan bahwa pasien tidak memiliki penyakit lain yang dapat mengganggu prosedur liposuction. Bila pasien dinilai cocok menjalani prosedur liposuction, dokter akan menjelaskan persiapan lebih lanjut.


Keuntungan

Keuntungan Liposuction:

  • Liposuction dapat membuang lapisan lemak tebal di bagian tubuh tertentu yang sulit dihilangkan dengan cara lain. Contohnya adalah pada orang yang mempunyai berat badan normal namun memiliki lapisan lemak tebal di perut yang tidak kunjung hilang meskipun orang tersebut telah menjaga pola makan dan berolahraga.
  • Liposuction dapat memberikan penampilan tubuh yang lebih ramping dan ideal. Perubahan penampilan karena liposuction ini umumnya bersifat permanen bila pasien menerapkan gaya hidup sehat sehabis operasi.
  • Liposuction juga dapat digunakan untuk mengangkat lipoma (tumor jinak dari sel-sel lemak) dan untuk menghilangkan jaringan lemak berlebih yang tidak diinginkan di payudara pria.
  • Prosedur liposuction umumnya hanya membutuhkan waktu 1-3 jam. Durasi akan tergantung pada luas jaringan lemak yang diambil. Prosedur liposuction juga biasanya tidak membutuhkan waktu rawat inap yang lama.
  • Bekas luka yang ditinggalkan oleh prosedur liposuction biasanya berukuran kecil sehingga tidak mengganggu penampilan.


Kekurangan

Kekurangan Liposuction:

Liposuction tetap merupakan suatu tindakan medis yang bersifat invasif dan memiliki resiko. Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur liposuction, pasien perlu memahami hal-hal berikut:

  • Liposuction tidak dapat dijadikan sebagai metode penurunan berat badan. Tindakan ini biasanya hanya disarankan untuk pasien yang berat badannya normal namun memiliki lapisan lemak membandel di area tubuh tertentu, misalnya perut atau paha.
  • Liposuction tidak dapat menghilangkan kerutan, selulit, atau pun stretch mark yang sudah ada di kulit.
  • Liposuction biasanya hanya disarankan untuk pasien yang memiliki jaringan kulit sehat dan elastis. Jika kulit seseorang tidak elastis, maka setelah lapisan lemak diambil, kulit akan tampak semakin kendur, bergelombang, atau tidak simetris
  • Ada resiko perubahan warna kulit sehabis liposuction
  • Ada resiko infeksi bakteri di area liposuction
  • Pasien dapat mengalami gangguan persarafan (baal) sementara atau pun permanen di area kulit di mana liposuction dilakukan
  • Cannula yang disuntikkan ke dalam tubuh dapat tidak sengaja mengenai dan melukai organ di sekitarnya
  • Sebagian kecil jaringan lemak dapat terlepas dari tempatnya dan mengalir masuk ke dalam pembuluh darah. Bila gumpalan lemak ini mengalir hingga ke paru atau otak maka dapat terjadi kondisi gawat darurat


Lama pemulihan

Prosedur liposuction dapat dilakukan tanpa rawat inap. Namun, tergantung pada luas area tubuh yang akan disedot lemaknya, pasien mungkin membutuhkan rawat inap di rumah sakit selama satu malam.

Artikel di atas merupakan prosedur standar untuk liposuction. Prosedur yang dilakukan dapat berbeda, bergantung pada kondisi pasien dan dokter yang menangani.

Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada tanggal 20 Jun 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 13 Okt 2021.

Prosedur Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel seputar prosedur kesehatan lainnya:

Biopsi
Biopsi

Biopsi adalah salah satu prosedur medis yang dilakukan oleh ahli bedah atau ginekologi atau radiologi atau internis. Prosedur ini dilakukan dengan mengambil sampel jaringan atau sel untuk menentukan penyebab dan tipe dari penyakit.

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy
Laparoscopic Sleeve Gastrectomy

Sebagai alternatif bedah bypass, operasi bariatrik dapat dilakukan dengan teknik laparoskopi. Prosedur ini bertujuan membuang sekitar 80% bagian lambung.

Prosedur Pasang DJ Stent
Prosedur Pasang DJ Stent

DJ Stent adalah alat yang digunakan untuk mempermudah aliran urin dari ginjal ke kandung kemih yang terganggu akibat adanya obstruksi. Cari tau indikasi untuk prosedur ini dan teknik pemasangannya.

Mau bertanya lebih lanjut tentang Liposuction di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.