Skip to main content

Pengobatan Tonsilitis di Penang

icon

Tonsil sering juga disebut sebagai amandel. Organ ini terletak di bagian belakang rongga mulut, di dekat pangkal tenggorokan. Tonsil berfungsi untuk menghasilkan sel darah putih yang melawan bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

Namun, tonsil sendiri dapat terinfeksi oleh bakteri atau virus dan mengalami peradangan. Peradangan pada tonsil dikenal sebagai tonsilitis.

Umumnya, tonsilitis bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya dan dapat membaik dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari. Namun, beberapa kasus tonsilitis yang serius dapat menimbulkan komplikasi seperti kesulitan bernapas, penyebaran infeksi ke jaringan di sekitar tonsil (selulitis tonsillar), dan terkumpulnya nanah di sekitar tonsil (abses peritonsil).

Bila seseorang mengalami gejala tonsilitis seperti sakit tenggorokan, sulit menelan, demam, suara serak, atau mengalami pembengkakan di leher, maka dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap tonsil untuk memastikan jenis tonsilitis yang dialami dan juga tingkat keparahannya. Dokter kemudian akan memilih metode pengobatan yang paling cocok untuk pasien.


Untuk mengobati tonsilitis, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Konsumsi antibiotik dan obat anti-radang

Pro: Antibiotik dapat diresepkan oleh dokter untuk mengatasi tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik dapat menghentikan perkembangbiakan bakteri dan membunuhnya. Obat anti-radang juga dapat diberikan untuk meringankan gejala mengganggu seperti sakit tenggorokan dan nyeri telan.

Sebagian besar kasus tonsilitis dapat ditangani dengan konsumsi obat dan tidak membutuhkan operasi.

Selengkapnya

Con: Obat-obatan antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengatasi tonsilitis yang disebabkan oleh virus. Selain itu, beberapa bakteri tertentu dapat memiliki kekebalan terhadap antibiotik sehingga infeksi sulit dihentikan meskipun penderita telah mengonsumsi antibiotik.

Setiap antibiotik juga memiliki efek samping masing-masing yang akan bervariasi tergantung jenis antibiotiknya.

Masa pemulihan: Antibiotik umumnya dikonsumsi dalam waktu satu minggu. Namun, dokter akan menentukan jenis antibiotik yang digunakan, frekuensi, dan durasi konsumsinya sesuai kondisi masing-masing pasien.

Operasi tonsilektomi

Pro: Tonsilektomi adalah operasi pengangkatan tonsil dari rongga mulut pasien. Operasi ini efektif untuk mengatasi kasus tonsilitis yang terus menerus kambuh, tonsilitis yang berkepanjangan, dan tonsilitis akibat infeksi bakteri yang kebal (resisten) terhadap antibiotik.

Operasi ini juga biasanya disarankan pada kasus tonsilitis yang sudah mengalami komplikasi seperti kesulitan bernapas, obstructive sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur), atau pembesaran abses (kantung berisi nanah) di sekitar tonsil

Selengkapnya

Con: Seperti halnya pembedahan yang lain, tonsilektomi juga memiliki resiko umum operasi seperti resiko perdarahan, resiko infeksi lebih lanjut, dan resiko efek samping obat bius seperti rasa mual, pusing, atau nyeri otot.

Terkadang, terjadi juga pembengkakan dalam rongga mulut paska operasi yang menyebabkan pasien kesulitan bernapas.

Masa pemulihan: Tonsilektomi dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Namun, tergantung pada kondisi pasien, dokter mungkin menyarankan rawat inap di rumah sakit selama satu malam.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter THT.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan tonsilitis di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus tonsilitis.

Ditulis pada tanggal 30 Jun 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Infertilitas
Infertilitas

Infertilitas adalah ketidakmampuan pasangan suami-istri untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual teratur selama minimal 1 tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Lambung
Lambung

Berbentuk seperti buah pear dan terletak diantara esofagus (saluran makan) dan duodenum (usus kecil). Lambung memproduksi cairan asam lambung dan enzim yang akan membantu mencerna makanan dan dinding pada lambung akan berkonstriksi secara reguler.

Miom
Miom

Miom adalah tumor jinak yang muncul akibat pertumbuhan jaringan otot dan jaringan ikat rahim secara berlebihan.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan tonsilitis di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.