Skip to main content

Pengobatan Maag di Penang

icon

Maag atau sering dikenal dengan gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung. Penyebab paling umum yang menyebabkan peradangan adalah adanya infeksi bakteri (Helicobacter pylori) yang menyebabkan radang pada dinding lambung.

Penyebab lainnya adalah penggunaan obat anti nyeri dan minum alkohol yang berakibat iritasi.

Penyakit ini dapat terjadi secara akut (tiba-tiba) maupun kronis (perlahan). Bisa bersifat sementara bahkan bertahun-tahun bila tidak dihiraukan dan diterapi. Pada beberapa kasus dapat mengakibatkan luka (ulkus) pada lambung sampai meningkatkan kejadian terjadi kanker lambung.

Penyebab umum pada maag adalah konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan obat yang mengiritasi lambung, merokok, dan usia. Penyebab lainnya seperti stress, gangguan autoimun, dan infeksi virus.

Gejala yang ditimbulkan berupa nyeri atau rasa panas pada ulu hati, bertambah intensitasnya bila makan, mual, muntah, perasaan penuh pada perut, dan sendawa. Pada beberapa kasus yang cukup serius sering ditemukan tinja dan muntah berwarna gelap akibat perdarahan pada dinding lambung.


Untuk mendiagnosa maag, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Pemeriksaan laboratorium

Pemeriksaan laboratorium yang sering dilakukan berupa pemeriksaan bau napas, darah, tinja, bahkan penanda infeksi helicobacter pylori.

Pemeriksaan rontgen

Pemeriksaan rontgen juga bisa dilakukan dengan bantuan dari cairan kontras (barium). Cairan akan melapisi dan menunjukkan gambaran dinding lambung.

Gastroskopi

Pemeriksaan lainnya yang bisa menunjukkan dinding lambung secara nyata adalah gastroskopi. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan bius lokal atau umum.

Selengkapnya

Diperlukan beberapa persiapan sebelum melakukannya seperti puasa. Selang kamera dimasukkan dan ditelan ke saluran pencernaan atas sehingga menampilkan gambaran yang nyata, berlangsung selama 15 menit.

Pada prosedur ini juga bisa dilakukan beberapa tindakan seperti memberhentikan pendarahan lambung, mengangkat polip, dan mengambil sediaan biopsi.

Pemberian terapi pada gastritis berdasarkan pada penyebab, mulai dari antibiotik, obat yang mengatur produksi asam lambung, dan melapisi usus. Dokter juga akan menyarankan saran untuk perubahan pola hidup sehari-hari untuk menghindari kambuh.


Setelah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan di atas, dokter akan memberikan pengobatan sesuai tingkatan penyakit yang diderita pasien.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter internis (sub. gastrologi & hepatologi).

Bila berencana untuk melakukan pengobatan maag di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus maag.

Ditulis pada tanggal 20 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Stroke
Stroke

Menurut survei Kemenkes di tahun 2014, stroke adalah penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Stroke adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada sistem saraf akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah otak yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian.

Prostat
Prostat

Hiperplasia prostat jinak adalah suatu penyakit dimana terjadi pembesaran kelenjar prostat non-kanker yang disebabkan oleh gangguan produksi hormon prostat.

Rinitis Alergi
Rinitis Alergi

Rinitis alergi adalah peradangan dari mukosa hidung yang dipicu reaksi alergi setelah mukosa hidung terpapar dengan alergen.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan maag di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.