Skip to main content

Pengobatan Meningioma dgn Gamma Knife di Malaysia

Tiap tahun ada ratusan ribu orang Indonesia yang berobat ke Malaysia, salah satunya untuk pengobatan Meningioma dgn Gamma Knife.

Arti Pengobatan RS
icon

Definisi

Gamma knife adalah prosedur bedah dengan menggunakan radiasi sinar gamma. Berbeda dengan teknik bedah terbuka yang biasanya dilakukan, prosedur gamma knife sama sekali tidak menggunakan pisau dan tidak melibatkan sayatan pada tubuh pasien.

Alat ini memancarkan sinar yang fokus kepada sel-sel tubuh abnormal guna menghentikan pertumbuhannya dan menyusutkannya. Akurasi yang tinggi terhadap sel abnormal ini membuat sinar gamma knife tidak berbahaya bagi jaringan sehat di sekitarnya.

Gamma knife sering digunakan pada kasus tumor otak, baik yang bersifat jinak maupun ganas (kanker). Selain itu, gamma knife juga dapat digunakan untuk menangani kasus tumor kelenjar pituitari, tumor selaput otak (meningioma) dan tumor saraf penghubung telinga dengan otak (akustik neuroma).

Beberapa kasus bukan tumor juga dapat diterapi dengan menggunakan gamma knife. Contohnya adalah nyeri saraf trigeminal dan malformasi pembuluh darah.

Sebelum menentukan apakah seseorang cocok untuk menjalani prosedur gamma knife, dokter perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah CT-scan kepala, MRI kepala, atau angiogram otak bila diperlukan. Jika pasien dinyatakan cocok untuk menjalani gamma knife, maka dokter akan memberikan instruksi untuk persiapan lebih lanjut.


Pengobatan

Keuntungan

Beberapa keuntungan dari penggunaan gamma knife adalah:

  • Sinar gamma yang dipancarkan mampu mencapai bagian otak yang lebih dalam dan yang sulit dijangkau dengan teknik bedah terbuka.
  • Gamma knife dapat menjadi pilihan bagi pasien yang kondisi fisiknya tidak memungkinkan untuk bedah terbuka. Contohnya adalah pasien yang berusia tua atau yang memiliki kondisi kesehatan buruk.
  • Prosedur tidak melibatkan sayatan kulit kepala, pembukaan tulang tengkorak, maupun irisan pada otak. Pasien terbebas dari resiko perdarahan, infeksi, dan rasa sakit. Jaringan sekitar target juga tidak mengalami kerusakan karena akurasi gamma knife yang tinggi.
  • Waktu yang diperlukan untuk prosedur gamma knife relatif singkat, yaitu sekitar 30 menit hingga beberapa jam. Hal ini akan tergantung pada ukuran tumor dan kondisi masing-masing pasien.
  • Pasien dapat kembali beraktivitas seperti normal dalam beberapa hari.

Kekurangan

Kekurangan dari penggunaan gamma knife adalah adanya beberapa efek samping yang mungkin terjadi paska tindakan. Efek samping ini pada umumnya bersifat sementara.

  • Sakit kepala, mual, atau muntah
  • Rasa letih dan lesu selama beberapa minggu setelah gamma knife
  • Pembengkakan pada otak beberapa bulan setelahnya
  • Rasa perih pada kulit kepala atau hilangnya sedikit rambut pada area yang disinari jika posisi tumor berada tepat di bawah kulit kepala

Lama Proses Pemulihan

Proses pemulihan paska gamma knife sangat cepat bila dibandingkan dengan pemulihan paska pembedahan terbuka. Rata-rata pasien yang menjalani prosedur gamma knife dapat meninggalkan rumah sakit pada hari yang sama. Bila rawat inap diperlukan, maka biasanya pasien hanya membutuhkan waktu 1-2 malam. Durasi ini sangat singkat bila dibandingkan dengan durasi rawat inap bedah terbuka yang dapat mencapai 14 hari.

Estimasi Biaya Berobat

Berikut perkiraan biaya penggunaan gamma knife:
Di Kuala Lumpur, Malaysia: RM 35.000 - 50.000
Di Singapura SGD 12.000 - 17.000

PENTING: Biaya di atas adalah perkiraan. Biaya operasi bisa berubah tergantung kondisi pasien atau komplikasi yang terjadi.



List Rumah Sakit

Berikut adalah rekomendasi rumah sakit untuk pengobatan Meningioma dgn Gamma Knife:

NOTE: Setiap RS memiliki alat medis yang berbeda-beda. Untuk itu, silakan kirimkan & konsultasikan hasil pemeriksaan terbaru Anda dengan tim dokter umum kami di sini untuk mendapat rekomendasi RS yang tepat.


List Dokter Spesialis

Berikut adalah rekomendasi dokter spesialis untuk pengobatan Meningioma dgn Gamma Knife:

NOTE: Setiap dokter memiliki subspesialis masing-masing. Silakan isi form di sini untuk berkonsultasi dengan tim dokter umum kami terkait diagnosa Anda dan rekomendasi dokter yang tepat.

Artikel di atas merupakan prosedur standar untuk meningioma dgn gamma knife. Prosedur yang dilakukan dapat berbeda, bergantung pada kondisi pasien dan dokter yang menangani.

Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada tanggal 8 Apr 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.

Prosedur Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel seputar prosedur kesehatan lainnya:

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy
Laparoscopic Sleeve Gastrectomy

Sebagai alternatif bedah bypass, operasi bariatrik dapat dilakukan dengan teknik laparoskopi. Prosedur ini bertujuan membuang sekitar 80% bagian lambung.

Operasi Bariatik Bypass
Operasi Bariatik Bypass

Operasi bariatrik adalah pembedahan yang dilakukan untuk mengurangi berat badan penderita obesitas. Teknik yang paling umum dilakukan adalah dengan cara bypass (bedah terbuka).

Pap Smear
Pap Smear

Pap smear adalah suatu metode yang aman, murah, cepat, tanpa rasa nyeri dan juga mudah dikerjakan. Pap smear mampu mendeteksi lesi prakanker pada stadium awal, sehingga dapat ditangani sejak dini dan kemungkinan sembuh jauh lebih besar.

Mau bertanya lebih lanjut tentang Meningioma dgn Gamma Knife di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.