Skip to main content

Pengobatan Diabetes: Obat Paten Atau Obat Herbal?

Pengobatan diabetes melitus (DM) bertujuan untuk mengontrol kadar insulin dalam darah dengan memperhatikan kondisi medis pasien lainnya untuk meminimalisir efek samping yang dihasilkan. Selain obat paten yang diresepkan dokter, ada banyak obat herbal yang dijual di pasaran.

Simak penjelasan dari Dato Dr. Malik Mumtaz, dokter spesialis internis (sub. endokrin) di Island Hospital terkait pengobatan terbaik untuk diabetes, baik tipe 1, tipe 2, maupun gestasional diabetes.

Obat paten

Obat paten merupakan obat yang terbukti secara medis yang merupakan hasil penelitian dan uji klinis. Manfaat yang dihasilkan dari konsumsi obat paten adalah jelas. Begitu pula dengan efek sampingnya, sudah ada statistik pendukung. Dokter dapat langsung memberikan obat penunjang agar efek samping yang ditimbulkan dapat segera diatasi.

Peredaran obat-obatan ini resmi & diakui oleh Kementerian Kesehatan. Ada 4 obat paten untuk mengobati penyakit kencing manis, yaitu:

Glucophage metformin

Obat anti-diabetes yang berfungsi untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi glukosa (glukoneogenesis) di hati.

Efek samping: sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, nyeri otot, dan mulut terasa logam.

Insulin

Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan insulin pada penderita diabetes agar tidak terjadi penumpukan gula di dalam darah yang dapat meningkatkan resiko terjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung, ginjal, kerusakan sel saraf, dan stroke.

Efek samping: merah, bengkak, dan gatal di daerah penyuntikan, berat badan bertambah, dan konstipasi (sembelit).

Jardiance

Ini adalah obat oral yang diperuntukkan untuk penderita kencing manis tipe 2. Fungsinya sendiri adalah untuk membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Efek samping: mual, muntah, sakit perut, dehidrasi, kesulitan bernapas, nyeri dan panas ketika buang air kecil, demam, jumlah urine berkurang, dan sakit pinggul atau punggung.

Diamicron

Fungsi utama obat yang termasuk kedalam golongan obat sulfonilurea adalah untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes mellitus.

Efek samping: hipoglikemia (tubuh kekurangan kadar gula), wajah pucat, kulit lebam, pendarahan, tenggorokan sakit, demam, sakit kuning, kulit memerah dan gatal, sakit perut, sembelit, diare, sakit punggung, nyeri otot dan sendi, dan sakit kepala.

Obat herbal

Kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap obat herbal dalam mengobati penyakit gula darah biasanya diawali oleh cerita orang-orang di sekitar (anekdote). Beberapa pasien pun akhirnya lebih mempercayai obat ini dibandingkan obat medis dengan alasan jauh lebih terjangkau, lebih efektif, lebih tidak beresiko, serta mampu memberikan kesembuhan yang diharapkan.

Padahal mengkonsumsi obat herbal tidak boleh sembarangan! Mengapa?

Obat herbal tidak memiliki data tercatat yang dihasilkan melalui uji klinis terkait pengobatan pasien. Manfaat yang dirasakan antar pasien dapat berbeda. Begitu pula dengan efek samping yang ditimbulkan. Contohnya:

  • Apakah herb medicine benar-benar bisa menurunkan kadar gula darah?
  • Kapan obat ini bekerja dan bagaimana keefektifannya?
  • Apa saja efek samping yang dapat ditimbulkan?

Lalu, apa obat ajaib untuk diabetes? Pasien sangat dianjurkan untuk hanya mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter sesuai dosis dan anjuran pakai.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 17 Mar 2022
Diperbaharui terakhir pada tanggal 21 Mar 2022.


Prof. Dr. Malik Mumtaz

Prof. Dr. Malik Mumtaz

Dokter Internis
(sub. Endokrin)
Island Hospital

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Mengenal 3 Tipe Diabetes: Apa Saja?
Mengenal 3 Tipe Diabetes: Apa Saja?

iabetes melitus (DM) dibagi menjadi 3 tipe/golongan, yaitu tipe 1, tipe 2, dan gestasional diabetes. Baca penjelasannya di sini.

5 Komplikasi Diabetes yang Wajib Anda Tahu
5 Komplikasi Diabetes yang Wajib Anda Tahu

Ada 5 komplikasi yang disebabkan oleh diabetes melitus (DM). Bahkan, banyak pasien baru menyadari penderita diabetes setelah mengalami komplikasi. Baca detailnya di sini.

Apa Obat
Apa Obat "Ajaib" Yang Bisa Menyembuhkan Diabetes?

Pengidap diabetes tentunya akan mencari cara agar dapat sembuh dari penyakitnya. Adakah obat yang bisa menyembuhkan diabetes? Cari tahu di sini.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.