Skip to main content

Pengobatan Sinusitis di Penang

icon

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan di dinding sinus. Sinus adalah rongga di dalam tengkorak dan mempunyai hubungan dengan rongga hidung.

Manusia memiliki empat sinus yaitu:

  1. Sinus maksilaris (terletak di pipi)
  2. Sinus ethmoidalis (terletak di dekat kedua mata)
  3. Sinus frontalis (terletak di dahi)
  4. Sinus sfenoidalis (terletak di belakang dahi).

Sinus ini menghasilkan lendir untuk menyaring udara yang dihirup. Jika ada bakteri yang masuk ke dalam rongga ini dan kemudian terjadi inflamasi atau peradangan, dinding sinus membengkak dan saluran pembuangan akan tertutup.

Maka itu, pasien seringkali merasakan gejala seperti hidup tersumbat dan lendir hidung yang semakin kental.


Untuk mengobati sinusitis, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Terapi

Terapi dari penyakit ini meliputi perubahan gaya hidup, konsumsi obat-obatan, dan yang terakhir ada operasi.

Selengkapnya

Perubahan gaya hidup, seperti mandi dengan air hangat, banyak minum air putih, dan banyak istirahat. Kemudian, dokter juga akan memberikan obat-obatan.

Namun, jika semua hal ini sudah dilakukan, gejala sinusitis masih terus kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka harus dilakukan operasi.

Bedah sinus endoskopi fungsional

Dalam bahasa Inggris, pengobatan ini kerap disebut functional endoscopic sinus surgery (FESS). FESS adalah teknik operasi minimal invasif untuk mengembalikan sirkulasi dan fungsi dari sinus. Operasi ini adalah operasi yang paling umum dilakukan saat ini untuk sinusitis.

Prosedurnya adalah dengan memasukan sebuah selang kecil seperti "teleskop" yang ujungnya ada kamera ke dalam rongga hidung. Kemudian, akan dilakukan pembebasan saluran nafas yang tertutup dan kembali memulihkan saluran pembuangan lendir dari sinus dan hidung.

Melalui teleskop ini, dokter bisa melihat semua bagian hidung kita dari depan sampai belakang. Jadi, jika ada kelainan lain seperti polip, juga dapat terdiagnosa dengan FESS ini. Prosedur ini hanya membutuhkan bius lokal dan kebanyakan dapat dilakukan di poli, tidak di ruang operasi.

Selengkapnya

Kelebihan dari operasi FESS :

  • Prosedur ini tidak hanya untuk terapi, tapi juga sekaligus untuk memvisualisasikan rongga hidung dan mendiagnosa secara akurat jika ada kelainan lain.
  • Tidak meninggalkan bekas yang terlihat, serta bekas luka dalam hidung minimal.
  • Semua kasus sinusitis dapat dioperasi dengan FESS.
  • Operasi ini dapat dilakukan oleh semua dokter THT dan bisa dilakukan di semua rumah sakit yang memiliki dokter THT.

Kekurangan dari operasi FESS :

  • Prosedurnya harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa terjadi komplikasi ke mata dan otak. Namun, menurut penelitian, komplikasi yang pernah terjadi kurang dari 0.5%.

Operasi dilatasi balon kateter

Operasi ini dikenal juga dengan balloon sinuplasty. Balloon sinuplasty merupakan teknik operasi mikro invasif dengan tujuan sama dengan FESS, tetapi tanpa merusak jaringan di sekitar sinus. Balloon sinuplasty mengurangi resiko perdarahan, bahkan hampir tidak ada pendarahan sama sekali.

Konsepnya adalah dengan melebarkan rongga sinus dengan menggunakan balon bertekanan tertentu sehingga membentuk ulang rongga sinus. Fungsi sinus akan kembali normal tanpa merusak dinding hidung dan sinus. Operasi ini biasanya dilakukan dengan bius umum.

Selengkapnya

Kelebihan dari operasi balloon sinuplasty:

  • Resiko perdarahan sangat minimal, hampir tidak ada.
  • Tidak merusak jaringan sekitar hidung dan sinus.

Kekurangan dari operasi balloon sinuplasty:

  • Tidak semua dokter menguasai tehnik ini karena ini teknologi yang tergolong baru, dan hanya sebagian rumah sakit yang sudah memiliki fasilitas ini.
  • Tidak semua kasus sinus dapat dioperasi dengan balloon sinuplasty, jika sinusitis terjadi di sinus etmoid maka tidak dapat dilakukan.


Pasien umumnya dapat bertemu dokter THT. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus sinusitis. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 15 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Epilepsi Pada Anak
Epilepsi Pada Anak

Epilepsi ditandai dengan serangan kejang, dan bisa berdampak pada psikologi, kognitif, dan sosial pada penderitanya.

Endometriosis
Endometriosis

Pada kasus endometriosis, jaringan endometrium yang seharusnya tumbuh dalam rongga rahim justru tumbuh di luar rahim.

Bunion
Bunion

Bunion adalah suatu tonjolan di bagian samping pangkal ibu jari kaki yang disebabkan karena adanya kelainan bentuk persendian di area tersebut.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan sinusitis di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.