Skip to main content

Pengobatan Meningokel di Penang

icon

Meningocele adalah salah satu jenis kelainan bawaan pada tulang belakang dan saraf tulang belakang yang disebut spina bifida. Kelainan ini terjadi karena tabung saraf janin (neural tube) yang merupakan cikal bakal tulang belakang dan saraf tulang belakang tidak menutup dengan sempurna saat berada dalam kandungan.

Terdapat tiga jenis spina bifida dengan tingkat keparahan yang berbeda.

  1. Spina bifida occulta merupakan jenis yang paling ringan dan tidak memiliki gejala serius.
  2. Meningocele merupakan jenis yang lebih berat di mana telah terbentuk sebuah tonjolan berisi cairan dan selaput meninges yang mencuat keluar dari celah di tulang belakang.
  3. Myelomeningocele adalah jenis yang paling parah. Pada spina bifida jenis ini, jaringan saraf tulang belakang juga ikut mencuat keluar melalui celah abnormal tersebut.

Meningocele merupakan kondisi serius yang perlu segera ditangani dengan pembedahan.

Meningocele yang tidak ditangani dapat menimbulkan komplikasi seperti kerusakan saraf, kelumpuhan, kehilangan sensasi pada anggota tubuh, gangguan buang air, infeksi sistem saraf, penumpukan cairan dalam otak (hidrosefalus), dan gangguan pertumbuhan. Operasi yang segera dapat mencegah terjadinya komplikasi-komplikasi tersebut.


Untuk mengobati meningokel, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Operasi perbaikan meningocele

Pada saat operasi perbaikan meningocele, dokter akan membuat irisan pada tonjolan di punggung pasien. Dokter kemudian mengeluarkan sebagian cairan dari tonjolan tersebut dan memasukkan kembali jaringan yang mencuat ke tempat seharusnya di dalam tulang belakang.

Setelah itu dokter akan menutup celah dengan otot agar meningocele tidak timbul kembali. Pada kasus myelomeningocele, dokter juga mungkin memasang shunt (selang) di otak untuk mencegah terjadinya hidrosefalus.

Pro: Operasi merupakan jalan keluar utama untuk mengatasi meningocele. Konsumsi obat-obatan dapat mencegah infeksi tapi tidak dapat memperbaiki kerusakan struktur di tulang belakang yang telah terjadi.

Operasi yang dilakukan dengan segera dapat mencegah komplikasi tidak diinginkan seperti kelumpuhan pada anak, gangguan belajar, gangguan pertumbuhan, cacat tulang seperti skoliosis, infeksi selaput otak (meningitis), dan gangguan buang air besar atau air kecil.

Selengkapnya

Con: Seperti operasi pada umumnya, operasi meningocele memiliki resiko perdarahan, resiko infeksi, dan resiko timbulnya reaksi alergi terhadap obat bius. Selain itu, meski pun operasi ini dapat mencegah perburukan penyakit, kerusakan saraf yang sudah terjadi umumnya sulit diperbaiki (terutama pada kasus myelomeningocele).

Beberapa pasien mungkin tetap mengalami kesulitan berjalan, gangguan tumbuh kembang, dan gangguan buang air. Pasien akan tetap membutuhkan perawatan dan rehabilitasi lebih lanjut paska operasi.

Lama proses pemulihan: Setelah menjalani operasi perbaikan meningocele, pasien biasanya dianjurkan untuk menjalani rawat inap selama 1-2 minggu di rumah sakit, tergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Dokter biasanya memberikan obat-obat antibiotik untuk mencegah infeksi dan memonitor apakah terjadi akumulasi cairan di otak (hidrosefalus) setelah operasi.

Rawatan paska operasi

Setelah pasien diperbolehkan pulang, dokter akan menginformasikan kapan pasien perlu kembali lagi untuk memonitor keadaannya dan memulai perawatan paska operasi.

Pro: Perawatan paska operasi dapat membantu meringankan komplikasi meningocele yang telah terjadi. Pasien biasanya menjalani fisioterapi dan terapi okupasi untuk belajar menggunakan alat bantu jalan, latihan menggunakan kursi mandi, atau pun kursi roda.

Bila terdapat masalah buang air besar dan air kecil akibat gangguan persarafan usus dan kandung kemih, dokter dapat memberikan obat-obatan atau operasi tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Selengkapnya

Con: Fisioterapi dan terapi okupasi tidak memiliki resiko kesehatan. Namun, bila pasien mengonsumsi obat-obatan secara rutin, pasien mungkin akan mengalami beberapa efek samping yang bervariasi tergantung jenis obatnya.

Lama masa pemulihan: Perawatan pendukung paska operasi dapat berlangsung hingga beberapa bulan atau beberapa tahun. Biasanya, frekuensi perawatan yang dibutuhkan akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia pasien dan membaiknya kondisi pasien.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter bedah saraf.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan meningokel di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus meningokel.

Ditulis pada tanggal 10 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Prolaps Uteri
Prolaps Uteri

Prolaps uteri adalah kondisi dimana terjadi pergeseran letak rahim ke bawah, sehingga mulut rahim atau seluruh rahim dapat berada di luar vagina.

HIV
HIV

Pengobatan HIV/AIDS bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan HIV/AIDS yang dialami dan juga kondisi kesehatan pasien secara umum

Batu Empedu
Batu Empedu

Ketika komposisi kolesterol dalam cairan empedu terlalu tinggi, maka kolesterol tersebut dapat mengeras dan membentuk batu.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan meningokel di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.