Skip to main content

Pengobatan Katarak di Penang

icon

Katarak adalah kelainan mata yang umum terjadi pada orang-orang lanjut usia. Kadang pada kakek atau nenek terdapat seperti ada bayangan putih pada bagian hitam dari bola matanya. Mereka juga sering kali mengeluhkan pandangan tidak sejernih dulu, agak berkabut, dan keruh.

Saat mereka berobat ke dokter mata, dokter mata mendiagnosa penyakit katarak dan disarankan untuk operasi.

Banyak orang-orang lanjut usia yang takut menjalani operasi katarak, karena membayangkan mata mereka akan berdarah diinsisi dengan pisau bedah. Padahal, operasi katarak saat ini sudah sangat canggih dan prosesnya pun cepat.


Untuk mendiagnosa katarak, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Pemeriksaan

Untuk mendiagnosa penyakit ini, dokter akan melakukan analisa dari melihat perjalanan penyakit pasien dan melakukan pemeriksaan mata. Penyakit katarak pada orang tua tidak sulit untuk didiagnosa, karena gejalanya yang khas. Dokter akan melakukan pemeriksaan:

  • Fungsi penglihatan
  • Pemeriksaan gerak bola mata
  • Pemeriksaan lampu celah atau slit lamp
  • Pemeriksaan dalam bola mata dengan oftalmoskopi, serta
  • Pemeriksaan kornea

Pemeriksaan kornea dilakukan untuk memastikan jenis dan ukuran lensa yang akan dipakai saat operasi.


Untuk mengobati katarak, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Operasi katarak tradisional

Inti dari operasi katarak adalah mengganti lensa mata yang sudah keruh dengan lensa buatan atau disebut intraocular lens (IOL) untuk mengembalikan penglihatan yang jernih. Operasi ini biasanya tidak membutuhkan rawat inap, pasien bisa langsung pulang setelah operasi selesai. Prosedur operasi katarak di era modern ini menggunakan alat yang bisa menghancurkan lensa mata yang sudah keruh menjadi bagian-bagian kecil, dan akan disedot keluar.

Operasi katarak tradisional, walaupun lebih kompleks dibandingkan dengan laser, tapi keduanya sama efektifnya. Dokter mata akan membuat insisi kecil di pinggir kornea untuk mengeluarkan lensa yang keruh.

Selengkapnya

Dengan menggunakan suatu metode yang disebut phacoemulsification, dokter akan memasukan sebuah alat tumpul (probe) melalui insisi kecil tersebut. Probe ini akan menghasilkan gelombang ultrasound yang akan menghancurkan lensa keruh.

Setelah hancur, bagian-bagian kecil lensa akan disedot keluar. Melalui insisi kecil yang sama, dokter akan memasukan lensa buata atau IOL ke mata. Insisi ini sangat kecil sehingga tidak membutuhkan jahitan dan akan menyatu sendiri secara alami.

Operasi katarak dengan laser

Operasi katarak dengan laser merupakan tehnik yang lebih baru dibandingkan dengan ultrasound. Prosedur ini memiliki efektivitas yang sama dengan operasi katarak tradisional, hanya dengan metode yang berbeda. Operasi katarak dengan laser, menggunakan laser untuk menghancurkan lensa yang keruh.

Selengkapnya

Dokter mata akan menggunakan suatu program semacam scanner yang akan menggambarkan lokasi, kedalaman, dan panjang dari lensa yang sudah keruh. Hasil dari program ini yang kemudian akan menuntun laser untuk membuat insisi, menghancurkan lensa yang keruh, dan mengeluarkannya.

Kemudian, dokter akan menggantinya dengan lensa yang baru. Sama seperti operasi tradisional, insisi yang dibuat laser ini juga akan sembuh secara alami.


Pengobatan satu-satunya terhadap katarak adalah dengan operasi. Operasi dilakukan apabila tajam penglihatan sudah menurun sedemikian rupa sehingga mengganggu pekerjaan sehari-hari atau bila katarak ini menimbulkan penyakit gangguan mata lain, seperti glaukoma atau uveitis. Biasanya, pasien akan menunda operasi, jika masih dapat melakukan pekerjaan sehari-hari dengan normal.

Kedua metode yang dijelaskan sama-sama berlangsung cepat, kurang lebih 20 - 30 menit untuk operasi kedua mata, dan masa penyembuhannya pun cepat. Resikonya pun sangat minimal, jadi biasanya pasien tidak perlu rawat inap. Namun, pasien harus kontrol kembali 3 hari setelah operasi. Jadi, pasien disarankan untuk tinggal di Penang selama 4 - 5 hari.

Beberapa pasien akan langsung memiliki penglihatan yang jernih beberapa jam setelah operasi, tapi ada juga pasien yang membutuhkan beberapa hari. Biasanya setelah 1 minggu, penglihatan sudah jernih, tapi terkadang mata terasa silau atau mudah lelah. Mata akan benar-benar pulih dan kembali normal biasanya setelah 3 minggu.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter mata.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan katarak di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus katarak.

Ditulis pada tanggal 17 Agust 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Saraf Terjepit
Saraf Terjepit

Tonjolan yang menekan serabut saraf di sekitar tulang belakang menyebabkan penyakit "saraf terjepit" atau HNP.

Undescended Testis
Undescended Testis

Undescended testis adalah kondisi di mana buah pelir tidak turun dari rongga perut seperti semestinya atau turun secara tidak sempurna.

Parkinson
Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan gangguan saraf akibat penuaan (neurodegeneratif) yang menyerang gerakan atau kontrol terhadap gerakan termasuk bicara.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan katarak di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.