Skip to main content

Pengobatan Kanker Kolorektal (Usus)

Pengobatan kanker kolorektal (usus) yang utama adalah melalui operasi untuk mengangkat sel kanker. Lalu, diikuti pengobatan lanjutan, seperti: kemoterapi, radioterapi, dan targeted therapy yang mana pengobatan-pengobatan ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, stadium kanker, dan juga lokasi kanker.

Operasi

Operasi adalah pengobatan utama dan sangat direkomendasikan untuk mengangkat sel-sel kanker di bagian kolon atau rektum. Operasi ini sendiri dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Polipektomi. Pembedahan untuk mengangkat polip kolorektal berukuran kecil dengan prosedur kolonoskopi.
  • Endoscopic mucosal resection. Metode untuk mengangkat polip kolorektal dan lapisan dalam usus besar melalui prosedur colonoscopy.
  • Bedah laparoskopi. Operasi untuk mengangkat polip yang tidak bisa ditangani dengan metode kolonoskopi.
  • Partial colectomy. Cara untuk memotong bagian usus besar yang terjangkit kanker, bersama dengan jaringan sehat di sekitar jaringan abnormal tersebut.

Menurut Dr. Ang Chin Wee, dokter bedah kolorektal di RS Mahkota Melaka, dokter akan menentukan pengobatan lanjutan berdasarkan hasil pemeriksaan paska operasi.

Operasi pengangkatan kanker usus dilakukan oleh dokter spesialis bedah umum (sub. kolorektal), sementara pada pengobatan lanjutan biasanya pasien akan ditangani oleh dokter onkologi.

Kemoterapi

Kemoterapi dapat dilakukan sebelum atau sesudah operasi. Kemoterapi sebelum operasi bertujuan untuk mengecilkan ukuran sel kanker agar mudah diangkat. Sedangkan, chemotherapy setelah operasi bertujuan untuk mengurangi resiko kambuhnya kanker kolorektal.

Radioterapi

Sama seperti kemoterapi, radiotherapy juga bisa dilakukan sebelum atau sesudah operasi. Tujuannya adalah untuk mengecilkan ukuran kanker agar mudah diangkat jika dilakukan sebelum pembedahan dan untuk menghancurkan sel kanker yang mungkin tertinggal jika dilakukan sesudah operasi.

Radioterapi sendiri dilakukan dengan menembakkan sinar radiasi (sinar-X atau proton) dari mesin radioterapi ke lokasi kanker.

Terapi target

Targeted therapy adalah pengobatan yang menargetkan langsung sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel normal di sekitarnya. Terapi ini juga secara spesifik menargetkan gen, protein, dan jaringan yang berkontribusi dalam pertumbuhan sel-sel kanker.

Fungsi terapi ini adalah untuk memicu sistem imun untuk menghancurkan sel kanker, membawa racun untuk membunuhnya sel kanker, mematikan sinyal kimia yang dapat memicu sel kanker untuk tumbuh dan menyebar, dan menghalangi kerja hormon tertentu yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 20 Feb 2022
Diperbaharui terakhir pada tanggal 21 Feb 2022.


Dr. Ang Chin Wee

Dr. Ang Chin Wee

Dokter Bedah Umum
(sub. Bedah Kolorektal)
Mahkota Medical Centre

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Penyebab Kanker Kolorektal (Usus)
Penyebab Kanker Kolorektal (Usus)

Beberapa faktor dicurigai dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kolorektal. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.