Skip to main content

3 Komplikasi Operasi Total Knee Replacement

Ada 3 komplikasi yang biasa terjadi setelah operasi total knee replacement, yaitu: infeksi, pendarahan, dan masalah obat bius. Tingkat kemungkinan terjadinya komplikasi pada operasi TKR sangat rendah, di bawah 5%.

Komplikasi adalah sebuah gangguan kesehatan yang terjadi di luar penyakit utama saat atau setelah pengobatan dilakukan. Penyakit utama yang diderita dapat memburuk atau menunjukkan jumlah gejala yang lebih besar atau perubahan patologi, yang menyebar ke seluruh tubuh atau berdampak pada sistem organ lainnya.

Infeksi

Menurut Dr. Ng Khai Oon, dokter ortopedi di Island Hospital, infeksi akibat TKR terbagi menjadi 2, yaitu infeksi dalam dan superfisial. Infeksi dalam dapat berupa osteomyelitis dan infeksi superfisial dapat berupa selulitis.

Pendarahan

Pendarahan bisa disebabkan oleh detak jantung yang tidak normal saat proses operasi. Selain itu, bisa juga akibat obat pengencer darah yang dikonsumsi pasien. Oleh karena itu, jangan heran apabila dokter meminta untuk tetap tenang saat operasi dan stop konsumsi obat pengencer darah dua minggu sebelum operasi.

Masalah obat bius

Pasien bisa saja mengalami alergi reaksi terhadap anestesi. Namun, biasanya dokter akan menanyakan apakah pasien memiliki alergi terhadap bahan obat bius yang digunakan atau tidak. Segera beritahu dokter jika memiliki alergi.

Jika dokter merekomendasikan untuk melakukan operasi penggantian sendi lutut (TKR), Anda tidak perlu terlalu khawatir berlebihan. Hal ini dikarenakan operasi TKR mempunyai persentase keberhasilan yang sangat tinggi, yaitu di atas 95 persen.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 21 Jan 2022.


Dr. Ng Khai Oon

Dr. Ng Khai Oon

Dokter Tulang (ortopedi)
(sub. Joint Reconstruction)
Island Hospital

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Opsi Pengobatan Osteoarthritis (OA): Perlu TKR?
Opsi Pengobatan Osteoarthritis (OA): Perlu TKR?

Pengobatan untuk pasien osteoarthritis bergantung pada tingkat keparahannya. Apakah pasien harus operasi penggantian lutut atau TKR? Cek opsi-opsi pengobatannya di sini.

Apa itu Pengapuran Sendi atau Osteoarthritis OA
Apa itu Pengapuran Sendi atau Osteoarthritis OA

Nyeri pada lutut umumnya disebabkan pengapuran sendi atau osteoarthritis (OA). Baca di sini untuk mengetahui definisi, penyebab, dan gejalanya.

Keunggulan Robotic Total Knee Replacement
Keunggulan Robotic Total Knee Replacement

TKR robotic adalah operasi penggantian sendi lutut dengan bantuan robot. Cek lengkap beragam keunggulan bisa didapat dengan operasi dengan bantuan robot di sini.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.