Skip to main content

Pengobatan Osteoarthritis di Penang

icon

Osteoarthritis adalah salah satu jenis peradangan pada persendian yang paling sering terjadi. Peradangan pada osteoarthritis disebabkan karena bantalan tulang rawan yang melapisi ujung tulang mengalami kerusakan dan menipis.

Bantalan tulang rawan yang licin ini sebenarnya berfungsi untuk mencegah gesekan antara ujung tulang yang satu dengan yang lain. Ketika bantalan ini rusak dan menipis, ujung tulang akan bergesekan satu sama lain dan menimbulkan peradangan.

Osteoarthritis paling sering menyerang sendi lutut. Namun, penyakit ini juga dapat terjadi pada persendian pinggul, tulang belakang, dan tangan.

Gejala utama osteoarthritis adalah nyeri sendi dan kaku sendi. Kadang pasien juga dapat mengalami pembengkakan sendi, penurunan ruang gerak sendi, dan bunyi tulang bergesek saat sendi bergerak.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin akan menyarankan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen (X-ray) dan MRI guna memastikan diagnosis dan menentukan tingkat keparahan osteoarthritis yang dialami.


Untuk mengobati osteoarthritis, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Konsumsi obat-obatan sesuai petunjuk dokter

Pro:

  • Obat-obatan golongan kortikosteroid dapat digunakan untuk mengurangi peradangan sehingga mengendalikan rasa nyeri, rasa kaku, dan pembengkakan sendi. Obat-obatan kortikosteroid ini biasanya diberikan dalam bentuk suntikan dan hanya perlu diterima sekali setiap beberapa bulan. Suntikan ini biasanya memberikan reaksi yang cepat dalam mengurangi gejala mengganggu, terutama bagi pasien yang tidak mengalami perbaikan setelah konsumsi obat lain.
  • Paracetamol dan obat-obatan golongan anti radang non-steroid (NSAID) juga dapat diberikan dalam bentuk obat minum guna mengurangi rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi pada pasien yang belum membutuhkan suntikan kortikosteroid.
  • Suntikan asam hyaluronat yang sering kali disebut sebagai suntikan oli oleh masyarakat juga dapat diberikan untuk mengurangi rasa nyeri sementara. Asam hyaluronat adalah komponen yang secara alami dapat ditemukan pada cairan sendi.

Selengkapnya

Cons:

  • Obat-obatan golongan kortikosteroid merupakan obat keras yang memiliki efek samping serius bila digunakan secara berlebihan. Obat kortikosteroid dapat mengganggu kekebalan tubuh, menyebabkan osteoporosis (tulang keropos), meningkatkan berat badan, dan diduga dapat memperburuk kondisi sendi bila digunakan dalam jangka panjang.
  • Obat-obatan NSAID memiliki efek samping yang lebih rendah dari pada kortikosteroid. Namun, beberapa efek samping seperti luka lambung dan perdarahan saluran cerna dapat terjadi.
  • Suntikan asam hyaluronat memiliki efektivitas yang masih diragukan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa injeksi asam hyaluronat tidak benar-benar efektif untuk mengurangi gejala.

Lama proses pemulihan: Lama konsumsi obat mau pun penerimaan suntikan akan tergantung pada jenis obat yang digunakan dan kondisi masing-masing pasien. Frekuensi dan durasi penggunaan obat dapat berbeda antar pasien tergantung dari keputusan dokter yang merawat.

Fisioterapi dan terapi okupasi

Pro:

  • Fisioterapis biasanya memberikan pasien latihan-latihan fisik yang dapat membantu menguatkan otot dan struktur di sekitar sendi guna mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas. Terkadang fisioterapis juga dapat melakukan terapi dengan TENS (transcutaneous electrical nerve stimulation) yaitu pemberian arus listrik ke area sendi yang sakit guna mengurangi rasa nyeri.
  • Ahli terapi okupasi dapat membantu mengajarkan pasien cara menggunakan alat-alat tertentu untuk membantu mengurangi rasa nyeri dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah penggunaan tongkat atau alas sepatu khusus.

Selengkapnya

Cons:

  • Tidak semua kasus osteoarthritis dapat mengalami perbaikan dengan fisioterapi dan terapi okupasi. Beberapa penanganan lebih serius mungkin perlu dipadukan dengan fisioterapi guna mendapatkan hasil yang optimal.

Lama proses pemulihan: Durasi dan frekuensi fisioterapi yang akan dijalani masing-masing pasien dapat berbeda satu sama lain. Dokter dan fisioterapis perlu memeriksa kondisi pasien terlebih dahulu sebelum menentukan durasi dan frekuensi fisioterapi yang diperlukan

Operasi

Operasi yang paling sering dilakukan untuk kasus osteoarthritis adalah operasi penggantian sendi (arthroplasty). Pada tindakan ini, dokter akan mengganti bantalan tulang rawan yang rusak dengan komponen buatan dari plastic dan besi untuk mengatasi gejala-gejala yang mengganggu.

Pro:

  • Arthroplasty dapat mengatasi gejala sakit sendi dan kaku sendi yang parah pada pasien-pasien yang sudah sulit berjalan, berdiri, dan naik tangga.
  • Arthroplasty dapat memperbaiki persendian yang telah mengalami deformitas atau perubahan bentuk menjadi abnormal/bengkok.
  • Arthroplasty dapat menjadi jalan keluar bagi pasien-pasien osteoarthritis yang telah rutin mengonsumsi obat-obatan dan melakukan fisioterapi tetapi tidak kunjung membaik.

Selengkapnya

Con:

  • Arthroplasty dapat mengatasi gejala nyeri yang mengganggu dan meningkatkan kemampuan beraktivitas secara drastis pada kebanyakan pasien. Namun, pasien perlu memahami bahwa komponen plastik yang digunakan sebagai pengganti tulang rawan dapat menjadi kendur seiring berjalannya waktu.
  • Meskipun relatif aman, seperti halnya semua tindakan medis, arthroplasty juga memiliki risiko. Contoh risiko yang dapat terjadi adalah infeksi bakteri di area bekas operasi, terbentuknya gumpalan darah (emboli) yang dapat mengalir ke paru dan menimbulkan kondisi darurat, dan resiko kerusakan pembuluh darah atau saraf di area operasi.
  • Sebagian kecil pasien dapat tetap merasakan nyeri sendi meskipun operasi telah dilakukan.

Lama proses pemulihan: Sehabis operasi, pasien biasanya membutuhkan rawat inap selama 3-4 malam. Namun, durasi ini dapat bervariasi antar pasien tergantung jenis sendi yang mengalami osteoarthritis. Pasien disarankan untuk menyediakan waktu total di Penang sekitar 7-10 hari karena dokter biasanya menyarankan untuk melakukan rehabilitasi sehabis operasi.


Pasien umumnya dapat bertemu dokter ortopedi (tulang). Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima semua kasus osteoarthritis. Untuk itu, silakan konsultasikan dengan tim dokter umum kami di sini.

Ditulis pada tanggal 20 Jul 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Batu Ginjal
Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terbentuk akibat penumpukan zat-zat sisa dari darah seperti kalsium dan asam urat.

Keloid
Keloid

Keloid adalah pertumbuhan jaringan parut secara berlebihan pada bekas luka.

Polip Hidung
Polip Hidung

Polip hidung adalah benjolan jinak yang tumbuh di salah satu rongga hidung atau keduanya.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan osteoarthritis di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.