Skip to main content

Pengobatan Asam Lambung di Penang

icon

Asam lambung adalah suatu kondisi yang sering dialami pada semua kelompok usia dan terjadi berulang. Salah satu dari gejala yang sering dikeluhkan adalah adanya rasa tidak nyaman pada ulu hati.

Keluhan ini sering sulit dibedakan oleh sakit dada pada jantung dikarenakan dari lokasi jantung dan lambung yang cukup dekat.

Keluhan lain yang sering ditimbulkan adalah mual, muntah, kembung, susah buang air besar, bau mulut, sulit menelan, cegukan, bahkan rasa panas pada dada.


Untuk mendiagnosa asam lambung, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Ultrasonography

Ultrasonography atau yang lebih dikenal dengan USG adalah prosedur pemeriksaan yang menggunakan gelombang frekuensi suara yang dapat menampilkan organ di dalam tubuh.

Selengkapnya

Pemeriksaan USG sangat digemari untuk yang ingin melakukan screening dikarenakan kurang invasif, tidak menimbulkan rasa tidak nyaman, tidak perlu persiapan khusus, dan pasien dapat sadar penuh saat pemeriksaan berlangsung (kurang lebih 10 menit).

Yang akan terlihat adalah penampakan dari ruang organ yang diperiksa. Tetapi pemeriksaan ini tidak dapat menggambarkan sejauh mana asam lambung memberikan dampak dan apa penyebab keluhan. Oleh karena itu, akan dilakukan pemeriksaan tambahan berupa gastroskopi.

Gastroskopi

Gastroskopi atau yang lebih dikenal dengan endoskopi lambung adalah salah satu prosedur yang memperlihatkan bagaimana gambaran visual langsung pada saluran makanan (esofagus), lambung, sampai usus kecil.

Selengkapnya

Prosedur dilakukan dengan memasukkan pipa panjang dan fleksibel ke dalam lambung (gastroscope). Pipa ini akan masuk melalui mulut, perlahan akan terdorong kedalam saluran makanan, lambung, dan usus kecil.

Pemeriksaan ini sering digunakan untuk screening awal apakah ada masalah pada saluran pencernaan, polip usus, dan bisa dilakukan biopsi. Bahkan, prosedur ini bisa dilakukan untuk tatalaksana mengangkat benda asing yang tertelan, polip, ulkus, dan tumor pada lambung.

Sebelum melakukan prosedur ini pasien akan disarankan puasa sehari sebelumnya sekitar 6-8 jam. Gastroskopi berlangsung selama 15 menit, bisa lebih lama bila dilakukan tindakan.

Pada saat dilakukan pemeriksaan, pasien akan diberikan anestesi lokal pada kerongkongan agar tidak terasa nyeri.

Pada kelompok umur yang lebih muda, bisa diberikan injeksi sedatif. Setelah pemeriksaan selesai, pasien bisa langsung pulang bila diberikan anestesi lokal. Jika menggunakan sedatif, disarankan menginap 1 malam (24 jam) sampai perasaan mengantuk hilang.

Hasil akan dibacakan saat itu juga, setelah prosedur selesai dilakukan dan akan diberikan terapi untuk mengatasi keluhan. Terapi yang dapat diberikan sangat beragam mulai obat rutin, bagaimana cara makan yang benar, sampai tindakan.


Terapi yang dapat diberikan sangat beragam mulai obat rutin, bagaimana cara makan yang benar, sampai tindakan lanjutan (jika diperlukan).

Pasien umumnya dapat bertemu dokter internis (sub. gastrologi & hepatologi). Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus asam lambung. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 13 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Lupus
Lupus

Lupus adalah salah satu penyakit autoimun.

Kanker Ovarium
Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan keganasan pada indung telur yang terletak di setiap sisi rahim pada rongga panggul.

TBC
TBC

TBC atau tuberculosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan asam lambung di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.