Skip to main content

Pantangan Dan Anjuran Untuk Penderita Jantung Koroner

Di samping pengobatan dari dokter, penderita jantung koroner juga perlu menerapkan gaya hidup sehat. Pasien pantang merokok, makan gorengan & lemak, dan juga mengonsumsi daging merah. Pasien sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayur-sayuran & buah-buahan - di samping berolahraga aerobik secara teratur.

Tanpa adanya perubahan gaya hidup, penyumbatan pada pembuluh darah mungkin bertambah meskipun pasien rutin mengonsumsi obat oral dan telah melakukan pasang ring/stent jantung atau operasi by pass jantung.

Menurut dr Donald Ang, dokter spesialis jantung di Island Hospital Penang, pantangan dan anjuran yang harus dihindari dan dilakukan adalah:

Pantangan

Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dihindari atau ditinggalkan terutama bagi pasien yang memiliki penyakit jantung koroner. Mengapa? karena bahan kimia yang terkandung didalam rokok, seperti nikotin dan TAR bisa menyebabkan atau memicu penebalan atau penggumpalan darah di pembuluh darah arteri yang akhirnya bisa membuat darah susah menyalurkan oksigen.

Makanan yang digoreng, mengandung lemak, dan santan

Bagi penderita penyakit jantung koroner sangat disarankan untuk menghindari makanan berlemak, santan, dan gorengan karena mengandung minyak. Alasanya dikarenakan makanan-makanan seperti itu hanya akan meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Akibatnya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung salah satunya jantung koroner.

Konsumsi daging merah

Sumber protein hewani memang bagus untuk jantung tapi mengkonsumsi daging merah, seperti daging sapi dan kambing perlu dihindari atau dikurangi bagi penderita jantung koroner. Ini dikarenakan daging merah tinggi akan kolesterol jahat. Daging merah mengandung lemak trans yang dikaitkan dengan kenaikan LDL (Low Density Lipoprotein) dan penurunan kolesterol baik.

Anjuran

Konsumsi sayur dan buah

Sebaiknya penderita PJK mengkonsumsi makanan-makanan sehat, seperti apel, anggur, alpukat, tomat, sayur brokoli, bayam, sawi hijau, dan daging putih (seperti ayam dan ikan).

Berolahraga

Penderita penyakit jantung koroner dianjurkan untuk berolahraga. Treadmill, aerobik, dan renang merupakan olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Selain untuk mengurangi berat badan, mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat, melawan diabetes, dan menaikan kadar kolesterol baik, manfaat utama berolahraga untuk penderita PJK adalah untuk menguatkan kinerja jantung.

Dianjurkan juga untuk tidak berolahraga secara berlebihan untuk meminimalisir resiko cedera dan lakukan olahraga secara rutin, minimal 2-3 kali dalam seminggu.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 19 Feb 2022
Diperbaharui terakhir pada tanggal 21 Feb 2022.


Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

3 Opsi Pengobatan Penyakit Jantung Koroner
3 Opsi Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

Untuk mengatasi penyakit jantung koroner, dokter biasanya akan menyarankan 3 opsi pengobatan berdasarkan tingkat keparahan. Cek info lengkapnya di sini.

Pemasangan Ring vs Operasi Bypass Jantung
Pemasangan Ring vs Operasi Bypass Jantung

Pemasangan ring dan operasi bypass jantung merupakan prosedur medis yang bertujuan untuk mengobati jantung koroner. Cari tau prosedur dan perbedaannya di sini.

Pengobatan Penyakit Jantung Koroner dengan Obat-obatan
Pengobatan Penyakit Jantung Koroner dengan Obat-obatan

Penyakit jantung koroner adalah penyakit ketika kondisi koroner tersumbat akibat timbunan plak. Ada 3 jenis obat oral yang kerap diresepkan dokter untuk pasien PJK, baik stadium awal maupun yg sudah pasang ring atau bypass jantung.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.