Skip to main content

Pengobatan Sakit Punggung

Ada beberapa pengobatan yang diberikan untuk sakit punggung (belakang). Pada tahap awal, biasanya dokter akan menyarankan pengobatan-pengobatan berikut:

Istirahat yang cukup

Penderita sakit belakang, sebaiknya istirahat dari melakukan aktivitas fisik yang berat. Tetap beraktivitas dalam kondisi belakang sakit, bisa menyebabkan rasa sakit semakin parah.

Obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit

Untuk mengurangi rasa sakit, paracetamol bisa jadi pilihan karena dapat mengurangi rasa nyeri di belakang. Selain obat minum, udah mengurangi rasa sakit, pasien bisa juga menggunakan obat oles.

Obat untuk masa relaksasi

Mengobati sakit belakang di masa relaksasi bisa dengan antidepresan dan kompres. Antidepresan (obat penenang) biasanya digunakan untuk mengobati depresi. Namun, obat ini bisa juga digunakan sebagai pereda nyeri.

Selain obat oral, mengompres di bagian belakang yang sakit menggunakan air hangat bermanfaat juga untuk mengurangi atau meredakan rasa sakit atau nyeri.

Fisioterapi

Dokter biasanya akan merujuk pada dokter fisioterapi sehingga pasien dapat melakukan terapi sesuai dengan sakit yang diderita. Terapi yang digunakan biasanya untuk memperbaiki postur tubuh yang bermasalah dengan latihan gerakan tertentu.


Perubahan Gaya Hidup

Pengobatan di atas, tentunya harus didukung dengan penerapan gaya hidup yang baik. Adapun caranya sbb:

Menurunkan berat badan.

Jika obesitas, pasien akan dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Salah satu penyebab sakit punggung adalah beban berlebih akibat obesitas.

Dengan berkurangnya berat badan, beban yang ditopang akan berkurang. Penurunan berat badan biasanya dapat mengurangi rasa sakit pada bagian belakang tubuh.

Menerapkan postur duduk & berdiri yang betul.

Sakit punggung dapat juga disebabkan postur yang kurang tepat. Solusinya, pasien harus belajar untuk menerapkan cara duduk dan berdiri dengan postur yang benar.

Berhenti merokok.

Merokok merupakan satu faktor resiko tertinggi yang menyebabkan slip disc. Merokok dapat merusak saluran-saluran yang ada pada cakram.


Pengobatan Lanjutan

Menurut Dr. Ashraf Syarifudin, dokter saraf di Regency Specialist Centre, Johor Bahru, berikut pengobatan-pengobatan yang bisa dilakukan jika sakit belakang berkelanjutan:

Injection (suntikan). Prosedur pengobatan yang dilakukan dengan cara memasukan sebuah cairan khusus obat ke tubuh menggunakan jarum suntik.

Facet injection. Pengobatan yang dilakukan dengan penyuntikan pada bagian sendi dengan tujuan untuk meringankan sindrom facet.

Epidural injection. Tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi nyeri pada belakang dan kaki. Dengan cara pemberian obat yang disuntikan pada bagian epidural.

Radiofrequency ablation. Pengobatan ini hanya menggunakan jarum kecil tanpa pembedahan. Prosedur ini menggunakan jarum menyebabkan saraf-saraf kebas sehingga rasa sakit yang dirasakan menjadi minim.

Efeknya bisa bertahan 6 bulan hingga 2 tahun. Jika sakit muncul kembali, pasien dapat melakukan prosedur ini kembali.

Ditulis pada 23 Sept 2021.


Dr. Ashraf Sharifuddin

Dr. Ashraf Sharifuddin

Dokter Saraf
(sub. Bedah Saraf)
Regency Specialist Hospital

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Pengobatan Saraf Kejepit dengan Ablasi Frekuensi Radio
Pengobatan Saraf Kejepit dengan Ablasi Frekuensi Radio

Bagaimanakah prosedur radiofrequency ablation dapat mengurangi sakit belakang?

Penyebab Saraf Kejepit
Penyebab Saraf Kejepit

Setiap orang berpotensi untuk mengalami saraf kejepit, baik usia muda maupun tua. Apa sajakah penyebabnya?

Penyebab Sakit Leher & Punggung
Penyebab Sakit Leher & Punggung

Sakit leher dan punggung umum dialami semua orang. Ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya gangguan pada saraf leher dan punggung, apa saja?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.