Skip to main content

Pengobatan Operasi Bypass Jantung di Malaysia

Tiap tahun ada ratusan ribu orang Indonesia yang berobat ke Malaysia, salah satunya untuk pengobatan Operasi Bypass Jantung.

Arti Pro Con RS
icon

Definisi

Operasi bypass atau disebut juga Coronary Artery Bypass Graft Surgery (CABG), adalah prosedur operasi untuk mengatasi sumbatan pembuluh darah koroner jantung. Pembuluh darah koroner berfungsi untuk mengalirkan darah dan oksigen ke sel-sel otot jantung yang aktif bekerja.

Ketika terjadi sumbatan oleh plak lemak di dalam pembuluh koroner, aliran darah dan oksigen terhambat sehingga sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Akibatnya, muncul rasa nyeri pada dada atau bahkan serangan jantung.

Saat operasi bypass, dokter akan membelah tulang dada pasien dan membuka rongga dada hingga jantung terlihat. Pasien akan diberikan obat untuk menghentikan kerja jantung secara sementara guna mempermudah proses pembedahan. Selama jantung berhenti berdenyut, sebuah alat bantu akan dihubungkan ke pembuluh darah pasien untuk memompa darah seperti normal.

Dokter akan mengambil pembuluh darah lain dari paha, dada, atau tangan lalu menyambungkannya ke bagian atas dan bagian bawah pembuluh darah koroner yang tersumbat. Hasilnya, terbentuk jalan pintas baru bagi darah.

Sebelum menentukan apakah seseorang membutuhkan CABG atau tidak, dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Dokter mungkin menyarankan beberapa pemeriksaan lain seperti EKG (rekam listrik jantung), treadmill, angiografi (kateterisasi), atau ekokardiografi sesuai kebutuhan.

Proses konsultasi awal hingga penyimpulan hasil pemeriksaan dapat memakan waktu 2-3 hari. Apabila pasien dinilai perlu menjalani CABG, dokter akan memberikan instruksi lebih lanjut.


Keuntungan

Beberapa keuntungan dari operasi bypass jantung:

  • Operasi bypass dapat mengatasi gejala nyeri dada dan sesak napas secara efektif. Operasi bypass juga dapat memperbaiki fungsi jantung dan mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung di kemudian hari.
  • Operasi bypass dapat membantu pasien yang memiliki sumbatan lebih dari satu pembuluh darah koroner. Bila sumbatan terlalu banyak, maka tindakan lain seperti pemasangan balon atau stent (ring) sering kali tidak lagi efektif.
  • Operasi bypass dapat mengatasi kondisi serius seperti sumbatan parah pada pembuluh darah (arteri) koroner kiri utama. Arteri koroner kiri utama ini berfungsi menyalurkan darah pada bagian terpenting jantung yaitu ventrikel kiri. Ventrikel kiri jantung bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sumbatan pada arteri koroner kiri utama dapat berakibat fatal.
  • Bypass juga dapat dijadikan pertimbangan untuk pasien yang sudah menjalani pemasangan balon atau stent (ring) namun gagal, atau pembuluh darah koronernya menyempit kembali sehabis pemasangan balon atau stent.
  • Kebanyakan orang yang telah menjalani operasi bypass dapat hidup tanpa gejala penyakit jantung koroner selama 10-15 tahun.


Kekurangan

Operasi bypass yang dilakukan oleh dokter yang berpengalaman memiliki resiko yang sangat rendah. Namun, seperti layaknya semua pembedahan, bypass juga tidak terlepas dari resiko medis. Beberapa resiko yang mungkin terjadi antara lain seperti:

  • Perdarahan saat operasi atau sehabis operasi
  • Gangguan irama jantung (aritmia)
  • Infeksi pada area operasi
  • Adanya bekuan darah (emboli) yang terlepas ke dalam pembuluh darah sehabis operasi dan menimbulkan stroke atau serangan jantung
  • Gangguan ginjal
  • Resiko gagal operasi bypass
  • Resiko munculnya sumbatan baru di pembuluh darah koroner yang lain atau di pembuluh darah yang ditempel saat bypass seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini terutama terjadi pada pasien yang tidak menjaga pola hidup yang sehat sehabis operasi bypass


Lama proses pemulihan

Sehabis operasi bypass, pasien biasanya akan dimonitor secara ketat di ruangan ICU (Intensive Care Unit) selama 1-2 malam. Setelah kondisi pasien stabil, pasien akan dipindahkan ke ruangan rawat inap biasa. Keseluruhan proses rawat inap di rumah sakit mungkin membutuhkan waktu 6-10 hari, tergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Estimasi Biaya Berobat

Berikut perkiraan biaya operasi bypass jantung (CABG) di Malaysia (Penang, Melaka, atau KL):
RM 60.000 - 75.000 (Rp 200-250 juta)

Note: Biaya di atas adalah perkiraan! Biaya operasi bisa berubah tergantung kondisi pasien atau faktor pemberat (misal diabetes, hipertensi, dll) yang ada.



List Rumah Sakit

Berikut adalah rekomendasi rumah sakit untuk pengobatan Operasi Bypass Jantung:

NOTE: Setiap RS memiliki alat medis yang berbeda-beda. Untuk itu, silakan kirimkan & konsultasikan hasil pemeriksaan terbaru Anda dengan tim dokter umum kami di sini untuk mendapat rekomendasi RS yang tepat.


List Dokter Spesialis

Berikut adalah rekomendasi dokter spesialis untuk pengobatan Operasi Bypass Jantung:

NOTE: Setiap dokter memiliki subspesialis masing-masing. Silakan isi form di sini untuk berkonsultasi dengan tim dokter umum kami terkait diagnosa Anda dan rekomendasi dokter yang tepat.

Artikel di atas merupakan prosedur standar untuk operasi bypass jantung. Prosedur yang dilakukan dapat berbeda, bergantung pada kondisi pasien dan dokter yang menangani.

Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada tanggal 8 Apr 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 13 Okt 2021.

Prosedur Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel seputar prosedur kesehatan lainnya:

Meningioma dgn Gamma Knife
Meningioma dgn Gamma Knife

Gamma knife adalah prosedur bedah dengan menggunakan radiasi sinar gamma.

Operasi Penggantian Pinggul
Operasi Penggantian Pinggul

Total Hip Replacement (THR) adalah prosedur penggantian sendi panggul yang rusak dengan komponen buatan dari besi, keramik, atau plastik.

Brachytherapy
Brachytherapy

Brachytherapy adalah salah satu bentuk terapi radiasi yang digunakan untuk terapi kanker.

Mau bertanya lebih lanjut tentang Operasi Bypass Jantung di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.