Skip to main content

Pengobatan Meningioma di Penang

icon

Meningioma adalah tumor yang terbentuk pada selaput meninges. Selaput ini adalah lapisan pelindung yang membungkus otak dan tulang belakang.

Sebagian besar kasus meningioma merupakan tumor jinak yang memiliki pertumbuhan sangat lambat. Namun, meningioma yang terus membesar dapat menekan otak dan struktur penting di dalamnya seperti pembuluh darah dan persarafan. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan sel saraf di otak.

Meningioma biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala, kejang, penurunan daya ingat, kelemahan kaki dan tangan, serta gangguan penglihatan atau gangguan pendengaran.

Meningioma yang tidak menimbulkan gejala dan tidak tumbuh besar biasanya tidak memerlukan pembedahan. Akan tetapi, bila meningioma terus membesar atau menunjukkan tanda-tanda keganasan, dokter akan menyarankan pembedahan.


Untuk mengobati meningioma, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Pembedahan Craniotomy

Pro: Craniotomy adalah pembedahan terbuka yang sudah umum dilakukan untuk mengatasi meningioma. Pada prosedur ini, dokter akan memotong dan mengangkat sebagian tulang tempurung kepala untuk menjangkau otak. Potongan tulang tersebut kemudian akan dipasang kembali setelah tumor dikeluarkan.

Craniotomy dapat mengatasi meningioma yang berukuran besar. Bila prosedur ini berhasil mengeluarkan seluruh tumor, pasien biasanya tidak membutuhkan radioterapi tambahan sehabis pembedahan.

Selengkapnya

Cons: Craniotomy merupakan suatu operasi mayor yang memiliki banyak resiko. Beberapa resiko craniotomy antara lain berupa perdarahan, infeksi, pembengkakan otak, kejang, terbentuknya bekuan darah di otak, dan bocornya cairan otak (cairan cerebrospinal).

Selain itu, beberapa kasus meningioma tidak dapat dikeluarkan secara total dengan craniotomy karena posisinya yang terlalu berdekatan dengan pembuluh darah atau persarafan penting di otak.

Lama proses pemulihan: Pasien biasanya membutuhkan rawat inap selama 5-7 malam di rumah sakit setelah craniotomy. Namun, durasi ini dapat bervariasi tergantung kondisi masing-masing pasien.

Radiosurgery dengan Gamma Knife

Pro: Radiosurgery merupakan teknik "pembedahan" yang sama sekali tidak melibatkan pisau. Teknik ini menggunakan radiasi sinar berenergi tinggi untuk menghancurkan sel-sel tumor.

Gamma knife adalah radiosurgery yang sering dilakukan untuk meningioma. Radiasi sinar gamma hanya membutuhkan waktu singkat, cocok dilakukan untuk pasien yang kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk operasi, dan memiliki resiko yang jauh lebih rendah karena bukan merupakan pembedahan terbuka.

Selain itu, radiasi sinar gamma juga memiliki akurasi yang tinggi sehingga tidak merusak struktur di sekitar tumor.

Selengkapnya

Cons: Gamma knife biasanya hanya dapat dilakukan untuk tumor yang berukuran kurang dari 3 cm. Tumor yang berukuran lebih besar biasanya membutuhkan pembedahan terbuka.

Selain itu, gamma knife juga masih memiliki beberapa efek samping seperti sakit kepala, mual, muntah, rasa letih, dan hilangnya sedikit rambut di area yang disinari.

Lama proses pemulihan: Proses pemulihan setelah menjalani gamma knife berlangsung sangat cepat bila dibandingkan dengan craniotomy. Pasien biasanya hanya memerlukan rawat inap satu malam sebelum tindakan dilakukan. Setelah selesai prosedur, pasien biasanya dapat meninggalkan rumah sakit di hari yang sama.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter bedah saraf.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan meningioma di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus meningioma.

Ditulis pada tanggal 14 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Lipoma
Lipoma

Lipoma adalah suatu tumor jinak yang terbentuk dari jaringan lemak. Benjolan lipoma dapat muncul pada bagian tubuh mana pun.

Prostat
Prostat

Hiperplasia prostat jinak adalah suatu penyakit dimana terjadi pembesaran kelenjar prostat non-kanker yang disebabkan oleh gangguan produksi hormon prostat.

Kanker Kolorektal
Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal adalah keganasan pada usus besar, terdiri dari kolon (bagian terpanjang dari usus besar) atau rektum (bagian kecil terakhir dari usus besar sebelum anus).

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan meningioma di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.