Skip to main content

Apa Itu Total Knee Replacement

Total knee replacement (TKR) atau operasi penggantian lutut adalah tindakan medis yang dilakukan untuk mengganti sendi lutut yang rusak dengan sendi lutut buatan (tiruan) agar pasien bisa melakukan rutinitas sebagaimana mestinya tanpa sakit atau tidak nyaman pada saat menggerakan sendi lutut.

Prosedur Operasi TKR

Operasi penggantian sendi lutut ini umumnya berlangsung antara 60 sampai 90 menit.

Menurut Dr Ng Khai Oon, dokter bedah ortopedi di RS Island hospital, secara sederhana prosedur ini dibagi dalam 4 tahap:

Pembiusan separuh atau total

Pembiusan separuh maksudnya pasien masih sadar saat operasi tapi mengalami baal pada bagian tubuh yang dibius sehingga tidak merasakan nyeri. Sedangkan bius total membuat pasien benar-benar tidak sadar selama proses operasi berlangsung.

Pemotongan pada sendi yang rusak atau aus

Setelah obat bius bekerja, dokter akan melakukan pemotongan pada sendi lutut dan tulang kering yang rusak atau aus dengan teliti.

Pemasangan logam di tulang lutut dan tulang kering

Pada bagian tulang yang sudah dipotong. baik pada tulang lutut maupun tulang kering, dokter akan menggantinya dengan logam dan merekatkannya dengan semen. Logam yang digunakan ini biasanya terbuat dari alloy yang juga kerap disebut kobalt kromium.

Pemasangan bantalan tiruan di antara kedua logam

Terakhir, dokter akan memasang bantalan tiruan di antara kedua logam tadi. Tujuan pemasangan ini supaya tulang lutut dan tulang kering dapat bergerak mulus tanpa adanya gesekan. Bantalan yang terbuat dari polyethylene dapat digunakan dalam jangka waktu panjang.

Paska Operasi TKR

Setelah operasi berakhir, pasien perlu menginap di rumah sakit kurang lebih 5-7 hari. Dalam prosesnya, pasien akan:

Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Dua hari pertama paska operasi TKR, pasien biasanya akan merasa kesakitan. Untuk mengurangi rasa nyeri ini, dokter akan meresepkan obat anti nyeri, seperti ibuprofen, codeine, dan naproxen.

Menggerakan lutut

Di hari ke-2 atau ke-3 paska operasi di mana rasa nyeri sudah mulai berkurang, dokter akan menyarankan pasien untuk latihan duduk atau berjalan dengan menggunakan alat bantu (walking frame).

Proses penyembuhan luka sehabis operasi biasanya memakan waktu sekitar 2 minggu. Sedangkan untuk pemulihan total di mana pasien sudah bisa berjalan tanpa alat bantu lagi, dibutuhkan waktu 3 sampai 4 minggu.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 6 Jan 2022
Diperbaharui terakhir pada tanggal 31 Jan 2022.


Dr. Ng Khai Oon

Dr. Ng Khai Oon

Dokter Tulang (ortopedi)
(sub. Joint Reconstruction)
Island Hospital

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Opsi Pengobatan Osteoarthritis (OA): Perlu TKR?
Opsi Pengobatan Osteoarthritis (OA): Perlu TKR?

Pengobatan untuk pasien osteoarthritis bergantung pada tingkat keparahannya. Apakah pasien harus operasi penggantian lutut atau TKR? Cek opsi-opsi pengobatannya di sini.

3 Komplikasi Operasi Total Knee Replacement
3 Komplikasi Operasi Total Knee Replacement

Setiap tindakan operasi memiliki kemungkinan untuk terjadinya komplikasi, tak terkecuali operasi total knee replacement. Apa saja komplikasi yang bisa terjadi?

Apa itu Pengapuran Sendi atau Osteoarthritis OA
Apa itu Pengapuran Sendi atau Osteoarthritis OA

Nyeri pada lutut umumnya disebabkan pengapuran sendi atau osteoarthritis (OA). Baca di sini untuk mengetahui definisi, penyebab, dan gejalanya.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.