Skip to main content

3 Opsi Pengobatan Untuk Penderita Jantung Lemah

Jantung lemah merupakan diagnosa yang diberikan apabila fungsi jantung menurun hingga 40%. Pengobatan pun perlu dilakukan untuk meningkatkan kerja atau fungsi jantung. Menurut Dr. Paul Ling, dokter jantung di Regency Specialist Hospital, setidaknya ada 3 opsi pengobatan untuk penderita jantung lemah, yaitu obat-obatan, operasi, dan olahraga:

Obat-obatan

Salah satu pemeriksaan untuk mempertegas diagnosa lemah jantung adalah hasil ekokardiogram yang kurang baik. Dokter jantung biasanya akan meresepkan beberapa obat untuk membantu kerja fungsi jantung.

Operasi: angioplasty atau bypass

Dalam kasus tertentu dimana jantung yang fungsinya lemah disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah, dokter akan menyarankan tindakan medis:

Angioplasty

Dokter akan memasukkan alat kateter dan diarahkan ke pembuluh darah jantung yang menyempit setelah membuat sayatan pada selangkangan atau pergelangan tangan. Pada ujung kateter terdapat balon yang akan dipompa beberapa kali untuk memperlebar pembuluh darah yang tersumbat.

Setelah pembuluh darah diregangkan balon dikempiskan dan kateter dilepas. Pemasangan tabung kawat kecil atau stent jantung di pembuluh darah yang tersumbat juga diperlukan guna menopang dinding pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyempitan kembali.

Tujuan tindakan pasang ring jantung ini adalah untuk memperbaiki aliran darah.

Bypass Jantung

Prosedur operasi coronary artery bypass adalah dengan pencangkokan pembuluh darah ke arteri koroner yang mengalami penyempitan dan penyumbatan. Pembuluh darah baru ini diambil dari pembuluh darah pada bagian tubuh lain, biasanya pembuluh darah vena di lengan atau betis.

Operasi bypass sendiri biasanya berlangsung cukup lama, yaitu 3-6 jam, mengingat tim dokter harus membuat sayatan di sepanjang rongga dada, membelah tulang dada, dan melakukan pencangkokan. Setelah selesai pencangkokan, dokter pun harus menyatukan kembali tulang dada dengan kawat khusus dan menjahit luka sayatan.

Olahraga

Olahraga yang efektif untuk penderita jantung lemah adalah aerobik yang merupakan jenis olahraga yang membutuhkan banyak oksigen saat dilakukan dan dengan intensitas yang rendah tetapi dalam waktu yang cukup lama.

Contoh, olahraga aerobik adalah:

  • Senam
  • Lari santai atau jogging
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Jalan cepat

Tujuan olahraga aerobik sendiri adalah untuk meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan serta menguatkan fungsi jantung.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 18 Okt 2022
Diperbaharui terakhir pada tanggal 24 Okt 2022.


Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Penyebab Pembengkakan Jantung
Penyebab Pembengkakan Jantung

Pembengkakan jantung dapat disebabkan oleh 5 faktor. Cari tahu di sini!

Penyebab Jantung Bocor
Penyebab Jantung Bocor

Kebocoran jantung pada pasien dewasa tidak terjadi dengan tiba-tiba. Apa penyebabnya? Cari tahu di sini!

Makanan yang Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung
Makanan yang Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

Makanan apa saja yang dianjurkan untuk penderita penyakit jantung? Temukan jawabannya disini.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.