Skip to main content

Pengobatan Jantung Koroner di Penang

icon

Jantung adalah organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung sanggup memompa terus-menerus karena ada suplai oksigen dan nutrisi melalui suatu pembuluh darah yang disebut pembuluh koroner.

Apabila pembuluh darah ini menyempit atau tersumbat, maka proses suplai oksigen dan nutrisi ke jantung akan terganggu. Akibatnya, sel-sel jantung akan melemah dan bahkan bisa mati. Gangguan inilah yang disebut penyakit jantung koroner, dimana terjadi penyempitan atau penghambatan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung.

Penyebab dari penyakit jantung koroner ini ada 2, yaitu masalah pada dinding pembuluh darahnya sehingga menyempit (aterosklerosis), atau ada plak yang menyumbat sehingga aliran darah terganggu (trombosis).

  • Aterosklerosis

    Terjadi penimbunan lemak dan jaringan di dinding pembuluh darah yang semakin lama mempersempit lumennya. Biasanya penyempitan ini terjadi berangsur-angsur dalam waktu yang lama.

  • Trombosis

    Plak yang menimbulkan penyumbatan ini bisa berupa endapan lemak atau darah, yang menyumbat tiba-tiba pada pembuluh darah, sehingga aliran darah berhenti. Trombosis inilah yang biasanya menyebabkan serangan jantung secara tiba-tiba.

Gejala umum dari penyakit jantung ini adalah rasa tidak nyaman seperti tertindih beban berat di dada, tidak nyaman di ulu hati, sesak nafas, lemas, bahkan pingsan. Jika anda mengalami keluhan-keluhan di atas, harus segera berobat ke rumah sakit.


Untuk mengobati jantung koroner, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Pemasangan ring jantung/stent jantung

Ring jantung atau stent jantung merupakan tabung kecil yang dipasang di dalam pembuluh darah yang tersumbat agar aliran darah tetap lancar. Jadi, dokter akan melakukan angirografi sebelumnya untuk mengakses lokasi dan mendapatkan estimasi penyumbatan pada pembuluh darah.

Selengkapnya

Setelah itu, dokter akan memasukkan ring/stent yang masih kolaps bersamaan dengan balon kateter yang kempis dengan bantuan sebuah kabel penuntun tipis, melalui pembuluh darah pergelangan tangan atau pangkal paha. Saat sudah berada di lokasi yang diinginkan di pembuluh darah koroner, balon kateter akan dikembangkan, sehingga ring ikut mengembang.

Dengan demikian, rongga pembuluh darah juga akan melebar dan aliran darah kembali lancar. Setelah ring terpasang, balon dikempiskan lagi dan dikeluarkan.

Saat ini jenis ring/stent yang digunakan di Penang adalah drug-eluting stent. Ini adalah ring/stent yang juga mengandung obat untuk membantu mencegah terjadinya penyempitan kembali.

Operasi bypass jantung

Operasi bypass atau disebut juga coronary artery bypass graft surgery (CABG) adalah prosedur operasi untuk mengatasi sumbatan pembuluh darah koroner jantung. Pembuluh darah koroner berfungsi untuk mengalirkan darah dan oksigen ke sel-sel otot jantung yang aktif bekerja.

Ketika terjadi sumbatan oleh plak lemak di dalam pembuluh koroner, aliran darah dan oksigen terhambat sehingga sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Akibatnya, muncul rasa nyeri pada dada atau bahkan serangan jantung.

Selengkapnya

Saat operasi bypass, dokter akan membelah tulang dada pasien dan membuka rongga dada hingga jantung terlihat. Pasien akan diberikan obat untuk menghentikan kerja jantung secara sementara guna mempermudah proses pembedahan. Selama jantung berhenti berdenyut, sebuah alat bantu akan dihubungkan ke pembuluh darah pasien untuk memompa darah seperti normal.

Dokter akan mengambil pembuluh darah lain dari paha, dada, atau tangan lalu menyambungkannya ke bagian atas dan bagian bawah pembuluh darah koroner yang tersumbat. Hasilnya, terbentuk jalan pintas baru bagi darah.

Sebelum menentukan apakah seseorang membutuhkan CABG atau tidak, dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Dokter mungkin menyarankan beberapa pemeriksaan lain seperti EKG (rekam listrik jantung), treadmill, angiografi (kateterisasi), atau ekokardiografi sesuai kebutuhan.

Proses konsultasi awal hingga penyimpulan hasil pemeriksaan dapat memakan waktu 2-3 hari. Apabila pasien dinilai perlu menjalani CABG, dokter akan memberikan instruksi lebih lanjut.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter jantung dan dokter bedah jantung.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan jantung koroner di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus jantung koroner.

Ditulis pada tanggal 12 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Batu Ginjal
Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terbentuk akibat penumpukan zat-zat sisa dari darah seperti kalsium dan asam urat.

Menopause
Menopause

Menopause sebetulnya adalah peristiwa yang terjadi secara alami pada wanita, jadi tidak membutuhkan terapi. Namun, jika wanita mengalami menstruasi dini sebelum 40 tahun, dapat dilakukan terapi hormonal.

Sinusitis
Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan di dinding sinus.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan jantung koroner di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.