Skip to main content

Pengobatan Diabetes di Penang

icon

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering dialami pada berbagai kelompok usia. Setiap tahun jumlah pasien pengidap diabetes pun semakin bertambah seiring dengan bertambahnya makanan olahan.

Penyakit yang sering dikenal dengan istilah kencing manis ini ditandai dengan meningkatkatnya kadar gula di dalam darah. Bila jumlah glukosa (gula darah) berlebihan akan mengganggu kerja berbagai organ terutama pada pankreas dan ginjal.

Penyebab yang sering terjadi adalah adanya gaya hidup berlebihan dalam mengkonsumsi gula, makanan olahan, susu, minum berkarbonasi, dan tepung.

Konsumsi yang berlebihan akan menyebabkan hormon insulin menjadi lelah dalam menghadapi tingkat glukosa yang berlebihan sehingga dampaknya akan mengakibatkan kerja dari pankreas menjadi rusak dan hormon insulin tidak dapat diproduksi dan menjalankan tugasnya dengan maksimal. Namun tidak sedikit juga yang sering diakibatkan oleh faktor keturunan dan keluarga.

3 tipe diabetes:

  1. Diabetes tipe 1

    Pada diabetes tipe 1 yang dialami pada kelompok usia muda (anak-anak) diakibatkan oleh tidak diproduksinya hormon insulin yang bertugas untuk mengolah glukosa (gula) dalam tubuh kita.

  2. Diabetes tipe 2

    Pada diabetes tipe 2 diakibatkan adanya kerusakan pada pembuatan dan kerja hormon insulin, sehingga gula darah tidak bisa diolah dengan baik.

  3. Gestasional diabetes (diabetes pada kehamilan)

    Pada saat hamil, sensitivitas insulin akan menurun sehingga gula yang dikonsumsi tidak bisa dicerna dengan baik. Penyakit ini akan hilang pada saat sudah melahirkan.

Gejala yang ditimbulkan pada saat awal adalah sering lapar, sering makan dan sering berkemih. Akibat gejala ini pasien sering merasa lebih lemas dan kantuk, makan tetapi berat badan tidak bertambah cenderung menurun.

Pasien juga bisa merasakan keluhan tambahan seperti tangan terasa kebas, mata berkunang-kunang, kulit menjadi gatal, luka sulit sembuh, dan anemia yang disebabkan dampak berkepanjangan dari diabetes (komplikasi).

Komplikasi dari diabetes pun beragam, berjalan lambat dan berbahaya. Komplikasi minor seperti dampak pada saraf, mata, kulit, dan sulitnya penyembuhan pada luka. Pada kasus berbahaya, komplikasi bisa berupa stroke, penyakit jantung, dan ginjal.


Untuk mendiagnosa diabetes, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Pemeriksaan gula darah puasa

Pentingnya dilakukan pemeriksaan rutin untuk menentukan status gula darah terutama bila dijumpai gejala diatas. Pemeriksaan awal yang sering dilakukan adalah pemeriksaan gula darah puasa. Pasien disarankan untuk puasa sekitar 8 jam dan hasil akan keluar saat itu juga.

Selengkapnya

Bila terdapat peningkatan pada kadar gula darah puasa bermakna maka dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti gula darah 2 jam puasa (postprandial) dan HBA1C. Bila ditemukan peningkatan dan gejala bermakna disarankan untuk memulai terapi untuk mengontrol kerja insulin dan pencernaan glukosa didalam tubuh.

Pada pasien dengan diabetes tidak terkontrol sering disarankan untuk melakukan pemeriksaan saraf, kadar ginjal dan ureum, screening jantung dan retina mata melihat bagaimana perjalanan dari penyakit diabetes.

Pentingnya kontrol dan pemeriksaan rutin akan membantu deteksi dini dari gejala awal diabetes dan komplikasinya.Batas nilai normal pemeriksaan diabetes:

  • Gula darah puasa lebih dari atau sama dengan 126 mg/dl
  • Gula darah acak lebih dari atau sama dengan 200 mg/dl
  • HbA1C lebih dari atau sama dengan 6,5%


Untuk mengobati diabetes, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Terapi

Terapi pada diabetes mulai dari pengaturan diet dan pola hidup, obat dan insulin yang harus dilakukan secara multidisiplin agar gula darah dapat terkontrol. Pasien akan disarankan untuk mengatur aktivitas, berat badan, asupan makanan dan penggunaan alkohol dalam jumlah terbatas.

Selengkapnya

Pentingnya penggunaan alas kaki akan membantu mencegah terjadinya luka diabetes yang sulit sembuh. Diharapkan adanya peran keluarga yang memotivasi berjalannya pengobatan juga bermakna pada pasien.

Apabila terjadi kasus emergensi seperti ketoasidosis diabetik atau sindrom hiperglikemi hiperosmolar maka disarankan untuk berobat segera karena diakibatkan kadar gula yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan keracunan dan penurunan kesadaran.

Pasien umumnya dapat bertemu dokter mata, dokter saraf, dokter internis (sub. endokrin) dan dokter internis (sub. ginjal (nefrologi)). Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus diabetes. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 27 Aug 2021.
Diperbaharui terakhir pada tanggal 13 Sep 2021.


Artikel Kesehatan Lainnya:

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Wasir

Hemorrhoid atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di dalam rektum (bagian akhir usus besar) atau pembuluh darah vena di bawah kulit anus mengalami pelebaran.

Undescended Testis

Undescended testis adalah kondisi di mana buah pelir tidak turun dari rongga perut seperti semestinya atau turun secara tidak sempurna.

Leukemia Myeloid Akut (AML)

Pada kasus leukemia myeloid akut, sel blast tipe myeloblast yang seharusnya berkembang menjadi sel darah putih berjumlah terlalu banyak dan bersifat abnormal.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang menyerang bagian perkemihan dari ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan diabetes di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.