Skip to main content

Pengobatan Epilepsi Pada Anak di Penang

icon

Epilepsi adalah penyakit pada otak akibat peningkatan kerentanan sel saraf yang tidak normal. Epilepsi ditandai dengan serangan kejang, dan bisa berdampak pada psikologi, kognitif, dan sosial pada penderitanya.

Serangan kejang tiap penderita berbeda-beda, bisa dalam beberapa detik, menit, bahkan jam. Namun, pada penderita epilepsi, serangan kejang biasanya terjadi berulang, dan tanpa penyebab atau provokasi tertentu.

Epilepsi bisa terjadi pada semua usia, tapi paling sering dimulai dari usia dibawah 2 tahun. Dalam kebanyakan kasus, epilepsi tidak diketahui penyebab pastinya. Namun, ditemukan beberapa faktor yang meningkatkan resiko terjadinya epilepsi pada anak, seperti:

  • Retardasi mental
  • Cerebral palsy
  • Ayah atau ibu dengan epilepsi
  • Kelainan otak atau tumor otak
  • Trauma kepala

Kejang dapat dibagi menjadi 2, yaitu kejang umum dan kejang fokal:

  1. Kejang umum melibatkan seluruh bagian otak dan menyebabkan hilangnya kesadaran.
  2. Sedangkan, kejang fokal hanya melibatkan bagian tertentu dari otak dan anak dapat mengalami penurunan kesadaran atau tidak.

Aura merupakan tanda khas kejang fokal. Aura adalah tanda yang dirasakan sebelum serangan kejang, dapat berupa sakit kepala, lemas, perasaan tidak enak, nyeri ulu hati, atau ketakutan. Berdasarkan penelitian, anak dengan kejang umum biasanya akan berespon lebih baik terhadap terapi dibanding anak dengan kejang fokal.


Untuk mendiagnosa epilepsi pada anak, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan pemeriksaan berikut:

Pemeriksaan EEG

Pemeriksaan EEG dapat membantu memberikan gambaran aktivitas otak pada penderita.


Untuk mengobati epilepsi pada anak, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Terapi anti kejang

Setelah dokter menegakkan diagnosa epilepsi, dokter akan memberikan terapi anti-kejang. Follow up rutin harus dilakukan untuk mengontrol kepatuhan minum obat, kejang terkontrol atau tidak, dan efek samping dari obat.

Lamanya terapi anti-kejang diberikan tergantung jenis kejang, gejala klinis, dan juga gambaran pada EEG. Terapi bisa diberikan dalam 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, sampai seumur hidup. Pemberhentian terapi anti-kejang harus dilakukan secara bertahap dalam 3-4 bulan karena bila dilakukan tiba-tiba dapat memicu episode kejang lainnya.


Untuk kasus epilepsi pada anak pasien akan di arahkan ke dokter spesialis anak subspesialis neurologi.

Jika perlu dokter subspesialis ini, sebaiknya berkonsultasi dengan Medisata terlebih dahulu karena tidak semua rumah sakit memiliki subspesialis ini.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter anak.

Bila berencana untuk melakukan pengobatan epilepsi pada anak di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus epilepsi pada anak.

Ditulis pada tanggal 8 Jun 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Artikel Kesehatan Lainnya

Tonsilitis
Tonsilitis

Peradangan pada tonsil dikenal sebagai tonsilitis.

Kanker Kolorektal
Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal adalah keganasan pada usus besar, terdiri dari kolon (bagian terpanjang dari usus besar) atau rektum (bagian kecil terakhir dari usus besar sebelum anus).

Miom
Miom

Miom adalah tumor jinak yang muncul akibat pertumbuhan jaringan otot dan jaringan ikat rahim secara berlebihan.

Mau bertanya lebih lanjut tentang pengobatan epilepsi pada anak di Malaysia atau minta perkiraan biaya?

Silakan masukan pertanyaan/keluhan Anda pada form berikut, tim dokter kami akan segera membantu Anda.