Skip to main content

Pengobatan Empedu di Penang

icon

Empedu adalah sebuah kantong yang terletak di bawah hati (liver). Berfungsi untuk menyimpan cairan empedu yang berasal dari hati. Setelah makan, kantung empedu akan kosong dan menciut, seperti balon. Sebelum makan, kantung ini akan penuh dengan cairan dan berukuran sebesar buah pir.

Bila sinyal datang, kantung empedu akan mengeluarkan cairan ke arah usus kecil melalui saluran empedu (bile ducts). Cairan ini membantu mencerna lemak.

Keluhan yang diberikan bila ada gangguan pada batu empedu berupa nyeri perut atas dapat sering atau hilang timbul, dapat menjalar ke bagian tubuh belakang. Keluhan lain yang mungkin dialami: mual, muntah, demam, diare, kuning pada kulit (jaundice), urin berwarna gelap, dan feses berwarna terang.

Penyakit yang sering dialami pada kantung empedu, adalah:

  1. Batu empedu. Dimana cairan yang tersimpan tidak dapat keluar dan maksimal sehingga menumpuk dan menimbulkan keluhan.
  2. Infeksi dan kanker. Pada keluhan lanjut, kantung empedu yang mengalami gangguan dapat mengganggu saluran empedu, sehingga dapat mengakibatkan saluran menyempit, tidak mampu mengantarkan cairan ke usus kecil.

Kanker pada kantung empedu termasuk kasus yang langka. Bila ditemukan pada stadium awal, prognosis kesembuhan tinggi. Tetapi kebanyakan dari kasusnya ditemukan pada stadium akhir, dimana prognosis kesembuhan sangat rendah.


Untuk mendiagnosa empedu, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

USG abdomen

Pemeriksaan non-invasif menggunakan frekuensi suara. Dapat mendeteksi batu empedu dan memeriksa dinding dari empedu.

HIDA Scan

Pengecekan menggunakan zat radioaktif yang dimasukkan secara intravena. Untuk melihat saluran dan kantung empedu. Bila zat ini tidak masuk ke dalam hati, maka didapatkan gangguan.

ERCP

Endoscopic retrograde cholangiopancreatography. Pemeriksaan dengan menggunakan selang kamera kecil yang dimasukkan ke dalam mulut, melewati lambung dan usus kecil.

Dokter akan melihat melalui kamera ini dan menyemprotkan zat kontras untuk melihat saluran empedu. pemeriksaan ini juga bisa dilakukan sebagai treatment untuk menggangkat batu empedu.

MRCP

MRI pada saluran dan kantung empedu serta pankreas. Memperlihatkan gambaran resolusi tingi untuk membantu pemeriksaan dan tatalaksana.

Endoscopic Ultrasound

Cara kerja sama dengan ERCP tetapi tidak diberikan zat kontras.

Abdominal X-ray

Abdominal x-ray adalah rontgen pada perut. Pada umumnya, dilakukan untuk melihat masalah pada perut. Tetapi pada x-ray tidak dapat mendiagnosis batu empedu.

Pasien umumnya dapat bertemu dokter internis (sub. gastrologi & hepatologi). Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus empedu. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 7 Sep 2021.
Diperbaharui terakhir pada tanggal 13 Sep 2021.


Artikel Kesehatan Lainnya:

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Myasthenia Gravis

Penyakit ini ditandai dengan kelemahan dan kelelahan pada beberapa atau seluruh otot, dimana kelemahan tersebut diperburuk dengan aktivitas terus-menerus atau berulang-ulang.

Maag

Maag atau sering dikenal dengan gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung.

Asam Lambung

Asam lambung adalah suatu kondisi yang sering dialami pada semua kelompok usia dan terjadi berulang.

Asam Urat

Bila terdapat gangguan ginjal atau terdapat konsumsi purin yang melebihi kemampuan ginjal untuk membuang asam urat, kadar asam urat dalam darah dapat meningkat.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan empedu di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.