Skip to main content

Pengobatan Stroke di Penang

icon

Stroke adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada sistem saraf akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah otak yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian.

Stroke diklasifikasikan menjadi 2, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.

  1. Stroke iskemik adalah stroke yang diakibatkan tersumbatnya pembuluh darah otak. Biasanya akibat penimbunan lemak pada pembuluh darah.
  2. Sedangkan, stroke hemoragik adalah stroke yang diakibatkan pecahnya pembuluh darah. Biasanya akibat hipertensi atau kelainan pembuluh darah.

Kasus stroke lebih banyak dialami laki-laki dibandingkan perempuan, dan jumlah penderita stroke meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke:

  • Genetik atau keturunan. Jika ada anggota keluarga yang terkena stroke, maka kemungkinan kita terkena stroke akan lebih tinggi
  • Riwayat penyakit jantung/kelainan irama jantung
  • Hipertensi
  • Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan banyak konsumsi alkohol
  • Kolesterol tinggi
  • Obesitas
  • Diabetes atau kencing manis

Menurut survei Kemenkes di tahun 2014, stroke adalah penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Di samping itu, sebagian dari pasien yang mengalami stroke akan berakhir dengan kecacatan. Berdasarkan beberapa penelitian didapatkan tingkat kecacatan stroke mencapai 65%.

Stroke bukanlah penyakit yang ringan dan dapat sembuh dengan cepat. Penyembuhan pasien stroke butuh waktu lama. Untuk itu, dibutuhkan hubungan yang baik antara dokter dan pasien, agar proses penyembuhan penyakit ini dapat berlangsung dengan baik.

Banyak pasien yang merasa cocok dengan dokter-dokter saraf di Penang, sehingga melanjutkan pengobatan disana.


Untuk mendiagnosa stroke, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Pemeriksaan Fisik

Untuk mendiagnosa penyakit ini, dokter akan melakukan analisa dari melihat perjalanan penyakit pasien, serta melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan saraf.

Gejala stroke sangatlah khas, seperti lumpuh atau lemas separuh badan, bicara menjadi pelo dan tidak jelas, juga mulut mencong.

Selengkapnya

Pada stroke iskemik gejala klinis biasanya lebih tenang dan ringan, sedangkan pada stroke hemoragik gejala klinis biasanya jauh lebih berat, seperti sakit kepala hebat dan penurunan kesadaran mendadak.

Pemeriksaan Penunjang

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti EKG atau rekam jantung, laboratorium darah, foto rontgen, CT Scan atau MRI, dan doppler karotis jika dibutuhkan.


Untuk mengobati stroke, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Pembedahan

Stroke merupakan sebuah kegawatdaruratan. Pasien yang baru mengalami serangan stroke harus langsung dibawa ke IGD agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Pasien biasanya akan dirawat dan diberikan obat-obatan.

Selengkapnya

Jika dicurigai ke arah stroke hemoragik dan ada indikasi untuk pembedahan, maka pembedahan harus dilakukan segera untuk menyelamatkan pasien.

Pasien akan ditangani oleh dokter bedah saraf.

Terapi Stroke

Tujuan dari terapi adalah memastikan kestabilan pasien dan mencegah/membatasi kematian saraf. Pasien stroke iskemik dan pasien yang mau terapi pemulihan pasca stroke, bisa ke dokter saraf untuk mengetahui terapi yang dibutuhkan.

Rehabilitasi Stroke

Jika masa gawat darurat sudah terlewati, maka harus dilakukan rehabilitasi untuk pasien stroke. Rehabilitasi stroke meliputi:

  • Modifikasi diet
  • Rehabilitasi komunikasi
  • Penilaian psikologis, termasuk skrining untuk depresi
  • Program olahraga untuk pemulihan dan fisioterapi
  • Evaluasi alat bantu jalan

Selengkapnya

Selain poin-poin diatas, pasien juga harus mengkonsumsi obat-obatan secara rutin. Untuk mencegah terjadinya kembali serangan stroke, pasien harus menerapkan pola makan yang sehat, berolahraga secara rutin, menghindari merokok dan mengkonsumsi minuman keras.


Pasien-pasien stroke yang berobat ke Penang biasanya untuk kontrol atau untuk konsultasi pemulihan pasca stroke (rehabilitasi). Jarang pasien berobat ke Penang disaat kondisi gawat darurat dan penurunan kesadaran.

Untuk kontrol, biasanya pasien tinggal di Penang 3-4 hari. Pemulihan penyakit stroke memang butuh waktu lama, bulanan sampai tahunan.

Pasien harus rutin mengkonsumsi obat-obatan dan melakukan terapi fisik. Biasanya setelah konsultasi dengan dokter di Penang, rehabilitasi akan dilanjutkan di Indonesia.

Pasien umumnya dapat bertemu dokter saraf dan dokter saraf (sub. bedah saraf). Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus stroke. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 30 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 9 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Prostat
Prostat

Hiperplasia prostat jinak adalah suatu penyakit dimana terjadi pembesaran kelenjar prostat non-kanker yang disebabkan oleh gangguan produksi hormon prostat.

Autoimun
Autoimun

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi yang menyebabkan sistem imun tubuh menyerang sel sehat, entah ke semua bagian tubuh entah ke organ tertentu.

Myasthenia Gravis
Myasthenia Gravis

Penyakit ini ditandai dengan kelemahan dan kelelahan pada beberapa atau seluruh otot, dimana kelemahan tersebut diperburuk dengan aktivitas terus-menerus atau berulang-ulang.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan stroke di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.