Skip to main content

Pengobatan Miom di Penang

icon

Miom adalah tumor jinak yang muncul akibat pertumbuhan jaringan otot dan jaringan ikat rahim secara berlebihan. Pertumbuhan miom ini dapat membentuk benjolan di sisi dalam rahim maupun di sisi luar rahim. Seorang wanita dapat memiliki lebih dari satu miom pada rahimnya.

Miom tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, terkadang miom menimbulkan gangguan seperti sakit perut dan perdarahan menstruasi yang lebih banyak dari normal.


Untuk mengobati miom, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Penggunaan obat-obatan sesuai petunjuk dokter

Pro: Obat-obatan yang mengandung hormon progesteron, asam traneksamat, dan anti radang non-steroid (NSAID) sering kali dapat membantu mengurangi pendarahan berlebihan penderita miom pada saat menstruasi.

Beberapa obat yang meningkatkan produksi hormon gonadotropin dalam tubuh juga dapat mengecilkan ukuran miom.

Selengkapnya

Cons: Kekurangan dari metode ini adalah konsumsi obat-obatan tidak selalu cukup untuk menghilangkan miom. Apalagi, bila ukuran miom tersebut sudah cukup besar.

Setiap obat juga memiliki efek samping masing-masing yang bervariasi tergantung jenisnya. Beberapa obat hormonal seperti progesteron dapat mempersulit kehamilan selama dikonsumsi.

Lama proses pemulihan: Konsumsi obat-obatan biasanya berlangsung selama 3-6 bulan. Akan tetapi, durasi ini bisa bervariasi antar pasien tergantung pada jenis obat yang digunakan dan kondisi masing-masing pasien menurut dokter.

Operasi myomectomy dengan teknik laparoskopi

Myomectomy adalah prosedur pengangkatan miom tanpa ikut mengangkat rahim. Teknik laparoskopi merupakan pengembangan dari teknik bedah terbuka yang lama. Dengan laparoskopi, sayatan yang perlu dilakukan pada tubuh saat pembedahan akan berukuran jauh lebih kecil.

Pro: Kelebihan dari operasi pengangkatan miom dengan teknik laparoskopi adalah ukuran bekas luka yang jauh lebih kecil, rasa sakit paska operasi yang lebih ringan, masa rawat inap yang lebih singkat, dan penyembuhan yang lebih cepat.

Selengkapnya

Cons: Kekurangan operasi myomectomy dengan laparoskopi adalah tidak semua kasus miom dapat ditangani dengan teknik ini. Kasus miom yang berukuran besar atau berjumlah banyak mungkin akan membutuhkan metode yang lain.

Lama proses pemulihan: Durasi rawat inap sehabis operasi myomectomy dengan teknik laparoskopi adalah sekitar 1-2 malam. Namun, durasi ini bisa bervariasi tergantung kondisi masing-masing pasien.

Operasi myomectomy dengan teknik bedah terbuka

Cara ini merupakan cara konvensional sebelum teknik laparoskopi dikembangkan. Sayatan yang dibuat pada perut akan berukuran lebih besar dibandingkan dengan teknik laparoskopi.

Pro: Kelebihan dari bedah terbuka adalah kemampuannya menjangkau miom yang posisinya lebih dalam dan sulit. Bedah terbuka juga mampu mengangkat miom yang berukuran lebih besar atau berjumlah lebih banyak.

Selengkapnya

Cons: Kekurangan metode ini adalah masa penyembuhan yang lebih lama, bekas luka operasi yang lebih besar, dan adanya kemungkinan terbentuk jaringan parut di rahim yang dapat mengganggu kehamilan.

Lama proses pemulihan: Durasi rawat inap paska bedah terbuka bervariasi antara 2-3 malam, tergantung pada kondisi masing-masing pasien.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan miom di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus miom.

Ditulis pada tanggal 26 Jul 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Empedu
Empedu

Empedu adalah sebuah kantong yang terletak di bawah hati (liver). Berfungsi untuk menyimpan cairan empedu yang berasal dari hati.

Tonsilitis
Tonsilitis

Peradangan pada tonsil dikenal sebagai tonsilitis.

Sinusitis
Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan di dinding sinus.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan miom di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.