Skip to main content

Pengobatan Ablasio Retina di Penang

icon

Bola mata manusia dibungkus oleh tiga lapisan utama yaitu lapisan sklera yang berwarna putih di bagian paling luar, lapisan uvea di bagian tengah, dan lapisan retina di bagian paling dalam.

Retina memiliki fungsi yang paling vital dalam penglihatan karena lapisan ini memiliki sel-sel saraf sensorik yang dapat meneruskan cahaya yang diterima oleh mata ke sel-sel otak.

Apabila retina rusak, gambaran yang diterima oleh mata tidak dapat diantarkan kepada sel-sel otak sehingga otak tidak dapat "menerjemahkan" pandangan tersebut dan penderita tidak dapat melihat.

Retinal detachment atau ablasio retina adalah kondisi di mana retina terlepas dari jaringan di dasarnya yang mengandung banyak pembuluh darah.

Hal ini menyebabkan sel-sel retina tidak mendapatkan oksigen dan zat makanan sehingga sel-sel tersebut mengalami kerusakan.

Retina dapat terlepas akibat pertambahan usia, cedera mata, diabetes, riwayat operasi katarak yang kompleks, radang mata, atau pun tumor mata.

Gejala yang muncul adalah tampaknya floaters (bintik-bintik hitam) pada lapangan pandang, tampaknya sebuah tirai yang menutupi penglihatan, atau pun hilangnya penglihatan secara mendadak.

Ablasio retina adalah kondisi gawat darurat. Kondisi ini membutuhkan penanganan segera untuk dapat menyelamatkan sel-sel retina sebelum terjadi kerusakan yang permanen.

Dokter akan memeriksa kondisi retina terlebih dahulu sebelum menentukan metode penanganan yang paling sesuai.


Untuk mengobati ablasio retina, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Fotokoagulasi dan Cryopexy

Pro: Fotokoagulasi adalah penggunaan laser untuk melekatkan kembali retina yang robek atau berlubang pada jaringan di dasarnya. Metode ini tidak invasif dan tidak melibatkan pembedahan sehingga memiliki resiko yang relatif rendah.

Cryopexy merupakan opsi lain yang bertujuan sama dengan fotokoagulasi yaitu untuk melekatkan kembali retina yang robek atau berlubang pada jaringan di dasarnya. Namun, cryopexy menggunakan sistem pembekuan dengan suhu dingin dan tidak menggunakan laser.

Selengkapnya

Con: Kedua metode ini hanya efektif untuk menangani kasus robekan atau adanya lubang pada retina yang belum benar-benar terlepas. Bila retina sudah terlepas, biasanya tindakan pembedahan yang lebih invasif akan dibutuhkan.

Lama masa pemulihan: Fotokoagulasi dan cryopexy dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Dalam hal ini, pasien tidak perlu menjalani rawat inap di rumah sakit. Setelah selesai tindakan, pasien biasanya disarankan untuk menghindari aktivitas fisik yang berat selama beberapa minggu.

Pneumatic Retinopexy

Pro: Pada prosedur ini, dokter akan menyuntikkan gas ke dalam bola mata. Gas ini dapat mendorong retina yang terlepas kembali ke tempatnya tanpa pembedahan.

Setelah itu, gas akan secara alami diserap oleh sel-sel mata sehingga tidak membutuhkan operasi lebih lanjut untuk mengeluarkannya. Fotokoagulasi dan cryopexy juga dapat dilakukan bersama prosedur ini untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal bila diperlukan.

Selengkapnya

Con: Retinopexy bersifat efektif untuk menangani kasus lepasnya retina yang minor. Bila lapisan retina yang terlepas lebih luas, maka metode yang lebih invasif mungkin dibutuhkan.

Selain itu, pneumatic retinopexy juga memiliki resiko seperti munculnya jaringan parut yang dapat menyebabkan terjadinya lagi robekan atau lepasnya retina di kemudian hari.

Lama masa pemulihan: Retinopexy dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Dalam hal ini, pasien biasanya tidak perlu menjalani rawat inap di rumah sakit. Setelah selesai tindakan, pasien disarankan untuk menghindari aktivitas fisik yang berat selama beberapa minggu.

Scleral Buckling

Pro: Metode ini adalah tindakan pembedahan di mana dokter akan menjahit suatu pita silikon ke permukaan luar mata (sklera). Jahitan pita ini akan menekan sklera ke arah retina sehingga menempelkan kembali retina pada dasarnya.

Kelebihan dari prosedur ini adalah dokter dapat menangani kasus robekan retina di lebih dari satu titik dan dapat juga menangani kasus terlepasnya retina yang lebih luas.

Pita silikon yang digunakan biasanya akan bertahan secara permanen dan tidak membutuhkan operasi susulan untuk pelepasannya.

Selengkapnya

Con: Pada kasus robekan atau terlepasnya retina yang sangat luas, dokter mungkin perlu melakukan tindakan yang lebih invasif.

Selain itu, scleral buckling juga memiliki resiko seperti infeksi, terjadinya katarak, munculnya robekan retina yang baru, perdarahan, dan meningkatnya tekanan bola mata.

Lama masa pemulihan: Scleral buckling umumnya dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Namun, tergantung pada kondisi pasien, ada kemungkinan pasien akan diminta untuk menjalani rawat inap selama satu malam.

Vitrectomy

Pro: Vitrectomy adalah tindakan bedah untuk kasus ablasio retina yang paling luas. Pada metode ini, cairan yang berkonsistensi seperti gel (vitreous) di dalam mata akan dikeluarkan dan diganti dengan suntikan udara atau minyak silikon. Udara atau minyak silikon ini akan mendorong retina yang terlepas kembali ke tempatnya.

Tindakan ini juga dapat mengatasi kasus pembuluh darah yang rusak di retina, cedera mata yang lebih serius, dan berkerutnya retina.

Selengkapnya

Con: Vitrectomy merupakan tindakan bedah yang paling invasif untuk kasus ablasio retina dibandingkan dengan metode lainnya. Resiko yang mungkin timbul akibat vitrectomy adalah meningkatnya tekanan dalam bola mata, terjadinya perdarahan, atau terjadinya infeksi.

Selain itu, apabila dokter menggunakan minyak silikon, maka minyak tersebut mungkin perlu dikeluarkan beberapa bulan setelahnya dengan operasi susulan.

Lama masa pemulihan: Vitrectomy umumnya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Namun, tergantung pada kondisi mata pasien, ada kemungkinan pasien akan diminta untuk menjalani rawat inap selama satu malam.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter mata.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan ablasio retina di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus ablasio retina.

Ditulis pada tanggal 19 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 9 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Miom
Miom

Miom adalah tumor jinak yang muncul akibat pertumbuhan jaringan otot dan jaringan ikat rahim secara berlebihan.

Carpal Tunnel Syndrome
Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal, merupakan salah satu penyakit gangguan saraf pada pergelangan tangan yang sering ditemukan.

Berobat Keratokonjungtivitis di Malaysia
Berobat Keratokonjungtivitis di Malaysia

Keratokonjungtivitis adalah gabungan dari peradangan kornea (keratitis) dan peradangan konjungtiva (konjungtivitis).

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan ablasio retina di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.