Skip to main content

Pengobatan Penyakit Jantung Koroner Dengan Obat-obatan

Obat oral untuk pasien dengan jantung koroner terdiri dari 3 macam: obat pengencer darah, obat penurun beban jantung, dan obat kolesterol. Obat oral diberikan hampir pada semua pasien jantung koroner, baik pada stadium awal maupun pasien yang sudah pasang ring atau bypass jantung.

Baca penjelasan lengkap dari Dr Donald Ang, dokter jantung di RS Island Penang, terkait 3 jenis obat tersebut dan manfaatnya untuk pasien jantung koroner di bawah ini:

Obat pengencer darah

Obat pertama untuk mengobati penyakit jantung ini adalah dengan menggunakan obat pengencer darah. Fungsi dari obat ini sendiri yaitu untuk membantu melancarkan aliran darah di dalam pembuluh darah. Adapun contoh obat pengencer darah yang biasa diberikan dokter adalah aspirin, cardio aspirin, clopidogrel, dan plavix.

Obat pengurang stres/beban jantung

Selain pengencer darah, obat lainnya yaitu obat untuk membantu mengurangi stres atau beban jantung, dan mengurangi kinerja jantung seperti bisoprolol dan concor.

Obat kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya penumpukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah atau penyakit jantung koroner. Untuk itu, obat kolesterol sebaiknya dikonsumsi semua pasien dengan penyakit jantung.


PENTING! Jangan mengonsumsi obat-obatan tersebut tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Pasien perlu konsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis & frekuensi yang sesuai.

Apabila sudah mengonsumsi obat-obatan di atas namun gejala tidak membaik, sebaiknya Anda segera konsultasi kembali dengan dokter jantung untuk mendapatkan tindakan lanjutan.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 11 Feb 2022.


Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Pemasangan Ring vs Operasi Bypass Jantung
Pemasangan Ring vs Operasi Bypass Jantung

Pemasangan ring dan operasi bypass jantung merupakan prosedur medis yang bertujuan untuk mengobati jantung koroner. Cari tau prosedur dan perbedaannya di sini.

Penyakit Jantung Koroner - Siapa Saja Yang Beresiko & Gejalanya
Penyakit Jantung Koroner - Siapa Saja Yang Beresiko & Gejalanya

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah salah satu jenis penyakit kardiovaskular yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Siapa saja yang beresiko menderitanya dan bagaimana gejalanya?

3 Opsi Pengobatan Penyakit Jantung Koroner
3 Opsi Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

Untuk mengatasi penyakit jantung koroner, dokter biasanya akan menyarankan 3 opsi pengobatan berdasarkan tingkat keparahan. Cek info lengkapnya di sini.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.