Skip to main content

Opsi Pengobatan Osteoarthritis (OA): Perlu TKR?

Osteoarthritis merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyerang persendian baik itu wanita maupun pria di usia 40-an. Bertambahnya usia membuat bantalan bertambah aus dan lama kelamaan menipis. Kondisi ini bisa memburuk jika pasien tidak segera melakukan pengobatan.

Stadium awal

Tindakan operasi tidak perlu dilakukan jika penyakit ini masih berada di tahap awal. Ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan, bergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Menurut Dr Ng Khai Oon, dokter ortopedi di RS Island hospital, pengobatan untuk penyakit pengapuran sendi stadium awal adalah:

Obat-obatan. Obat-obatan yang dianjurkan diantaranya adalah obat anti-inflamasi, anti-nyeri, muscle relaxer, atau relaksan otot.

Suplemen. Glucosamine, chondroitin, atau fish oil adalah contoh suplemen yang sangat dianjurkan untuk penderita OA. Untuk permulaan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis tepat untuk konsumsi aneka suplemen di atas.

Mengurangi berat badan. Berat badan berlebih dapat memberikan ekstra tekanan atau beban sendi lutut. Bagi pasien dengan obesitas, dokter akan menyarankan pasien untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga, mengatur pola makan, dan menghindari makanan berlemak tinggi.

Mengatur aktivitas fisik. Naik turun tangga, angkat beban berat, jongkok, dan berlutut merupakan contoh kegiatan yang memberikan banyak tekanan pada sendi lutut. Pasien yang bantalannya sudah mulai menipis disarankan untuk menghindari aktivitas-aktivitas tsb.

Suntikan oli, gel, atau steroid. Suntikan-suntikan ini sendiri biasanya diberikan dokter dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Stadium akhir

Pada stadium ini, pemberian obat-obatan, suplemen, ataupun suntikan tidak akan terlalu banyak membantu pasien. Satu-satunya opsi yang bisa dilakukan agar pasien bisa sembuh adalah dengan melakukan operasi total knee replacement .

Dokter biasanya merekomendasikan operasi penggantian lutut jika kondisi pasien osteoarthritis (OA) sudah parah.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 23 Des 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 18 Feb 2022.


Dr. Ng Khai Oon

Dr. Ng Khai Oon

Dokter Tulang (ortopedi)
(sub. Joint Reconstruction)
Island Hospital

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Hal Yang Harus Dihindari Paska Operasi Total Knee Replacement
Hal Yang Harus Dihindari Paska Operasi Total Knee Replacement

Setelah operasi total knee replacement, pasien dapat bergerak dengan nyaman. Hindari 2 hal berikut supaya implan tahan lama

3 Komplikasi Operasi Total Knee Replacement
3 Komplikasi Operasi Total Knee Replacement

Setiap tindakan operasi memiliki kemungkinan untuk terjadinya komplikasi, tak terkecuali operasi total knee replacement. Apa saja komplikasi yang bisa terjadi?

Apa itu Total Knee Replacement
Apa itu Total Knee Replacement

Untuk mengobati pengapuran sendi lutut yang sudah parah, dokter biasanya menyarankan pasien untuk melakukan operasi penggantian lutut atau total knee replacement (TKR). Baca lengkap untuk mengetahui prosedur operasi dan penyembuhan paska tindakannya.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.