Skip to main content

Pengobatan Kanker Nasofaring di Penang

icon

Kanker nasofaring adalah tumor ganas yang berasal dari sel nasofaring. Nasofaring adalah bagian dari tenggorokan yang dimulai dari bagian belakang hidung sampai ke belakang langit-langit rongga mulut.

Penyebab kanker nasofaring diduga adalah infeksi virus Epstein-Barr, yang dipengaruhi juga dengan faktor genetik, faktor lingkungan, dan gaya hidup. Banyak mengkonsumsi makanan yang diawetkan atau tinggi garam seperti ikan asin, diduga meningkatkan faktor resiko terkena kanker nasofaring.

Kanker nasofaring dapat terjadi pada semua usia, tapi terutama pada orang dewasa usia 50-60 tahun. Selain itu, kanker nasofaring lebih banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan, dengan perbandingan 2:1.

Gejala yang biasanya dialami penderita kanker nasofaring adalah:

  • Teraba adanya benjolan di leher
  • Nyeri tenggorokan
  • Hidung tersumbat dan sering mengalami mimisan
  • Adanya gangguan pendengaran: rasa penuh, nyeri, dan berdenging pada telinga
  • Jika tumor sudah menjalar ke dasar tengkorak, dapat terjadi gangguan pada saraf. Gejala yang dapat dialami berupa gangguan penglihatan, bergesernya bola mata, gangguan pengecapan, dan nyeri kepala.
  • Nyeri wajah dan leher
  • Nyeri pada tulang dan gangguan fungsi organ lain dapat timbul jika kanker sudah menyebar
  • Kelelahan dan penurunan berat badan


Untuk mengobati kanker nasofaring, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Radioterapi

Untuk terapi kanker nasofaring, saat ini radioterapi masih merupakan terapi utama. Selain radioterapi, kemoterapi juga sering diberikan bersamaan sebagai terapi adjuvant (tambahan).

Selengkapnya

Kombinasi radioterapi dan kemoterapi selama ini memberikan hasil yang cukup memuaskan dan dapat memberikan kesembuhan total bagi pasien, walaupun dengan efek samping yang cukup berat.

Pembedahan diseksi leher

Jika radioterapi dan kemoterapi sudah selesai tapi ada benjolan di leher yang tidak hilang atau muncul kembali, dapat dilakukan pembedahan diseksi leher, tetapi dengan syarat bahwa tumor induknya sudah hilang, dibuktikan dengan pemeriksaan radiologi.


Pasien umumnya dapat bertemu dokter THT dan dokter onkologi. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus kanker nasofaring. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 22 Jul 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 8 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Hydrosalpinx
Hydrosalpinx

Hydrosalpinx adalah kondisi di mana tuba falopi seorang wanita tersumbat oleh cairan. Tuba falopi adalah sepasang saluran yang terletak di sisi kiri dan kanan rahim dan berfungsi untuk menghubungkan rahim dengan ovarium (indung telur).

Bunion
Bunion

Bunion adalah suatu tonjolan di bagian samping pangkal ibu jari kaki yang disebabkan karena adanya kelainan bentuk persendian di area tersebut.

Trombosis Vena Dalam
Trombosis Vena Dalam

Penyakit trombosis vena dalam adalah kondisi di mana terbentuk bekuan darah dalam pembuluh darah vena dalam, sehingga mengakibatkan penyumbatan sebagai atau total sehingga aliran darah terganggu.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan kanker nasofaring di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.