Skip to main content

Efek Samping Radioterapi

Berbeda dengan kemoterapi, efek samping radioterapi hanya sedikit (minim) karena terapi ini adalah pengobatan lokal dan terarah sehingga efek yang muncul hanya pada bagian tubuh mana yang diradiasi.

Menurut Dr Hayani, dokter onkologi di RS Mahkota Melaka, berikut beberapa efek samping yang mungkin dialami pasien setelah pengobatan kanker dengan cara laser:

Kulit

Umumnya, kulit akan kemerahan dan menjadi sedikit kehitaman. Dokter akan memberikan resep lotion untuk dioleskan ke bagian kulit yang terkena efek samping.

Tubuh

Badan akan terasa lelah setelah beberapa minggu penyinaran dilakukan. Hal ini dipicu oleh rusaknya sel-sel sehat di sekitar sel kanker akibat paparan radiasi. Dianjurkan untuk banyak istirahat dan minum air putih yang cukup.

Payudara

Untuk radiasi di area payudara, efek yang terlihat hanya pada kulit, seperti gatal dan kemerahan. Pasien biasanya tidak akan mengalami mual.

Perut

Untuk radioterapi di area perut, biasanya efek yang ditimbulkan berupa kembung dan sedikit mual. Sedangkan, di bagian bawah lambung, biasanya pasien akan mengalami diare atau sering BAB.

Kepala

Jika laser dilakukan di area kepala, efek samping biasanya di dalam mulut, yaitu berupa sariawan, mulut terasa kering, dan peradangan pada mukosa.

Dokter akan memberikan pengobatan untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan sebelum menjalani radioterapi sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan efek yang muncul nantinya.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 9 Sept 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 22 Sept 2021.


Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Apa Itu Kemoterapi?
Apa Itu Kemoterapi?

Kemoterapi adalah salah satu cara pengobatan kanker. Bagaimana bentuk pengobatannya?

Efek Samping Kemoterapi
Efek Samping Kemoterapi

Mual, rambut rontok, capek, diare merupakan efek samping yang muncul setelah kemoterapi. Bagaimana cara meminimalisirnya?

Apa Itu Radioterapi?
Apa Itu Radioterapi?

Radioterapi merupakan salah satu cara mengobati kanker. Kapan dan jenis kanker apa saja yang dapat diobati?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.