Skip to main content

Pengobatan Lambung di Penang

icon

Lambung adalah salah satu organ yang sering kita gunakan dalam sehari-hari. Salah satu organ internal yang bekerja untuk mencerna makanan. Berbentuk seperti buah pear dan terletak diantara esofagus (saluran makan) dan duodenum (usus kecil).

Lambung memproduksi cairan asam lambung dan enzim yang akan membantu mencerna makanan dan dinding pada lambung akan berkonstriksi secara reguler.

Pada mulut lambung, tempat masuk makanan dari esofagus, terdapat pintu masuk yang disebut dengan lower esophageal spincther, berguna untuk mencegah makanan kembali naik keatas (reflux).

Jenis gangguan pada lambung

  • Gastroesophageal reflux disease (GERD): kondisi yang diakibatkan melemahnya pintu masuk usus, sehingga makanan dan asam lambung dapat kembali ke esofagus. Menimbulkan gejala seperti rasa panas pada dada.
  • Dyspepsia: kumpulan gejala ringan yang disebabkan oleh lambung. Rasa tidak nyaman ini dapat berupa kembung, mual, terasa penuh, mulut terasa asam dan nyeri ulu hati.
  • Peptic ulcer (ulkus peptikum): adanya luka pada dinding lambung. Bila ada makanan masuk dan asam meningkat akan mengakibatkan rasa nyeri pada ulu hati.
  • Gastritis: inflamasi/infeksi pada lambung, sering disertai dengan keluhan mual dan nyeri ulu hati. Penyebabnya pun beragam dari Infeksi H.Pylori, alkohol, kopi/teh, penggunaan obat yang mengiritasi lambung.
  • Kanker lambung: jenis kanker ini termasuk yang cukup jarang muncul.
  • Perdarahan lambung: kondisi menahun dari inflamasi, ulkus dan kanker akan mengakibatkan perdarahan. Gejala yang ditimbulkan berupa tinja atau muntah berwarna kehitaman. Kasus ini merupakan kasus darurat dan membutuhkan penanganan segera.
  • Gastroparesis: adanya gangguan pada pergerakan lambung, sehingga menjadi lebih lambat untuk pengosongan.
  • Polip lambung: tumor jinak yang menyerang lambung. Sering menimbulkan gejala tidak nyaman pada ulu hati.


Untuk mendiagnosa lambung, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Gastroskopi

Gastroskopi atau yang lebih dikenal dengan endoskopi lambung adalah salah satu prosedur yang memperlihatkan bagaimana gambaran visual langsung pada saluran makanan (esofagus), lambung sampai usus kecil.

Prosedur dilakukan dengan memasukkan pipa panjang dan fleksibel ke dalam lambung (gastroscope). Pipa ini akan masuk melalui mulut dan perlahan akan terdorong ke dalam saluran makanan, lambung dan usus kecil.

Selengkapnya

Pemeriksaan ini sering digunakan untuk screening awal apakah ada masalah pada saluran pencernaan, polip usus dan bisa dilakukan biopsi. Bahkan prosedur ini bisa dilakukan untuk tatalaksana mengangkat benda asing yang tertelan, polip, ulkus, dan tumor pada lambung.

Sebelum melakukan prosedur ini pasien akan disarankan puasa sehari sebelumnya sekitar 6-8 jam. Gastroskopi berlangsung selama 15 menit, bisa lebih lama bila dilakukan tindakan.

Pada saat dilakukan pemeriksaan, pasien akan diberikan anestesi lokal pada kerongkongan agar tidak terasa nyeri. Pada kelompok umur yang lebih muda, bisa diberikan injeksi sedatif.

X Ray, CT scan dan MRI abdomen

X Ray, CT scan dan MRI abdomen: memperlihatkan bagaimana struktur dari lambung dan isi abdomen lainnya

Barium swallow

Untuk memperlihatkan apakah ada struktur dan dinding dari esofagus dan lambung yang mengalami penyempitan atau kerusakan.

Selengkapnya

Pasien akan diminta untuk menelan barium dan dilakukan pemeriksaan rontgen kemudian. Dapat mendiagnosis kasus seperti volvulus dan ulkus pada lambung dan esofagus.

Biopsi lambung

Untuk menentukan tipe dari jenis kanker atau penyebab infeksi. Sampel diambil saat dilakukan endoskopi.

Infeksi H. Pylori

pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan sampel dari darah atau tinja. Dapat juga dilakukan dengan urea breath test. Termasuk jenis bakteri yang sering menyebabkan gastritis.

PH testing

Menggunakan selang yang dimasukkan dari hidung ke esofagus, tingkat keasaman dari lambung dapat dinilai. Pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk mendiagnosis GERD.


Pengobatan sakit lambung untuk setiap pasien bervariasi, bergantung pada hasil pemeriksaan di atas.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter internis (sub. gastrologi & hepatologi).

Bila berencana untuk melakukan pengobatan lambung di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus lambung.

Ditulis pada tanggal 7 Okt 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Batu Ginjal
Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terbentuk akibat penumpukan zat-zat sisa dari darah seperti kalsium dan asam urat.

Hydrosalpinx
Hydrosalpinx

Hydrosalpinx adalah kondisi di mana tuba falopi seorang wanita tersumbat oleh cairan. Tuba falopi adalah sepasang saluran yang terletak di sisi kiri dan kanan rahim dan berfungsi untuk menghubungkan rahim dengan ovarium (indung telur).

Hepatitis B
Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB).

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan lambung di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.