Skip to main content

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih di Penang

icon

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang menyerang bagian perkemihan dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Kejadian tersering menyerang pada saluran kemih bawah yaitu kandung kemih dan uretra.

Wanita lebih berisiko mengalami ISK dibandingkan dengan pria. Infeksi jenis ini adalah salah satu tipe yang sering ditemui pada fasilitas kesehatan. ISK adalah salah satu alasan mengapa pada wanita disarankan untuk membersihkan area genital dari depan ke belakang.

Pada wanita saluran kemih terletak dekat dengan anus (saluran buang air besar) sehingga mengakibatkan bakteri dari usus besar seperti E.coli dapat menginvasi ke saluran kemih.

Saluran uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan dengan pria. Mengakibatkan bakteri lebih mudah berjalan keatas. Bakteri yang sering ditemukan seperti escherichia coli (E. coli), chlamydia, dan mycoplasma bacteria.

Kondisi lainnya yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ISK adalah aktivitas seksual, perubahan hormon, hamil, menopause, diabetes, penyakit autoimun, pemakaian kateter, dan penyakit yang mempengaruhi aliran kemih seperti batu ginjal, stroke, dan trauma tulang belakang.

Keluhan yang ditimbulkan berupa:

  • Nyeri pada perut bagian bawah (pelvic pain)
  • Nyeri dan terasa terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil berulang
  • Urin berwarna merah, pink, keruh, berawan, atau seperti teh
  • Demam (terutama pada infeksi saluran kemih atas)

Pemberian nama dan pengelompokan penyakit berdasarkan lokasi terjadinya infeksi:

  • Pyelonephritis (ginjal): sering disebut infeksi saluran kemih atas. Keluhan yang ditimbulkan cenderung ke arah demam, mual, menggigil, dan nyeri pada pinggang.
  • Cystitis (kandung kemih): infeksi ini sering memberikan keluhan adanya tekanan pada pubik (perut bawah), nyeri saat berkemih, sering berkemih dan ada darah pada urin.
  • Urethritis (uretra): saluran terluar pada saluran kemih, memberikan keluhan nyeri dan panas saat berkemih.

ISK yang tidak membaik dapat menimbulkan komplikasi yang berkepanjangan seperti infeksi kronis, gangguan ginjal permanen, penyempitan pada saluran kemih, sepsis dan pada wanita hamil menyebabkan kelahiran prematur.


Untuk mendiagnosa infeksi saluran kemih, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Urinalisis

Pemeriksaan laboratorium pada urin untuk melihat sel darah putih, sel darah merah atau bakteri. Untuk mendapatkan sample yang baik, disarankan mengambil urin porsi tengah (midstrean urine).

Pemeriksaan kultur pada urin

Pemeriksaan kultur pada urin untuk menentukan jenis bakteri dan pengobatan yang efektif.

Pemeriksaan ultrasound, CT scan atau MRI scan

Pemeriksaan ultrasound, CT scan atau MRI scan untuk melihat penampakan saluran kemih, apakah ada saluran yang tersumbat karna batu atau penyempitan.

Cystoscopy

Pemeriksaan dengan menggunakan selang panjang dan fleksibel yang dimasukkan ke dalam saluran kemih, membantu mengevaluasi saluran kemih dan kandung kemih.


Untuk mengobati infeksi saluran kemih, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Terapi

Terapi pada infeksi saluran kemih umumnya menggunakan antibiotik dengan dosis yang tepat. Bila diakibatkan oleh penyumbatan saluran kemih, terapi laser, teropong, atau laparoskopi lebih disarankan untuk mengangkat batu dan melepaskan saluran yang menyempit.

Pada tipe yang kronis disarankan untuk membicarakan rencana terapi jangka panjang dengan dokter untuk mencegah kejadian berulang dan pemberian antibiotik yang tepat.

Pencegahan yang dibutuhkan adalah minum air yang banyak, membersihkan alat genital sesuai saran, membersihkan kandung kemih setelah berhubungan seksual dengan minum air, hindari produk yang mengiritasi genital, dan pengaturan KB pada wanita.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter urologi.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan infeksi saluran kemih di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus infeksi saluran kemih.

Ditulis pada tanggal 28 Apr 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 9 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Infertilitas
Infertilitas

Infertilitas adalah ketidakmampuan pasangan suami-istri untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual teratur selama minimal 1 tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

PCOS
PCOS

Menurut penelitian, PCOS ditemukan pada 1 dari 10 wanita usia reproduksi.

Jantung Koroner
Jantung Koroner

Jantung sanggup memompa terus-menerus karena ada suplai oksigen dan nutrisi melalui suatu pembuluh darah yang disebut pembuluh koroner. Apabila pembuluh darah ini menyempit atau tersumbat, maka proses suplai oksigen dan nutrisi ke jantung akan terganggu.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan infeksi saluran kemih di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.