Skip to main content

Pengobatan Operasi Robotik da Vinci di Malaysia

Tiap tahun ada ratusan ribu orang Indonesia yang berobat ke Malaysia, salah satunya untuk pengobatan Operasi Robotik da Vinci.

Arti Pro Con RS
icon

Definisi

Operasi robotik da Vinci merupakan terobosan tercanggih dari dunia bedah. Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1999, operasi robotik da Vinci telah mengalami banyak perkembangan dan saat ini dilakukan pada lebih dari empat juta kasus setiap tahunnya di seluruh dunia.

Operasi robotik da Vinci tidak sepenuhnya dilakukan oleh robot. Dokter spesialis bedah yang terlisensi akan memimpin operasi dengan bantuan robot.

Mesin da Vinci terdiri dari tiga komponen utama yaitu konsol tempat dokter duduk dan mengendalikan robot, mesin endowrist dengan empat lengan robotik yang dapat digerakkan secara bebas, dan mesin pengolah gambar 3-Dimensi dengan resolusi tinggi. Pada saat operasi, dokter akan membuat satu atau beberapa sayatan kecil di tubuh pasien. Melalui sayatan ini, lengan robotik yang juga berukuran kecil akan dimasukkan ke dalam tubuh.

Di ujung lengan robotik tersebut terdapat kamera kecil, lampu, dan peralatan operasi lainnya seperti pisau. Mesin da Vinci akan menghasilkan video 3-Dimensi dengan ketelitian sangat tinggi yang kemudian ditampilkan di konsol tempat dokter duduk.

Dokter dapat melihat bagian dalam tubuh pasien dengan sangat jelas berkat video 3-Dimensi ini. Dokter lalu mengontrol lengan robot dari konsol tempat duduknya untuk melakukan gerakan yang diinginkan.

Operasi robotik da Vinci saat ini paling sering dilakukan pada kasus urologi seperti kanker prostat dan kasus ginekologi (kandungan) seperti tumor jinak atau kanker ganas rahim. Namun, operasi robotik da Vinci juga dapat dilakukan untuk operasi kanker usus besar, operasi kantung empedu, operasi hati, dan operasi pankreas.


Keuntungan

Keuntungan operasi da Vinci adalah:

  • Lengan robotik yang terdapat pada mesin da Vinci memiliki ruang gerak yang jauh lebih luas dibandingkan dengan pergelangan tangan manusia. Lengan robot ini dapat berputar dan bergerak sangat leluasa. Hal ini dapat meningkatkan jangkauan pada organ-organ tubuh yang sulit dicapai dengan operasi biasa, dan meningkatkan akurasi tindakan selama operasi.
  • Mesin da Vinci dapat menghasilkan rekaman video 3-Dimensi yang berdefinisi sangat tinggi dan dapat diperbesar sesuai kebutuhan. Hal ini dapat meningkatkan lapangan pandang dan ketelitian dokter pada saat menjalankan operasi. Dengan video 3-Dimensi beresolusi tinggi ini, dokter dapat menghindari pembuluh darah kecil dan jaringan tubuh lainnya yang mungkin sulit dilihat dengan mata telanjang. Dengan ini, da Vinci dapat menurunkan resiko cedera yang tidak disengaja.
  • Karena operasi robotik da Vinci hanya membutuhkan sayatan kecil pada tubuh pasien dibandingkan dengan teknik operasi yang lain, maka pasien memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat, rasa nyeri yang lebih ringan, bekas luka operasi yang lebih kecil, dan resiko perdarahan dan infeksi yang lebih kecil.


Kekurangan

Meskipun operasi robotik da Vinci merupakan perkembangan yang lebih baik dari teknik-teknik operasi yang lain, setiap prosedur operasi tetap memiliki resiko. Resiko yang mungkin terjadi pada operasi robotik da Vinci antara lain:

  • Saat operasi, dokter kadang menemukan bahwa kondisi anatomi dalam tubuh pasien atau posisi suatu kelainan (misalnya posisi kanker) tidak benar-benar sesuai seperti yang tampak dari hasil pemeriksaan. Akibatnya, operasi robotik da Vinci mungkin tidak dapat dilanjutkan dan perlu diganti menjadi operasi terbuka yang biasa.
  • Waktu yang diperlukan untuk operasi robotik da Vinci lebih lama dari pada operasi terbuka sehingga pasien akan berada dalam efek pembiusan lebih lama.
  • Resiko cedera organ dalam tubuh karena peralatan operasi tetap ada meskipun lebih kecil.


Lama proses pemulihan

Rata-rata pasien yang menjalani operasi robotik da Vinci membutuhkan rawat inap selama 2-3 malam. Namun hal ini sangat bervariasi tergantung jenis penyakit pasien, kondisi kesehatan pasien secara umum, dan factor-faktor lainnya.


List Rumah Sakit

Berikut adalah rekomendasi rumah sakit untuk pengobatan Operasi Robotik da Vinci:

NOTE: Setiap RS memiliki alat medis yang berbeda-beda. Untuk itu, silakan kirimkan & konsultasikan hasil pemeriksaan terbaru Anda dengan tim dokter umum kami di sini untuk mendapat rekomendasi RS yang tepat.


List Dokter Spesialis

Berikut adalah rekomendasi dokter spesialis untuk pengobatan Operasi Robotik da Vinci:

NOTE: Setiap dokter memiliki subspesialis masing-masing. Silakan isi form di sini untuk berkonsultasi dengan tim dokter umum kami terkait diagnosa Anda dan rekomendasi dokter yang tepat.

Artikel di atas merupakan prosedur standar untuk operasi robotik da vinci. Prosedur yang dilakukan dapat berbeda, bergantung pada kondisi pasien dan dokter yang menangani.

Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada tanggal 6 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.

Prosedur Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel seputar prosedur kesehatan lainnya:

Stimulasi Otak Dalam (DBS)
Stimulasi Otak Dalam (DBS)

DBS dapat membantu mengurangi keluhan tremor, kekakuan, perlambatan dan keluhan berjalan yang disebabkan oleh penyakit parkinson, dystonia, atau tremor lainnya.

Program Hamil di Penang
Program Hamil di Penang

Secara umum, program hamil di Penang ada 2, yaitu inseminasi buatan dan bayi tabung. Apa saja perbedaannya?

Endoskopi
Endoskopi

Endoskopi saluran pencernaan atas atau dikenal juga sebagai gastroskopi, adalah prosedur pemeriksaan kerongkongan (esofagus), lambung, dan usus dua belas jari dengan cara memasukkan tabung berukuran tipis yang fleksibel ke dalam mulut.

Mau bertanya lebih lanjut tentang Operasi Robotik da Vinci di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.