Skip to main content

Pengobatan Lasik di Malaysia

Tiap tahun ada ratusan ribu orang Indonesia yang berobat ke Malaysia, salah satunya untuk pengobatan Lasik.

Arti Tipe Pro Con
icon

Definisi

LASIK atau laser-assisted in-situ keratomileusis merupakan jenis operasi mata yang mampu memperbaiki ketajaman penglihatan dengan cara mengubah bentuk kornea, sehingga secara permanen dapat mengurangi atau menghilangkan ketergantungan penderita pada kacamata korektif seperti kacamata dan lensa kontak.

Operasi ini sangat populer karena prosedurnya cepat dan pemulihannya juga cepat. Banyak orang mengira operasi lasik hanya bisa memperbaiki mata minus atau rabun jauh, padahal, lasik dapat memperbaiki semua kelainan refraksi, yaitu rabun jauh, rabun dekat, dan juga mata silindris.

Pasien dengan gangguan refraksi yang dianggap ideal untuk menjalani operasi lasik adalah usia 18 tahun atau lebih dan tidak mengalami penambahan minus selama 2 tahun terakhir, memiliki ketebalan kornea yang sesuai, tidak memiliki penyakit mata lain seperti penyakit kornea atau retina.

Namun, pasien mana pun yang mau melakukan operasi lasik, harus konsultasi dan diperiksa ulang oleh dokter mata yang akan melakukan operasinya. Selain itu, pasien juga harus menghindari pemakaian lensa kontak 2-3 minggu sebelum operasi dilakukan. Pada hari operasi dilakukan, pasien disarankan untuk tidak memakai krim atau riasan wajah.

Sebelum operasi lasik dimulai, mata pasien akan diteteskan dengan obat anestesi agar menjadi kebal dan terhindar dari rasa tidak nyaman sepanjang prosedur dilakukan. Mata pasien akan diposisikan tepat dibawah laser, dan sebuah instrumen bernama spekulum akan dipakai untuk menyangga mata agar tetap terbuka. Prosedur ini akan berlangsung kurang lebih 10 menit tiap mata.


Tipe

Untuk saat ini, di Malaysia ada 2 teknik operasi lasik, yaitu lasik konvensional dan RELEX SMILE (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction). RELEX SMILE adalah teknologi yang lebih baru, dan lebih disukai oleh dokter mata saat ini. Berikut perbedaan kedua teknik operasi lasik:

Lasik Konvensional

Metode lasik konvensional juga sudah menggunakan teknologi laser, jadi sama sekali tidak menggunakan pisau bedah. Prosedurnya dengan membuat insisi pada kornea dengan menggunakan laser, jadi akan ada corneal flap yang bisa membuka seperti buku pada mata kita.

Setelah itu, dokter akan membersihkan jaringan dan melakukan koreksi pada kornea untuk memperbaiki kelainan refraksi pada mata. Setelah kornea selesai dikoreksi, corneal flap ini akan ditutup kembali dan akan sembuh secara natural tanpa perlu dijahit.

RELEX SMILE

RELEX SMILE adalah teknik terbaru untuk menghilangkan kelainan refraksi tanpa flap (flapless). Sebenarnya, tehnik ini pada prinsipnya sama seperti lasik konvensional, tapi perbedaannya adalah pada RELEX SMILE tidak dilakukan insisi yang cukup besar untuk membuka corneal flap.

Pada RELEX SMILE, dibuat insisi yang sangat kecil seperti titik pada permukaan kornea dengan laser, dan kemudian koreksi akan dilakukan melalui titik kecil ini. Insisi kecil ini nanti akan sembuh dengan sendirinya.


Kelebihan

Lasik Konvensional

  • Merupakan tindakan minimum invasif tanpa pisau.
  • Dapat menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau softlens.
  • Keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu selama beberapa menit.

RELEX SMILE

  • Tidak mungkin ada komplikasi pada flap, karena permukaan kornea tetap terjaga.
  • Efek samping mata kering lebih minimal daripada lasik konvensional.
  • Prosedur yang minimal invasif karena metode ini hanya ada insisi 4mm saja.
  • Hanya memerlukan waktu beberapa menit saja dalam proses operasi.
  • Dapat menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak.


Kekurangan

Lasik Konvensional

  • Memiliki efek samping yaitu mata kering
  • Bisa terjadi komplikasi pada corneal flap jika tidak reposisi flap tidak sempurna, tapi kemungkinan terjadinya komplikasi ini dibawah 0.3%

RELEX SMILE

  • Biaya lebih mahal dibandingkan lasik konvensional


Lama proses pemulihan

Untuk operasi lasik, biasanya pasien tidak perlu rawat inap. Namun, dokter menyarankan untuk tinggal di Malaysia selama 8 hari, karena pasien harus kontrol beberapa hari setelah operasi. Biasanya, penglihatan akan terasa kurang nyaman dalam 4-5 jam pertama, dan akan terasa silau dalam beberapa hari pertama.

Dalam 1-2 minggu, penglihatan sudah akan terasa normal dan bisa beraktivitas normal seperti biasa. Ini hanyalah perkiraan, kembali lagi kepada kondisi fisik masing-masing pasien untuk pemulihan.

Artikel di atas merupakan prosedur standar untuk lasik. Prosedur yang dilakukan dapat berbeda, bergantung pada kondisi pasien dan dokter yang menangani.

Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada tanggal 30 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.

Prosedur Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel seputar prosedur kesehatan lainnya:

Terapi PSMA Kanker Prostat
Terapi PSMA Kanker Prostat

PSMA atau Prostate Specific Membrane Antigen adalah suatu protein khas yang terdapat pada permukaan sel-sel prostat.

Operasi Katup Jantung
Operasi Katup Jantung

Berikut rekomendasi RS untuk operasi katup jantung di Malaysia (Penang, Melaka, atau KL) dgn biaya terjangkau serta alasan mengapa orang Indonesia memilih berobat ke sana

Brachytherapy
Brachytherapy

Brachytherapy adalah salah satu bentuk terapi radiasi yang digunakan untuk terapi kanker.

Mau bertanya lebih lanjut tentang Lasik di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.