Skip to main content

Pengobatan Prostat di Penang

icon

Benign prostatic hyperplasia (BPH) atau hiperplasia prostat jinak adalah suatu penyakit dimana terjadi pembesaran kelenjar prostat non-kanker yang disebabkan oleh gangguan produksi hormon prostat.

Penyakit ini sangat umum terjadi pada pria diatas 40 tahun. Pembesaran prostat ini dapat menekan kandung kemih dan menyumbat aliran urin.

Jika tidak diobati dan dibiarkan terus, pembesaran prostat ini bisa mengakibatkan sumbatan total pada aliran urin sehingga pasien tidak bisa berkemih sama sekali. Hal ini bisa mengakibatkan nyeri hebat dan infeksi sampai ke ginjal.


Untuk mengobati prostat, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Terapi

Terapi dari penyakit ini meliputi perubahan gaya hidup, konsumsi obat-obatan, pemasangan kateter, dan yang terakhir ada operasi.

Selengkapnya

Perubahan gaya hidup seperti contohnya mengurai konsumsi cairan di malam hari, meningkatan aktivitas fisik seperti berolahraga, serta mengurangi konsumsi alkohol dan kafein. Kemudian, dokter juga akan memberikan obat-obatan.

Jika keluhan belum juga berkurang, biasanya akan dilakukan pemasangan kateter untuk membantu mengeluarkan urin yang tertahan karena pembesaran prostat.

Namun, jika semua hal ini sudah dilakukan dan pasien tidak juga merasa baikan, maka harus dilakukan operasi.

Trans uretral reseksi prostat

Pengobatan ini kerap disebut transurethral resection of the prostate (TURP). Pada gangguan prostat, prostat akan membesar sehingga menekan saluran kemih. TURP adalah operasi membuang bagian prostat yang menekan saluran kemih tersebut.

Operasi ini yang paling sering dan paling umum dilakukan. Prosedurnya adalah dengan memasukan selang metal ke saluran kemih lewat penis.

Selang ini memiliki kamera kecil di ujungnya sehingga dokter dapat melihat kelenjar prostat dengan jelas. Kemudian, dokter akan memasukkan kawat elektrik ke dalam selang tersebut, dan membuang bagian prostat yang menekan saluran kemih.

Selengkapnya

Kelebihan dari operasi TURP :

  • Jaringan prostat yang dibuang bisa sekaligus dicek untuk potensi kanker, walaupun pembesaran prostat sendiri tidak meningkatkan risiko kanker prostat.
  • Operasi ini dapat dilakukan oleh semua dokter urologi dan bisa dilakukan di semua rumah sakit yang memiliki dokter urologi.

Kekurangan dari operasi TURP :

  • Setelah operasi, pasien harus dipasangkan kateter (selang urin) untuk sementara.
  • Butuh 4 - 8 minggu sampai benar-benar pulih dan kembali normal setelah operasi.
  • Resiko perdarahan lebih besar daripada laser.

Laser

Jenis laser yang digunakan di Penang untuk kasus prostat adalah geenlight laser. Teknik operasi dengan laser ini adalah temuan baru dalam membuang jaringan prostat yang membesar tanpa melukai jaringan dan pembuluh darah di sekitarnya.

Teknik ini menggunakan laser dengan tenaga tinggi yang secara akurat akan membuang kelenjar prostat yang menutupi saluran kemih.

Selengkapnya

Kelebihan dari operasi dengan laser :

  • Resiko perdarahan sangat minimal.
  • Hanya 30% pasien yang membutuhkan kateter setelah operasi.
  • Pemulihan lebih cepat dari TURP.

Kekurangan dari operasi dengan laser :

  • Tidak semua dokter menguasai tehnik ini karena ini teknologi yang tergolong baru, dan hanya sebagian rumah sakit yang sudah memiliki fasilitas ini.

Pasien umumnya dapat bertemu dokter urologi. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus prostat. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 5 Sep 2021.
Diperbaharui terakhir pada tanggal 13 Sep 2021.


Artikel Kesehatan Lainnya:

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Fistula Ani

Fistula ani adalah suatu saluran abnormal yang menghubungkan ujung akhir usus besar dengan permukaan kulit di sekitar anus.

Epilepsi Pada Anak

Epilepsi ditandai dengan serangan kejang, dan bisa berdampak pada psikologi, kognitif, dan sosial pada penderitanya.

Leukemia Myeloid Akut (AML)

Pada kasus leukemia myeloid akut, sel blast tipe myeloblast yang seharusnya berkembang menjadi sel darah putih berjumlah terlalu banyak dan bersifat abnormal.

Deviasi Septum

Septum nasal adalah jaringan tulang rawan di dalam hidung yang membentuk sebuah sekat dan memisahkan rongga hidung kanan dan kiri.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan prostat di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.