Skip to main content

Biopsi Buat Tumor Jadi Ganas Dan Menyebar?

Beberapa orang merasa takut untuk melakukan operasi atau biopsi ketika didiagnosa kanker, termasuk kanker payudara. Ada mitos yang menyatakan tumor dapat menyebar paska-operasi. Mari kita cek kebenarannya di bawah ini.

Menurut Dr. Goh Tiong Meng, dokter spesialis bedah umum di Island Hospital Penang, pertanyaan tersebut hanya MITOS. Pada saat operasi atau biopsi telah selesai dilakukan, pasien biasanya melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah sel tumor atau kanker telah hilang atau belum.

Beberapa tahun setelah operasi, pasien mungkin mengalami gejala-gejala medis. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata sel kanker muncul di organ tubuh yang lain, misal di hati atau di paru-paru. Padahal hasil scan di masa lalu menunjukkan tubuh pasien sudah bersih dari sel kanker.

Kemungkinan besar kanker muncul di organ tubuh lain adalah sel kanker pada saat operasi pertama sudah menyebar. Namun, ukurannya terlalu kecil sehingga tidak terdeteksi pada saat pasien melakukan PET Scan.

Faktanya, biopsi ataupun operasi tidak menyebabkan sel tumor atau kanker menyebar. Tindakan ini justru penting untuk dilakukan untuk mencegah kanker menjadi lebih ganas dan kondisi pasien tidak dapat diobati.


Walaupun pasien sudah dinyatakan sembuh dari sel kanker, dokter akan menganjurkan pasien untuk melakukan pemeriksaan PET Scan secara berkala.

Selain itu, pasien dan keluarga juga perlu memonitor kondisi pasien, khususnya ketika pasien mengalami gejala-gejala berikut ini

  • Penurunan berat badan yang tidak wajar
  • Muncul benjolan tidak normal
  • Mudah berkeringat di malam hari
  • Adanya darah dalam urine

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 16 Des 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 12 Jan 2022.


Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Apa itu Kanker & Stadium Kanker?
Apa itu Kanker & Stadium Kanker?

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang punya tingkat keparahan berbeda-beda pada setiap pasien. Temukan penjelasan singkat mengenai kanker dan stadiumnya disini.

Apa Itu Kemoterapi?
Apa Itu Kemoterapi?

Kemoterapi adalah salah satu cara pengobatan kanker. Bagaimana bentuk pengobatannya?

Penyebab Saraf Kejepit
Penyebab Saraf Kejepit

Setiap orang berpotensi untuk mengalami saraf kejepit, baik usia muda maupun tua. Apa sajakah penyebabnya?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.