Skip to main content

Pengobatan Kanker Tiroid di Penang

icon

Kanker tiroid adalah keganasan pada organ tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher bagian depan. Tiroid termasuk dalam sistem endokrin, yang merupakan sistem yang mengontrol kelenjar dalam menghasilkan hormon.

Penyakit ini banyak ditemukan pada usia dewasa muda dan jarang ditemukan pada anak-anak. Selain itu, angka kejadian pada perempuan ditemukan dua kali lebih banyak dibanding laki-laki.

Penyebab dari kanker tiroid belum diketahui pasti. Namun, diduga penyebabnya adalah peran dari 3 faktor, yaitu:

  1. Faktor hormonal -> kenaikan sekresi hormon yang abnormal
  2. Faktor lingkungan -> paparan radiasi pada leher
  3. Faktor genetik -> riwayat kanker tiroid dalam keluarga

Keluhan utama yang biasanya dikeluhkan pasien adalah adanya benjolan di leher bagian depan yang semakin membesar dan kebanyakan tidak nyeri.

Selain itu, pasien juga bisa mengalami suara serak dan kesulitan menelan, jika tumor sudah mulai menekan jaringan atau organ disekitarnya. Kecurigaan akan keganasan dapat dilihat dari tanda-tanda berikut:

  • Benjolan tunggal
  • Benjolan membesar dengan cepat
  • Adanya riwayat kanker tiroid dalam keluarga
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas


Untuk mendiagnosa kanker tiroid, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Anamnesa

Untuk mendiagnosa penyakit ini, dokter akan melakukan anamnesa untuk mengetahui perjalanan penyakit terutama riwayat benjolan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang.

Dokter akan melakukan perabaan pada kelenjar tiroid untuk melihat ukuran dan konsistensi benjolan, serta memeriksa juga kelenjar-kelenjar leher lainnya.

Pemeriksaan penunjang yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium untuk hormon dan tumor marker, USG, Scan tiroid, dan biopsi.


Untuk mengobati kanker tiroid, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Pembedahan

Kebanyakan penderita kanker tiroid akan menjalani operasi. Dokter bedah dapat melakukan operasi tiroidektomi total (mengangkat seluruh kelenjar tiroid) atau lobektomi (mengangkat sebagian kelenjar tiroid), tergantung pada kondisi pasien.

Tujuan utama dari pembedahan adalah pengangkatan benjolan induk, tapi selain itu, pada operasi juga bisa sekaligus dilakukan pengangkatan kelenjar getah bening di sekitar tiroid yang sudah terkena sel kanker juga.

Terapi Supresi Hormon

Setelah pembedahan, pasien perlu mengkonsumsi obat hormon tiroid sebagai pengganti seumur hidupnya. Ini juga membantu menekan sekresi hormon perangsang tiroid. Jika kadar hormon perangsang tiroid tinggi, sel kanker yang tersisa bisa terstimulasi, sehingga terjadi kambuhnya kanker.

Terapi Radio-Oidin

Terapi ini diberikan pada pasien yang telah menjalani tiroidektomi total dan pada scan tiroid masih tampak sisa sel kanker. Ini adalah salah satu jenis radioterapi internal.

Zat radioaktif diambil sebagai kapsul atau minuman. Sel kanker tiroid akan menyerap yodium radioaktif yang akan menghancurkannya.

Radioterapi

Untuk kasus-kasus yang tertentu dimana pembedahan tidak dapat dilakukan, radioterapi dapat menjadi pilihan. Seluruh tindakan pengobatan dengan radioterapi biasanya akan memakan waktu selama 6 hingga 7 minggu.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter bedah umum, dokter onkologi dan dokter internis (sub. endokrin).

Bila berencana untuk melakukan pengobatan kanker tiroid di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus kanker tiroid.

Ditulis pada tanggal 15 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 9 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Rinitis Alergi
Rinitis Alergi

Rinitis alergi adalah peradangan dari mukosa hidung yang dipicu reaksi alergi setelah mukosa hidung terpapar dengan alergen.

HIV
HIV

Pengobatan HIV/AIDS bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan HIV/AIDS yang dialami dan juga kondisi kesehatan pasien secara umum

Undescended Testis
Undescended Testis

Undescended testis adalah kondisi di mana buah pelir tidak turun dari rongga perut seperti semestinya atau turun secara tidak sempurna.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan kanker tiroid di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.