Skip to main content

Pengobatan Saraf Kejepit Dengan Ablasi Frekuensi Radio

Saraf kejepit, atau saraf terjepit, merupakan penyakit yang umum dialami. Sebagian besar pasien berusia lanjut karena sakit ini disebabkan cakram yang aus, kering, atau bergeser.

Salah satu opsi pengobatan adalah ablasi frekuensi radio (radiofrequency ablation).

Pada teknik pengobatan ini, dokter akan memasukkan jarum radiofrequency berdekatan dengan saraf-saraf yang menjadi yang menjadi sumber rasa sakit.

Saat jarum radiofrequency dimasukkan, pasien akan mengalami kebas (numbness) pada saraf tersebut. Sebagai contoh, jika slip disc terjadi di bagian L4-L5 atau L5-S1, setelah jarum dimasukan, kebas akan terjadi di bagian lumbal tersebut.

Sensasi kesemutan menandakan bahwa jarum sudah berada pada saraf yang tepat sehingga rasa sakit punggung bisa berkurang, atau hilang.

Durasi Hasil

Perlu diingat bahwa kemampuan ablasi radiofrekuensi sebagai pengurang rasa sakit ini hanya bersifat sementara.

Jadi, ketika sakit itu datang kembali sekitar 6 bulan atau 1 tahun kemudian, maka prosedur ini bisa dilakukan lagi secara berulang-ulang.

Keunggulan

Menurut Dr. Ashraf Sharifuddin, dokter bedah saraf di RS Regency Johor Bahru, ablasi frekuensi radio memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Simple. Proses pengerjaannya tidak rumit sehingga dapat diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat, yakni sekitar 30 menit hingga 90 menit.
  • Aman. Prosedur ini terbilang minim risiko dan efek samping. Walaupun ada, komplikasinya terbilang ringan dan bersifat sementara, seperti memar, mati rasa, dan nyeri pada lokasi ablasi.
  • Tahan lama. Biasanya bertahan dalam waktu yang lama, yaitu 6 bulan sampai 2 tahun.

Jika Anda mengalami sakit punggung dan sakit leher yang berkepanjangan, segera kunjungi dokter dan dapatkan rujukan dengan dokter ahli.

Dokter akan melakukan anamnesa dan pemeriksaan lanjut untuk mengetahui apakah sakit yang dirasakan merupakan saraf terjepit atau bukan. Jika iya, dokter akan merekomendasikan pengobatan yang sesuai.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 30 Sept 2021.


Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Pengobatan Sakit Punggung
Pengobatan Sakit Punggung

Pada tahap awal sakit punggung bisa diobati dengan istrahat, obat-obatan, dan fisioterapi. Namun, jika sakit berkelanjutan, tindakan apa yang direkomendasikan?

Penyebab Sakit Leher & Punggung
Penyebab Sakit Leher & Punggung

Sakit leher dan punggung umum dialami semua orang. Ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya gangguan pada saraf leher dan punggung, apa saja?

Penyebab Saraf Kejepit
Penyebab Saraf Kejepit

Setiap orang berpotensi untuk mengalami saraf kejepit, baik usia muda maupun tua. Apa sajakah penyebabnya?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.