Skip to main content

Pengobatan Kista Bartholin di Penang

icon

Kelenjar bartholin (great vestiibular glands) adalah terletak pada sisi kanan dan kiri pada permukaan vagina wanita. Kelenjar ini seringnya berukuran sebesar kacang dan tidak teraba kecuali bila ada gangguan atau penyakit.

Kelenjar ini mulai bekerja pada masa pubertas dan berfungsi untuk memberikan kelembapan pada permukaan genital wanita. Kelembapan ini berasal dari lendir atau mukus yang dihasilkan oleh kelenjar, terutama ketika berhubungan seksual.

Kelainan kelenjar bartholin yang tersering adalah penyumbatan pada muara, menyebabkan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar tidak dapat keluar. Kelainan ini akan menimbulkan nyeri dan bengkak yang sering disebut dengan kista bartholin. Bila cairan yang didalam kista ini menjadi infeksi, maka akan berisiko tinggi untuk mengalami infeksi dan abses.

Penyebab infeksi tersering adalah gonorrhea atau chlamydia yang sering ditemukan pada penyakit menular seksual.

Sekitar 2 dari 10 wanita dapat mengalami keluhan kista bartholin ini. Penyakit ini umumnya menyerang wanita berusia 20-30 tahun. Dan akan berkurang risikonya seiring dengan bertambahnya umur.

Bila kista yang timbul kecil dan tidak terinfeksi, anda tidak akan merasakan keluhan. Bila kista bertambah besar, dan mulai terasa massa pada vagina. Pada kasus dengan infeksi akan berlangsung berhari-hari dan memberikan keluhan nyeri tekan dan massa pada vagina, tidak nyaman pada posisi duduk atau berjalan, nyeri saat berhubungan, dan demam.


Untuk mendiagnosa kista bartholin, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Pengambilan cairan vagina

Pengambilan cairan vagina untuk menentukan asal infeksi dan dapat dilakukan kultur pada kasus dengan abses.

Bila timbul benjolan massa dekat vagina, tanpa keluhan pada usia diatas 40 tahun, disarankan langsung menemui dokter dikarenakan kecurigaan mengarah ke kanker cukup tinggi. Dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan tipe benjolan.


Untuk mengobati kista bartholin, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Terapi

Terapi yang diberikan bergantung pada ukuran dari kista, tingkat nyeri, dan infeksi. Pada kasus yang umum, terapi istirahat cukup dan pemberian obat pereda nyeri.

Selengkapnya

Terapi berendam di air hangat dapat membantu untuk mengecilkan ukuran massa pada kasus awal. Tetapi pada beberapa kasus lainnya, perlu terapi drainase dari kista bartholin.

Antibiotik

Bila terjadi infeksi, pemberian antibiotik dapat diberikan.

Pengangkatan kelenjar bartholin

Pengangkatan kelenjar bartholin dapat menjadi pilihan bila terapi lainnya tidak memberikan hasil.


Pasien umumnya dapat bertemu dokter kandungan. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus kista bartholin. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 1 Jun 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Batu Ginjal
Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terbentuk akibat penumpukan zat-zat sisa dari darah seperti kalsium dan asam urat.

Trombosis Vena Dalam
Trombosis Vena Dalam

Penyakit trombosis vena dalam adalah kondisi di mana terbentuk bekuan darah dalam pembuluh darah vena dalam, sehingga mengakibatkan penyumbatan sebagai atau total sehingga aliran darah terganggu.

Polip Kolon
Polip Kolon

Polip kolon adalah pertumbuhan jaringan berlebih di dinding dalam usus besar. Polip kolon biasanya tidak menimbulkan gejala yang khas.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan kista bartholin di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.