Skip to main content

Pengobatan Parkinson di Penang

icon

Penyakit parkinson merupakan gangguan saraf akibat penuaan (neurodegeneratif) yang menyerang gerakan atau kontrol terhadap gerakan termasuk bicara. Parkinson adalah penyakit degeneratif kedua tersering setelah demensia alzheimer.

Penyakit ini diakibatkan kerusakan saraf di salah satu bagian otak. Kerusakan saraf ini biasanya dikarenakan kombinasi dari penuaan, genetik, dan racun lingkungan (contohnya: pestisida).

Insiden penyakit parkinson di Amerika sekitar 1 juta orang pada tahun 2010, sedangkan di seluruh dunia penderita mencapai 5 juta orang. Penyakit Parkinson terjadi pada sekitar 1% individu usia 60 tahun dan sekitar 4% pada individu usia 80 tahun.

Penyakit ini kebanyakan dialami individu usia diatas 60 tahun. Penyakit ini lebih banyak ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan.

Penyakit parkinson dicirikan dengan gejala klinis klasik, yaitu:

  • Temor saat istirahat: gerakan pill-rolling (seperti memutar pil pada tangan) pada saat tangan sedang diam atau istirahat
  • Rigiditas (kekakuan): otot menjadi kaku dan lebih sulit bergerak
  • Bradikinesia (kesulitan bergerak): gerakan melambat, reaksi terhadap sesuatu melambat, ekspresi wajah berkurang (masked face/wajah topeng)
  • Postur yang tidak stabil: mudah jatuh, tidak seimbang saat bergerak

Selain itu, biasanya juga ditemukan perubahan perilaku pada pasien parkinson. Perubahan perilaku ini termasuk perubahan karakter, penurunan pembicaraan spontan, depresi, gangguan tidur, dan kecemasan.


Untuk mendiagnosa parkinson, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Anamnesa

Untuk mendiagnosa penyakit ini, dokter akan melakukan anamnesa untuk mengetahui perjalanan penyakit, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Jika setidaknya ditemukan 2 gejala klasik, biasanya diagnosa Parkinson sudah dapat ditegakkan. Jadi sebetulnya penyakit ini sudah dapat ditegakkan tanpa pemeriksaan penunjang lainnya.

Namun, karena penyakit ini biasanya dialami orang-orang tua, MRI dapat dipertimbangkan untuk mengevaluasi diagnosis banding lain seperti stroke, tumor, dll.


Untuk mengobati parkinson, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Pemberian obat-obatan

Terapi utama parkinson biasanya berupa pemberian obat-obatan yang bertujuan untuk menstimulasi sistem saraf pusat dan memperbaiki fungsi saraf yang terganggu.

Selain itu, bermanfaat untuk mengatasi gejala gangguan gerakan sehingga pasien dapat beraktivitas sehari-hari dengan lebih baik.

Stimulasi otak

Terapi lain yang bisa dilakukan pada kasus yang sudah berat adalah stimulasi otak (deep brain stimulation) melalui sebuah elektroda yang ditanam di otak melalui pembedahan. Pengobatan ini juga sudah terbukti secara klinis dapat mengurangi gejala motorik.

Stem cell therapy

Saat ini, terapi yang paling baru dan sedang dikembangkan untuk penyakit parkinson adalah stem cell therapy. Stem sel ini mampu melakukan pembaharuan diri (self-renewing) dan berfungsi mengganti jaringan tubuh yang rusak atau sel-sel yang sudah tua.

Selengkapnya

Terapi ini merupakan alternatif untuk dapat meningkatkan kualitas hidup penderita parkinson. Namun, untuk saat ini stem cell therapy masih dikembangkan di Penang dan belum tersedia untuk pasien. Terapi stem sel saat ini sudah tersedia di Kuala Lumpur, tapi hanya di rumah sakit tertentu.


Pasien umumnya dapat bertemu dokter saraf. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus parkinson. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 22 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Endometriosis
Endometriosis

Pada kasus endometriosis, jaringan endometrium yang seharusnya tumbuh dalam rongga rahim justru tumbuh di luar rahim.

Asam Lambung
Asam Lambung

Asam lambung adalah suatu kondisi yang sering dialami pada semua kelompok usia dan terjadi berulang.

Kista Bartholin
Kista Bartholin

Kelenjar Bartholin yang berukuran sebesar kacang seringnya tidak teraba kecuali bila ada gangguan atau penyakit.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan parkinson di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.