Skip to main content

Operasi Thyroidectomy di Penang

Arti Tipe
icon

Definisi

Kelenjar tiroid adalah suatu organ yang berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bagian depan leher. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroksin yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh seseorang. Thyroidectomy adalah pembedahan untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar tiroid.

Thyroidectomy biasanya disarankan bagi pasien kanker tiroid. Namun, pembedahan ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi pembesaran jinak pada kelenjar tiroid (non-kanker) yang telah menekan struktur di sekitar leher dan menimbulkan gejala mengganggu seperti sulit menelan, sulit bernapas, atau terjadinya perubahan suara.

Thyroidectomy juga disarankan bagi pasien hipertiroid yang memiliki level hormon tiroksin sangat tinggi dan bagi pasien yang memiliki nodul (benjolan) di tiroid yang tidak jelas bersifat kanker atau jinak.

Thyroidectomy yang mengangkat seluruh kelenjar tiroid disebut sebagai total thyroidectomy. Setelah total thyroidectomy, pasien perlu mengonsumsi obat yang mengandung hormon tiroksin seumur hidup sebab tidak ada lagi kelenjar tiroid yang menghasilkan tiroksin.

Namun, bila ada bagian kelenjar tiroid yang disisakan (partial thyroidectomy), maka pasien biasanya masih dapat menghasilkan hormon tiroksin secara alami. Dokter akan menentukan jenis thyroidectomy yang terbaik untuk pasien setelah melakukan pemeriksaan.


Teknik operasi thyroidectomy

Terdapat beberapa teknik operasi thyroidectomy:

Open thyroidectomy

Pro: Teknik ini merupakan teknik operasi tiroid yang konvensional dan paling sering dilakukan. Dokter akan membuat irisan pada leher pasien untuk memotong dan mengeluarkan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. Teknik ini dapat dilakukan untuk kasus kanker tiroid, kasus pembesaran jinak tiroid yang menyeluruh (diffuse) atau pun kasus nodul (benjolan) tiroid yang berukuran cukup besar.

Con: Open thyroidectomy merupakan suatu pembedahan terbuka sehingga irisan yang dibuat pada leher pasien akan berukuran cukup panjang. Bekas luka yang dihasilkan juga akan berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan teknik operasi endoskopik, dan waktu penyembuhan yang dibutuhkan paska operasi juga lebih lama.

Selain itu, terdapat resiko umum operasi tiroid seperti resiko perdarahan, infeksi, rendahnya hormon paratiroid sehabis operasi, dan perubahan suara menjadi serak akibat kerusakan saraf di dekat kelenjar tiroid.

Lama proses pemulihan: Sehabis menjalani open thyroidectomy, pasien biasanya membutuhkan rawat inap di rumah sakit selama 2-3 malam.

Endoscopic Thyroidectomy

Pro: Thyroidectomy dengan teknik endoskopik memiliki prosedur yang mirip dengan operasi laparoskopi umumnya. Pada prosedur ini, dokter hanya akan membuat sayatan kecil di leher untuk memasukkan alat dengan kamera dan sumber cahaya berukuran kecil di ujungnya.

Dengan bantuan alat ini, dokter dapat melihat bagian dalam leher pasien dengan lebih jelas selama melakukan operasi. Bekas luka yang dihasilkan akan berukuran lebih kecil, rasa nyeri paska operasi terasa lebih ringan, dan penyembuhan pun akan berjalan lebih cepat.

Con: Endoscopic thyroidectomy masih jarang dilakukan bila dibandingkan dengan open thyroidectomy. Selain itu, tidak semua kasus tiroid dapat dioperasi dengan teknik endoskopik. Contohnya adalah pada kasus kanker atau nodul tiroid yang berukuran besar. Resiko umum operasi tiroid seperti perdarahan, infeksi, dan perubahan suara paska operasi juga tetap ada.

Lama proses pemulihan: Seusai menjalani endoscopic thyroidectomy, pasien biasanya membutuhkan rawat inap selama 1-2 malam di rumah sakit.

Artikel di atas merupakan prosedur standar untuk thyroidectomy. Prosedur yang dilakukan dapat berbeda, bergantung pada kondisi pasien dan dokter yang menangani.

Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada tanggal 25 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.

Prosedur Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel seputar prosedur kesehatan lainnya:

Operasi Kelopak Mata (Eyelid)
Operasi Kelopak Mata (Eyelid)

Operasi eyelid atau kelopak mata dikenal juga sebagai blepharoplasty di dunia kedokteran.

Stimulasi Otak Dalam (DBS)
Stimulasi Otak Dalam (DBS)

DBS dapat membantu mengurangi keluhan tremor, kekakuan, perlambatan dan keluhan berjalan yang disebabkan oleh penyakit parkinson, dystonia, atau tremor lainnya.

Lasik
Lasik

LASIK atau laser-assisted in-situ keratomileusis merupakan jenis operasi mata yang mampu memperbaiki ketajaman penglihatan dengan cara mengubah bentuk kornea.

Mau bertanya lebih lanjut tentang Thyroidectomy di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.